Fujifilm

Fujifilm X-Pro2 Hadir Janjikan Kualitas Foto yang Jauh Lebih Manis

105

Awal 2016 menjadi langkah panjang dengan start yang manis dari Fujifilm, di mana seri X-Pro2 merupakan salah satu produk kamera yang ditunggu-tunggu oleh penggemarnya. Peningkatan yang dirasakan cukup menonjol dari kamera ini adalah kamera yang menggunakan sensor APS-C X-Trans CMOS III dan hybrid multi viewfinder yang bisa menjadi optik atau elektronik viewfinder, atau kombinasi keduanya. Image processor terbaru yang disematkan menjadikan X-Pro2 empat kali lebih kencang dibandingkan predecessor sebelumnya dan juga menawarkan ISO tertinggi di angka 51.200.

Meskipun AF yang ada saat ini bereaksi lebih cepat dibandingkan dengan mata manusia, namun level pengguna dalam menggunakan MF tidak akan pernah mengecewakan. Operasi manual dengan memutar focus ring sangat krusial untuk bisa menentukan bidikan dengan tepat. Jadi, kecepatan saja tidak selalu menjadi segalanya.

Mudahnya lagi, kamera SLR terbaru saat ini sudah memiliki Focus Lever. X-Pro2 pun memilikinya yang terletak di bagian belakang kamera dengan bentuk seperti joystick yang memiliki 8 arah untuk menggerakan area fokus. Mulai sekarang, mengarahkan area fokus bisa dilakukan meskipun Anda sedang mengkomposisi sebuah gambar. Tidak hanya hadir untuk menggerakan titik AF ketika pada mode AF, namun jika bisa digunakan saat mode MF untuk memindahkan lebih cepat ketika menggunakan MF assist.

Fujifilm

X-Pro2 hadir dengan persenjataan yang menarik, dimana Anda akan menemukan MF assist yang di dalamnya terdapat fitur Digital Split Image, yakni mengingatkan Anda pada rangefinders tua, da nada Focus Peaking yang bisa menunjukkan bagian-bagian warna dari gambar yang difokuskan. Di saat Anda menggunakan AF, area Phase Detection AF diperluas dari asalnya hanya 49 titik saja pada X-Pro1, kini ditingkatkan menjadi 77 titik. Rata-rata 40% imaging area tersebut mampu ditutupi dengan cepat, melakukan deteksi fase yang lebih tepat, dan kecepatan fokus saat memotret objek bergerak telah meningkat secara dramatis.

Tidak ada fotografer manapun menginginkan mata yang terpusat di viewfinder kehilangan momen yang tepat saat memotret. Dengan pemikiran tersebut, aspek kunci desain yang dikonsentrasikan pada X-Pro2 ini adalah segala pengoperasian terletak di sebelah kanan. Jika dahulu pada kamera DSLR pengaturan yang berada di kiri dan kanan tampak keren, mungkin kini pengguna pun sudah beralih ke perangkat yang lebih mudah dioperasikan. Kini Anda bisa lebih mudah dalam membidik, malah mengingatkan Anda saat menggunakan kamera saku yang menggunakan klise.

Fujifilm

Keunikan yang didapatkan pada X-Pro2 ini adalah terdapat pengatur eksposur tersendiri. Padahal biasanya untuk mengatur eksposur biasanya disatukan dengan shutter speed, namun tidak untuk kali ini. Menariknya, Anda akan menemukan posisi C. Jika Anda memilih C, maka eksposure akan secara otomatis mengatur sesuai dengan pengaturan yang pas, namun dibatasi kompensasi hingga 5 stop. Selain itu, kini Anda juga merasa kembali menggunakan kamera SLR jadul. Anda akan menemukan pengaturan shutter speed dan ISO kini disatukan kembali dalam satu kombinasi. Untuk mengganti shutter speed, cukup Anda putarkan saja, namun jika ingin mengganti ISO maka harus ditarik sambil diputar agar angka ISO berubah.

Rangka tubuh dari X-Pro2 memiliki desain mewah dengan bahan magnesium alloy yang sangat kuat, terasa baik, solid, dan handal di tangan. Rangkanya sendiri menggunakan lapisan cat semi-gloss seperti pada X-Pro1. Anda juga akan menemukan kelebihan lain seperti anti debu, anti air, dan bisa beriperasi di cuaca rendah sekali pun. Ini berkat adanya 61 segel cuaca yang menutupi sekitaran bodi kamera ini.

Fujifilm

Sebagai kamera mirrorless yang serba pertama, Fujifilm X-Pro2menawarkan dua buah slot SD card untuk kebutuhan kapasitas data yang sangat luas. Slot 1 digunakan untuk UHS-II standards yang sangat bagus dalam write speeds, cocok digunakan untuk memotret gambar RAW dan juga merekam video. Selain itu, gambar pun bisa disalin langsung antar SD card pada kamera ini, sehingga memudahkan Anda melakukan backup tanpa harus menggunakan perangkat PC.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.