Dua DSLR dan Tiga Mirrorless. Canon Siap Rilis Kamera Terbarunya ?

412

Sebuah situs di Jepang, Nokishita, melaporkan bahwa Canon telah mendaftarkan lima produk terbarunya secara online pada sebuah pameran industri kamera, Photokina. Mungkin dalam beberapa bulan lagi bisa dilihat seperti apa model dan spesifikasinya. Namun diyakini bahwa dua produknya berupa DSLR dan tiga lainnya model mirrorless terbaru.

Dilansir dari Tech Radar, Untuk kamera DSLR, Canon menamainya K436 dan K437. Baterai yang digunakan pada K436 menggunakan baterai yang sama dengan EOS 77D, yang kemungkinan, sekedar spekulasi saja, tipe tersebut bisa jadi adalah pengganti EOS 80D. Sementara K437 menggunakan baterai yang sama dengan EOS 5D Mark IV dimana kamera ini kurang dari dua tahun sudah dibayangi oleh Nikon D850 dan Sony Alpha A7R III. Jadi mungkin tipe ini sebagai pengganti DSLR Canon yang paling top.

Mungkin saja, ini adalah EOS 5D X, yang menampilkan sensor 50MP baru dan lebih baik yang telah kita lihat di EOS 5DS, tetapi dengan kinerja ISO yang jauh lebih baik, dan dibuat berdasarkan performa yang mengesankan dari kamera EOS 5D Mark IV.  Hal tersebut akan mengkonsolidasikan dua DSLR Canon high-end ke dalam satu kamera multi purpose yang menawarkan jumlah piksel tinggi dan kinerja tinggi untuk menyaingi D850 dan Alpha A7R III.

Tiga kamera mirrorless Canon terdaftar sebagai K424, K433 dan EC811. Belum banyak informasi tentang ketiga produk ini, meskipun kemungkinan model EC811 bisa menjadi kamera full-frame mirrorless sebagai antisipasi dari produk sejenis dari merk lain. Dilaporkan juga dari informasi yang beredar bahwa kamera ini sedang diuji coba oleh sekelompok fotografer profesional terpilih, karena diyakini Canon menginginkan kamera mirrorless Full Frame pertamanya ini “Sudah Benar”.

Pertanyaan besar saat ini adalah lensa apa yang akan dipilih Canon. Apakah itu akan menggunakan pemasangan EF yang sudan ada agar saat trasnsisi memudahkan para fotografer atau memanfaatkan jarak flens yang lebih pendek yang dimungkinkan dengan desain tanpa cermin (jarak antara elemen belakang lensa dan sensor) dan merekayasa mount yang benar-benar baru ? Kelemahan dari opsi terakhir adalah bahwa ia harus mengembangkan berbagai lensa baru untuk menemani kamera.

Apakah kita akan melihat semua model kamera ini diumumkan pada atau sebelum Photokina ? Canon cenderung mengumumkan model-model high-end nya pada paruh kedua tahun ini, sehingga mungkin beberapa dari kamera tidak dapat dilihat hingga awal tahun 2019.