Fiat 500X “Back to The Future” dengan Teknologi Terbaru

461

Kabar mengenai rilisnya mobil model crossover, Fiat 500X telah tersebar sejak tahun 2015, namun pengemar Fiat di Indonesia harus menunggu cukup lama, karena pesaing dari Mini Countryman ini baru akan rilis tahun mendatang. Menurut CEO Garansindo Group Muhammad Al Abdullah, perubahan strategi yang dilakukan FCA menjadi penyebab tertundanya kehadiran Fiat 500X ke Indonesia. Perubahan perusahaan yang melakukan penataan ulang dilakukan untuk menentukan brand yang akan dipasarkan secara global, dan dipasarkan secara domestik.

Dalam iklan TV barunya, berlatar tahun 2019, Fiat 500X menampilkan fitur keamanannya melalui perjalanan waktu, dan tentu saja, film apa yang paling merepresentasikan perjalanan waktu dan mobil?, jawabannya bukan Looper yang dibintangi Bruce Willis, tapi film science-fiction yang paling ikonis, “Back to The Future”.

Di iklan TV, terlihat pasangan yang berasal dari tahun 60-an tengah berada di dalam Fiat 500 klasik yang kemudian melompat ke masa depan setelah disambar petir dan Mobil mereka alhasil berubah menjadi model Fiat 500X terbaru.

Dengan banyaknya fitur berteknologi tinggi dari crossover. Navigasi TomTom 3D, Uconnect information system sepanjang tujuh inci, lane keep assist, pengenalan tanda lalu lintas, pengereman darurat, dan blind spot alert tampil mengaggumkan. Crossover juga mengalami peningkatan. LED menggantikan lampu depan Xenon, sedangkan ekornya mendapat pencahayaan LED dan melengkapi sentuhan modern.

Angka-angka kinerja juga telah ditingkatkan, dengan model Euro-spec mulai dari pabrik bensin baru tiga silinder 1.0 liter yang menghasilkan 120bhp dan torsi 140lb-ft dengan kecepatan six-speed manual ke diesel 2,0 liter yang menghasilkan 150bhp dan 258lb -torsi melalui nine-speed automatic gearbox.

Fiat’s 500 sendiri  bukanlah mobil kecil, lebih tepatnya bisa dibilang sebagai mobil antik. Konsumen tidak membelinya karena mereka kesulitan memarkirkan mobil normal mereka, mereka membelinya karena tampilannya yang mungil. Fiat 500 hadir dengan warna-warna pastel dan penutup roda 50-an, belum lagi atap kanvas opsional. Kendaraan modis ini adalah Vespa versi roda empat yang digandrungi para fashionista. Seperti halnya coupe sporty, penjualan Fiat 500 memuncak pada tahun pertama penuh (2012) di 46.999 dan telah meluncur drastis sejak itu, meskipun muncul dengan penambahan di berbagai edisi dan varian khusus. Kendaraan ini hanya berhasil menarik sebanyak 12.685 fashionista di Eropa tahun lalu.

Meski belum terdengar pengumuman resmi, kabarnya mobil Fiat 500X akan dibanderol dengan harga di bawah 500 juta di tanah air. Jumlah ini termasuk harga yang cukup kompetitif mengingat mobil terbaru Fiat ini akan bersaing dengan MINI Cooper Countryman dan BMW X1.