Fakta Tentang Powerbank, Cerdas Sebelum Membeli!

885

Dewasa ini kebutuhan manusia akan HH mereka membuat powerbank menjadi sebuah trend di Indonesia. Smartphone yang begitu boros baterai membuat penggunaan powerbank tidak terhindarkan, tetapi amankah powerbank? Benarkan sesuai jumlah mAh tertera yang dijanjikan dengan jumlah charge HH kita? Yuk kita bahas sobat ardnesia di sini.

Powerbank membuat smartphone bisa di charge kapanpun dan di manapun tanpa harus mencari colokan listrik. Yuk kita bahas di sini info dan tips penting mengenai powerbank agar nantinya barang ini tidak merusak HH kita.

  1. Memahami Daya Powerbank

Pernah mendengar powerbank **** mampu charge HH sebanyak 10x atau contoh contoh berlebihan lainnya? Saya ambil contoh 8000 mAh apakah benar bisa mencharge baterai HH yg berdaya 2000 mAh sebanyak 4x? Berdasarkan penglaman pribadi, sharing dan artikel artikel yang saya baca powerbank umumnya memiliki tegangan 3,7 V dan untuk mengisi ulang dia membutuhkan sekitar 5 V (tidak semuanya sama tergantung powerbank itu sendiri) jadi daya bersih yang sebenarnya dimiliki oleh powerbank itu sendiri adalah :

Kapasitas Powerbank x (Tegangan Powerbank/Tegangan dibutuhkan)

Dalam kasus di atas di ambil contoh 8000 mAh maka daya bersihnya adalah 8000 x (3.7/5) = 5920, jika kita asumsikan 10-20% saja daya hilang saat charging, kita ambil 10% maka daya bersih yang tersisa adalah 5328. Jadi powerbank dengan kapasitas 8000 mAh sebenarnya hanya memiliki daya bersih sekitar 5328 mAh saja atau sekitar 2-3 kali charge dalam keadaan mati. Ingat charge dalam keadaan nyala memakan daya lagi jadi wajar saja jika hanya dapat 1-2x charge.

Maksud dari A itu sendiri itu apa? Seringkan melihat tulisan 1 atau 2A pada powerbank kalian? Ampere itu sendiri menggambarkan daya dan waktu yang dibutuhkan untuk charging HH kalian, simpelnya 2100 mAh akan terisi full dalam waktu kurang lebih 2 jam. Makin besar A makin cepat dong charge nya? Belum tentu cek HH kalian biasanya memiliki daya maksimal sendiri, ketika daya HH kalian cuma 1 A maka maksimal daya yg kalian dapat adalah 1 A. Sangat disarankan memilih powerbank yang memiliki daya seperti charger bawaan kalian untuk mengurangi dampak dari drop lifetime karena charge powerbank itu sendiri dikarenakan listrik yg dihasilkan kadang tidak stabil.

  1. Amankah Menggunakan Powerbank

Selama kita menggunakan powerbank dengan brand ternama dan garansi yang jelas aman aman saja, tetapi menurut saya pribadi penggunaan powerbank yang terlalu berlebihan juga tidak baik untuk umur baterai, jadi saya lebih menyarankan untuk tetap menggunakan charger bawaan jauh lebih aman. Kenapa brand itu penting? Karena dua kali saya membeli powerbank dan meledak, mengerikan bukan? Anehnya lagi tidak bisa di claim garansi padahal bukan kesalahan saya, akhirnya saya memakai powerbank saya yang lama karena sudah 3 tahun lebih tidak ada masalah memang harganya mahal maklum hadiah. Jangan memilih powerbank yang murah dan track recordnya tidak jelas, karena saya waktu itu ingin coba coba daya besar harga sangat murah dan hasilnya malah seperti itu. Beberapa teman saya juga menemukan powerbank yang daya sangat besar dan harga murah ketika dibongkar isinya pasir, saya tidak sempat foto waktu itu tidak terpikir juga ingin menulisnya di sini jadi saya ambil gambar dari google.


Ada baiknya buyer cerdas sebelum membeli sayangi HH kalian dengan baik jangan terlena dengan iming iming jumlah charge besar dan harga murah.

Perlu dipahami juga tiap powerbank memiliki life cycle yang tidak bisa dipaksakan ketika lifecyclenya habis dia bisa saja rusak atau kemampuannya menurun, saya pribadi sudah menggunakan powerbank hadiah dari teman saya itu kurang lebih 3 tahun dan masih bagus karena memang jarang saya pakai kecuali pergi ke luar kota apalagi ada undangan dari kawan kawan Google Nexus Community Indonesia.

  1. Tips Aman Membeli Powerbank
  • Perhatikan Brand dan track recordnya (minta saran dan history dari teman kalian)
  • Perhatikan Garansi
  • Sesuaikan daya output dengan charger bawaan kalian
  • Jangan mudah terpancing iming iming harga murah dan kapasitas mAh yang besar
  • Sesuaikan dengan kebutuhan dan kantong kalian
  • Be a Smart Buyer, hanya dengan ini kalian bisa mendapatkan harga dan kebutuhan yang sesuai (karena tidak semua murah itu jelek, dan tidak semua mahal itu bagus)

Sekian tips dan info mengenai powerbank mudah mudahan bermanfaat untuk sobat ardnesia. Perlu dipahami juga teknologi berkembang, jadi apa yang saya tulis di sini belum tentu berlaku untuk di masa depan, saya hanya ingin berbagi info agar tidak ada lagi korban oleh oknum oknum tertentu yang hanya mengedepankan keuntungan.[ang]

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.