Google dan Samsung Kerjasama Membangun Aplikasi Messaging

548

Google melakukan kerjasama dengan produsen ponsel Android terbesar untuk membangun standar pesan teks baru. Melalui kerjasama ini, Google dan Samsung akan memastikan bahwa pengguna Android Messages dan Samsung Messages dapat menggunakan teknologi RCS (Rich Communication Services) dari kedua perusahaan besar tersebut,” tulis Sanaz Ahari dari Google dalam posting blog. Bukti pertama kemitraan akan terlihat di handset Galaxy S8 (termasuk S8 + dan Note 8) dan perangkat yang lebih baru seperti lineup S9.

Postingan selanjutnya menyatakan bahwa ponsel Galaxy baru akan menyuport RCS, “dimulai dengan satu set operator yang memiliki RCS.” Untuk saat ini, Sprint dan T-Mobile di AS dan Rogers di Great White North.

Harapan kedua perusahaan raksasa bahwa kerjasama ini akan menciptakan standar baru dalam mengirimkan pesan (menggantikan SMS yang kini kian usang dengan fitur-fitur seperti iMessage dan indikator mengetik). Google bertindak tepat dalam memilih mitra mengingat ponsel Samsung memiliki pangsa pasar yang mengagumkan, dan fitur ini sangat mungkin terintegrasi ke ponsel andalan Samsung di masa depan dengan menjadikan RCS sebagai standar teks de facto.