Dubai Adakan World Drone Prix Berhadiah $1 Juta

41

Dubai. Negara di Uni Emirat Arab ini terkenal dengan kemewahannya. Oleh karena itu, tidak mengherankan pula jika teknologi pun mendapat tempat khusus di sana.

Berbicara mengenai teknologi, selain virtual reality, dunia saat ini sedang asyik “bermain” dengan drone. Dari sekadar coba-coba, kini drone sudah berkembang dengan berbagai fitur dan kebisaan. Pembicaraan untuk menjadikan perlombaan drone sebagai sebuah olahraga yang seriuspun kerap kali didengungkan. Dan, Dubai selangkah lebih maju dari negara-negara lain dalam hal mewujudkan hal ini.

Pada 11 dan 12 Maret mendatang, Dubai berencana akan mengadakan World Drone Prix yang memperlombakan robot penerbang dengan kecepatan tinggi (lebih dari 62MPH) ini. Lebih dari 100 tim akan berpartisipasi dalam kualifikasi yang diadakan pada 7-8 Maret dengan 32 tim teratas akan mengikuti kompetisi yang diadakan pada 11-12 Maret.

Kompetisi ini sendiri akan berada di bawah pengawasan Shaikh Hamdan bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Pangeran Dubai. Hadiah yang ditawarkan pun tidak main-main, yaitu sebesar $1 juta. Penyelenggara perlombaan sendiri mengklaim bahwa hadiah sebesar ini akan membuat kompetisi drone lain terlihat biasa saja, seperti World Drone Racing Championship yang rencananya akan diadakan di Hawaii pada 17-22 Oktober 2016 dan “hanya” memberikan $200 ribu sebagai hadiah.
The World Grand Prix ini sendiri menandai kedua kalinya kompetisi drone diadakan di Dubai pada tahun 2016 ini.

Sebelumnya, pada Februari kemarin, telah diselenggarakan UAE Drones For Good Awards yang kedua kalinya dan berhasil menarik 1.107 partisipan dari 165 negara. Mungkinkah dalam beberapa tahun ke depan, perlombaan drone akan dilirik sebagai salah satu cabang olahraga?




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.