Fitur Baru Twitter Yang Ditujukan Untuk Saingi Facebook

425

GadgetPlus.ID — Garis batas antara Twitter dan layanan live streaming-nya, Periscope, kini mulai memudar. Mulai Rabu (14/12/2016), siapa pun bisa melakukan siaran langsung dengan cara menekan tombol Compose Tweet di dalam aplikasi Twitter untuk iOS dan Android, dilanjutkan dengan tombol Live.

Alih-alih bergantung pada aplikasi Periscope, sekarang Anda bisa mulai live streaming secara langsung. Fungsi ini masih didukung oleh Periscope, dan pengalamannya masih sama seperti sebelumnya—tulis teks singkat sebelum Anda live, kemudian pengguna yang terdaftar bisa memberikan ikon hati dan komentar selagi Anda streaming. Apa yang dilakukan oleh Twitter ini sepertinya merupakan jawaban atas fitur Live milik Facebook yang popularitasnya meningkat pesat.

01

Sementara itu, Periscope sebagai aplikasi standalone tidak akan menghilang begitu saja. “Aplikasi dan pemutar web kami di periscope.tv tetap menjadi tempat terbaik untuk mencari dan menemukan konten Periscope,” kata tim pengembang melalui tulisan blog. Meskipun pernyataan tersebut ada benarnya, namun alasan untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi Periscope kini berkurang drastis. Sebagian besar penggemar Periscope akan lebih memilih dilayani oleh aplikasi Twitter, streaming langsung dari antarmukanya dan menonton siaran yang muncul pada timeline mereka.

Bagi Twitter, ini adalah kesempatan untuk memperkuat kembali fitur video dan live streaming sebagai bagian fundamental dari layanannya. Mereka telah menandatangani beberapa kesepakatan penyiaran, mencakup NFL, tenis Wimbledon, dan debat calon Presiden Amerika Serikat, namun sebagian besar keuntungan berasal dari kontribusi pengguna yang terdaftar. Itulah yang membuatnya menjadi tool yang berharga untuk aktivisme, jurnalisme warga, dan debat publik umum.

Kemunculan Facebook Live berpotensi mengikis utilitas tersebut, sementara para penerbit, selebriti, dan merek memburu pemirsa yang lebih banyak. Meleburnya Twitter dan Periscope tidak dapat dielakkan. Pertanyaannya adalah, berapa lama Twitter mempertahankan Periscope sebagai sebuah entitas standalone?




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.