Dashbot, Gadget Untuk Mobil Anda

114

GadgetPlus.ID — Next Thing Co., sebuah perusahaan start-up yang berbasis di California, Amerika Serikat, tengah mengembangkan gadget yang ditujukan untuk mobil. Diberi nama Dashbot, perangkat ini dibuat sedemikian rupa untuk menjaga konsentrasi Anda selagi mengemudi.

01

Baru-baru ini, tim Next Thing Co. merilis proyeknya di Kickstarter, dan jika semuanya berjalan lancar, mereka akan mulai mengirimkan produknya pada Juli 2017. Masih tersisa sekitar 20 hari lagi sebelum kampanye crowdfunding (penggalangan dana publik) berakhir, dan proyek ini telah berhasil mengumpukan dana lebih dari setengah dari US$ 100,000 yang diharapkan. Jadi peluang keberhasilan proyek ini terbilang sangat besar.

Apa yang ditawarkan oleh Dashbot? Kemampuan untuk mengontrol musik, peta, dan pesan hanya dengan suara, selagi mengemudi. Tentu saja, saat ini pun ada banyak aplikasi smartphone yang bisa melakukan hal serupa, namun Dashbot diklaim memiliki karakter. Untuk mengontrol perangkat ini, pengguna hanya perlu memanggil namanya lalu ucapkan permintaan. Dashbot akan mengambil alih tugas dan memenuhi keinginan Anda.

02

Dashbot terhubung ke smartphone Anda melalui Bluetooth. Ini berguna ketika menulis pesan atau menelepon. Anda bisa mendiktekan teks ke perangkat, dan ia akan mengirimkannya (sebelumnya Dashbot akan membacakannya kembali kepada Anda). Perangkat ini pun memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan/menerima telepon, jadi Anda tidak perlu mengalihkan pandangan dari jalan.

Dashbot tidak memiliki layar yang bisa mengganggu perhatian Anda. Alih-alih, ia dilengkapi layar yang hanya menampilkan LED merah bercahaya redup menggambarkan informasi-informasi penting. Secara keseluruhan, segala hal yang berhubungan perangkat ini berbasis pada perintah suara.

03

Dashbot memiliki dukungan untuk playlist, podcast, dan layanan-layanan streaming favorit Anda. Berdasarkan permintaan, sistem kecerdasan buatan (AI) milik perangkat akan mencari beberapa layanan untuk menemukan apa yang ingin Anda dengarkan. Dashbot bisa mengakses Spotify, NPR One, FM Radio, Podcasts, Google Play Music, Apple Music, dan masih banyak lagi.

Untuk menggunakan Dashbot, Anda harus menghubungkannya ke port USB mobil, atau pemantik api. Jika mobil Anda tidak memiliki kedua port tersebut, Anda bisa memilih opsi Dashbot Retro yang menawarkan adaptor kaset dan pemancar FM sehingga Anda tetap bisa menikmati manfaat perangkat ini.

Para penyokong proyek Dashbot bisa memiliki perangkat ini dengan menyetor uang senilai US$ 49 (produk standar). Paket Retro dibanderol US$ 65, sementara jika ingin menambahkan microSD berkapasitas 8 GB, Anda harus membayar US$ 75. Apabila ingin memberi hadiah kepada keluarga atau kerabat, tersedia opsi Caravan Kit, paket Family, atau paket For all Your Friends seharga US$ 490.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.