Experian Menandatangani Kemitraan Strategis Dengan CekAja.com, Meningkatkan Akses Keuangan Kepada Konsumen dan Pelaku Bisnis di Indonesia

154

Experian, pemimpin dunia dalam layanan informasi dan analitik, telah memimpin investasi Seri C sebesar 28 juta dolar AS ke C88 Financial Technologies Group (C88), perusahaan induk dari CekAja.com, salah satu financial marketplace terkemuka di Indonesia. Investor lainnya dalam putaran pendanaan Seri C C88 saat ini antara lain adalah ResponAbility Investments AG, DEG, InterVest, FengHe Fund Management, Pelago Capital dan Fuchsia Venture Capital serta investor yang telah ada, Monk’s Hill Ventures, Telstra Ventures, Kickstart Ventures dan Kejora Ventures.

Sebagai penyedia layanan finansial terpercaya untuk konsumen ritel dan usaha mikro, kecil dan menengah, CekAja.com telah melayani lebih dari 25 juta konsumen di Indonesia sejak pertama kali didirikan. Jumlah ini mengalami peningkatan, didorong oleh pertumbuhan eksponensial di kelas menengah Indonesia, menjadikan CekAja.com salah satu financial marketplace di Asia Tenggara yang paling cepat berkembang. CekAja.com juga merupakan mitra resmi untuk transparansi keuangan dari Asosiasi FinTech Indonesia, bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan Indonesia, juga dikenal sebagai OJK; mitra terdaftar dari Bank Indonesia; serta anggota Dewan Asosiasi FinTech Indonesia.

Melalui investasi dan kemitraan strategis, Experian menyediakan teknologi terbaik untuk CekAja.com dalam demand generation, analitik, dan digital on-boarding. Untuk pasar Indonesia, konsumen akan dicocokkan dengan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kriteria mereka. Ini akan berlaku, khususnya pada konsumen yang memiliki sedikit riwayat keuangan. Bagi lembaga keuangan, hal ini memungkinkan mereka untuk dapat menerapkan teknologi terbaik dikelasnya untuk demand generation, melakukan analitik, dan digital on-boarding melalui CekAja.com secara langsung, yang didukung oleh Experian.

Ben Elliott, Chief Executive Officer, Asia Pasifik, Experian mengatakan: “Di Asia Tenggara, sedikitnya 48 persen dari lebih dari 600 juta orang memiliki akses perbankan. Pengecualian dari sistem perbankan tradisional yang hampir membuat individu dan pelaku bisnis sulit untuk meminjam atau menyimpan uang; hambatan yang signifikan memengaruhi terhadap kemajuan sosial dan ekonomi. Experian telah bekerja sama dengan lembaga keuangan dan perusahaan rintisan di Asia, termasuk CekAja.com, untuk kemajuan ini. Kami sangat senang dengan kemitraan ini, karena ini menunjukkan komitmen kami untuk kawasan Asia Pasifik.”

John Patrick Ellis, Co-Founder dan Group CEO dari CekAja.com mengatakan: “Kami sangat bangga telah mendapatkan salah satu putaran terbesar Seri C fintech di Asia Tenggara, terutama dari investor yang memiliki visi yang sama dengan kami untuk memberdayakan konsumen dan mendorong inklusi keuangan di wilayah tersebut. Ada lebih dari 350 juta konsumen, hanya di Indonesia dan Filipina saja. Kami yakin bahwa kami dapat memberikan dampak positif dalam masyarakat dan komunitas kami dengan membuka akses terhadap produk dan layanan keuangan “

Indonesia selama ini adalah pasar utama untuk Experian di Asia Tenggara, sejak pertama kali hadir di Jakarta pada tahun 2015. Experian Indonesia telah mengalami peningkatan pertumbuhan pendapatan dan juga berencana untuk menggandakan tim mereka di negara ini, didorong oleh kemitraan dengan beberapa penyedia keuangan dan telekomunikasi terkemuka.

Dev Dhiman, Managing Director, Asia Tenggara & Emerging Markets, Experian menyatakan: “Kami senang mendapatkan kesempatan untuk bekerja dengan mitra yang memiliki pikiran yang sama dan mapan seperti CekAja.com pada proyek yang sangat penting. Kemitraan strategis dan investasi ini melambangkan komitmen Experian terhadap Indonesia, negara yang memiliki fokus inklusi keuangan yang kuat, yang telah melihat langkah positif dalam ekonomi mereka dalam beberapa tahun terakhir dan merupakan salah satu negara paling maju secara digital di kawasan ini. Kami percaya bahwa membangun ekosistem data di sini, di mana data keuangan tradisional tidak tersedia, dapat membantu memberdayakan konsumen melalui peningkatan akses keuangan. Kedepannya, hal ini diharapkan akan membantu mendorong kemajuan ekonomi bagi masyarakat Indonesia.”

Tentang Experian

Experian adalah perusahaan layanan informasi global terkemuka di dunia. Sepanjang momen besar dalam kehidupannya – mulai dari membeli rumah atau mobil, menyekolahkan anak ke perguruan tinggi hingga mengembangkan bisnis dengan menghubungkan dengan pelanggan baru – kami memberdayakan konsumen dan klien kami untuk mengelola data mereka dengan percaya diri. Kami membantu individu untuk mengendalikan keuangan mereka dan mengakses layanan keuangan, membantu pelaku bisnis untuk membuat keputusan yang lebih cerdas sehingga mereka akan berkembang, hingga membantu pemberi pinjaman untuk memberikan pinjaman lebih bertanggung jawab, dan membantu organisasi untuk mencegah penipuan identitas dan kejahatan.

Kami memiliki 16.500 karyawan yang beroperasi di 39 negara dan setiap hari kami berinvestasi dalam teknologi baru, orang-orang berbakat, dan inovasi untuk membantu semua klien kami memaksimalkan setiap peluang. Kami terdaftar di Bursa Efek London (EXPN) dan merupakan konstituen Indeks FTSE 100Pelajari lebih lanjut di http://www.experian.co.id/ atau kunjungi pusat konten global kami di blog berita global kami untuk berita dan wawasan terbaru dari Grup kami.

Tentang CekAja.com

Sebagai bagian dari kelompok perusahaan C88 Financial Technologies, CekAja.com adalah salah satu financial marketplace terbesar di Asia Tenggara, yang telah melayani lebih dari 25 juta pelanggan di Indonesia sejak didirikan pada April 2014. Sebagai marketplace finansial yang terdaftar dan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI), CekAja.com memiliki tingkat kunjungan dan transaksi yang tinggi.  CekAja.com menyediakan produk finansial untuk konsumen skala ritel dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Perusahaan memiliki teknologi yang terintegrasi untuk membandingkan, mendapatkan informasi, serta mengajukan semua produk keuangan seperti kartu kredit, pinjaman (KTA, Kredit Dengan Agunan, KPR), asuransi dan produk investasi. CekAja.com juga membuat dan menawarkan layanan customer institutional scoring dan applicant decisioning solutions; solusi anti-penipuan dan eKYC; perangkat lunak dan solusi integrasi; data, machine learning dan solusi analitik; serta mengadakan konsultasi dan pelayanan. CekAja.com percaya pada inklusi keuangan dan bertujuan untuk memperjuangkan akses keuangan di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi https://cekaja.com

dan https://id.wikipedia.org/wiki/CekAja.com