Facebook dan Instagram mengeluarkan sarana baru bagi pengguna untuk keluar dari kecanduan sosial media

242

Awal Agustus ini, dua sosial media raksasa yang paling banyak penggunanya, Facebook dan Instagram mengeluarkan tool baru yang bertujuan untuk mengurangi limit waktu si pengguna saat mereka berselancar di sosial media. Tool baru tersebut merupakan bagian dari komitmen CEO Facebook, Mark Zuckerberg untuk meyakinkan pengguna bahwa servis sosial media miliknya tidak hanya fun untuk digunakan, namun juga aman dan sehat. Ini juga merupakan respon atas berbagai kritik yang menyebutkan penggunaan teknologi era ini memberi lebih banyak dampak negatif daripada positif.

Kini saat Anda mengulik Facebook maupun Instagram, Anda akan segera menemukan papan pedoman yang memperlihatkan rekaman aktivitas yang anda habiskan di aplikasi tersebut seharian. Anda juga akan menemukan opsi “daily reminder” yang dapat diseting sebagai alarm kalau-kalau Anda menggunakan aplikasi tersebut secara berlebihan. Anda juga dapat membisukan notifikasi secara temporer selama 15 menit hingga 8 jam supaya terhindar dari notification pop-ups yang mengganggu.

Fitur pengaturan waktu akan muncul di kedua aplikasi ini selama beberapa minggu dan Anda perlu menyetel daily reminders dan membisukan notifikasi secara terpisah untuk setiap aplikasi.

Untuk Instagram, Anda dapat menekan tombol setting page > Your Activity, sedangkan di Facebook, Anda dapat pergi ke pilihan Settings & Privacy page > Your Time on Facebook. Di sana Anda akan menemukan papan pedoman dan menentukan pengaturan waktu untuk penggunaan aplikasi dan membisukan notifikasi. Papan tersebut tidak termasuk ke dalam aktifitas web browser (desktop komputer ataupun laptop), sehingga opsi notifikasi tidak akan tersedia saat Anda browsing Facebook di komputer.