Coolpad Max

Coolpad Max REVIEW: Satu Smartphone, Dua Akun Berbeda

131

coolpas-max-2
GadgetPlus.ID
 − Dilihat dari namanya, Coolpad mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Tetapi negara asalnya, Cina, Coolpad tidak kalah populer dari vendor papan atas lainnya. Beberapa produk telah Coolpad hasilkan, salah satu yang terbaru adalah Coolpad Max, smartphone ini dirilis di Cina pada akhir tahun lalu dan sudah siap untuk menggebrak pasar Indonesia.

Untuk pertama kalinya, Coolpad menggelar acara besar-besaran dalam tajuk Global Launch 2016 di Indonesia. Acara ini sebagai penanda bahwa Coolpad benar-benar serius untuk terjun ke pasar yang lebih luas lagi.

Pada kesempatan tersebut, Coolpad mengumumkan dua varian smartphone barunya, Coolpad Max dan Coolpad Max Lite. Kedua smartphone tersebut tidak hanya unggul tampilan luarnya saja, tetapi spesifikasi yang dimiliki juga sangat mumpuni dan kaya akan fitur.

Tim redaksi Gadget+ berkesempatan untuk ‘mencicipi’ smartphone besutan dari Coolpad ini, dan akan mengupas secara lengkap tentang performa yang dimilikinya. Saat pertama kali melihat tampilan luar dus Coolpad Max saja sudah dapat kami rasakan bahwa isi didalamnya bukan merupakan gadget yang biasa-biasa saja.

Cara membuka dusnya cukup ditarik seperti sebuah laci. Benar saja, saat membuka dus yang berwarna hitam dengan list gold ini, terlihat interior didalamnya sangat berkelas. Ditambah unit yang datang pada redaksi kami berwarna emas, semakin menambah kesan mewah. Didalamnya berisi satu unit smartphone, earphone,kabel usb charger berwarna putih, dan satu buah softcase berwarna transparan.

[nextpage title=”Display & Design”]

coolpad2_4

Coolpad memposisikan seri Max ini sebagai smartphone flagship. Oleh karena itu, Coolpad Max memiliki desain yang terbilang mewah. Ketika pertama kali memegangnya, dapat dirasakan bodi ‘si’ Coolpad Max yang sangat solid dan kokoh. Memiliki bobot seberat 170gram, menambah kesan kokoh nan gegas. Coolpad menawarkan dua pilihan warna yakni gold dan rose gold, warna-warna yang ditawarkan oleh Coolpad cukup cerdas, karena warna-warna tersebut identik dengan nuansa premium.

Secara keseluruhan, bodi Cooldpad Max dibalut dengan lapisan metal yang solid. Pada bagian belakang terdapat dua garis antena, terletak membelah bagian atas dan bagian bawah. Mirip dengan salah satu flagship dari merk lain, namun itu tidak cukup mengganggu.

Punggung smartphone ini dibuat sedikit membentuk lengkungan, sama halnya pada bagian pinggir dibuat sedikit bulat. Dengan desain seperti itu membuat Coolpad Max nyaman ketika digenggam walaupun sedikit agak licin. Untuk mengatasinya, kami mencoba memakaikan softcase yang sudah tersedia didalam dus. Hasilnya, masalah teratasi.

Coolpad Max hanya memiliki dua tombol fisik saja, yakni tombol power dan tombol volume. Tombol navigasinya dibuat virtual, tombol navigasi ini dapat disembunyikan dan dimunculkan, sehingga membuat tampilan pada layar semakin luas.

Tombol navigasi tersebut memiliki pengaturan tersendiri, kami dapat mengubah tampilannya menjadi warna gelap atau warna terang. Selain itu, dapat memungkinkan kami untuk menentukan kombinasi navigasi sesuai dengan keinginan.

Disisi lain terdapat dua port yang dimiliki Coolpad Max, satu diantaranya adalah port mini USB yang terletak dibawah berdampingan dengan dua buah lubang speaker. Dan satu lagi, port jack audio terletak pada bagian atas. Yang menarik, pada ujung kabel usb terdapat sebuah lampu yang berfungsi ketika ingin melakukan charging dalam ruangan gelap, sehingga pengguna dapat dengan mudah memasukkan kabel charger ke smartphone tanpa harus menyalakan lampu ruangan.

[nextpage title=”Camera”]

Kamera utama beresolusi sebesar 13 megapiksel dan kamera depan sebesar 5 megapiksel, fitur kamera pada Coolpad Max mempunyai mode yang terbilang lengkap. Kami dapat mengambil gambar dengan menggunakan mode manual layaknya sedang memakai kamera profesional.

Hasil gambar yang dihasilkan oleh kamera ini cukup memuaskan dengan detail yang pas, terlebih jika dilihat melalui media dengan layar yang lebih luas seperti PC ataupun tablet. Ketika digunakan pada kondisi kurang cahaya, dapat dibantu dengan mode Night, dan hasilnya tetap terang meskipun tidak menggunakan flash.

Tampilan antarmuka aplikasi kameranya cukup mudah dimengerti, pada bagian atas ada tombol flash, HDR, bertukar dengan kamera depan. Ada juga pilihan mode pengambilan gambar, yakni Long Exposure, Panorama, Gif, Sound & shot, Refocus, dan PicZoom. Sementara pada bagian bawah ada pilihan menu filter, seperti Night, Video, Photo, Beauty dan Pro. Untuk mengganti menu tersebut dengan cara menggeser layarnya saja.

Pada penggunaan selfie, gambar yang dihasilkan cukup terang walaupun tidak terdapat LED flash. Untuk mempercantik diri, kami menggunakan fitur Beauty. Untuk mempermudah dalam pengambilan gambar, dapat menekan tombol volume ataupun menyentuh sensor sidik jari.

[nextpage title=”Performance”]

Coolpad-Max-Speakers-and-Usb-port

Kemampuan pemindaian sensor sidik jari menjadikan nilai plus tersendiri, karena dapat membaca sidik jari pemakainya dengan cepat. Begitupun saat jari dalam keadaan basah karena keringat, sensor pemindai ini tetap dapat mengenalinya. Pemindai sidik jari ini tidak hanya sebagai pembuka kunci layar, tetapi juga sebagai pengganti tombol power. Secara singkat, jika ingin menghidupkan layar, tidak perlu menekan tombol power. Cukup dengan menyentuh sensor pemindai sidik jari, seketika layar menyala dalam keadaan tidak terkunci.

Fitur dual space merupakan sebuah fitur eksklusif yang dimiliki oleh Coolpad Max. Fitur ini dapat membagi dua storage dan dua akun, sebagai contoh satu untuk akun yang biasa digunakan dan satu lagi untuk akun bisnis dan lain-lain. Pengguna dapat menjalankan dua akun WhatsApp, atau dua akun permainan Get Rich sekaligus dalam satu smartphone.

Ditenagai oleh dapur pacu Snapdragon 615 dengan 1.52GHz, yang disebut benar-benar berjumlah delapan, bukan dua quad-core. Untuk menunjang dual space, Coolpad Max dibekali RAM dan storage yang sangat besar. Kapasitas RAM 4GB ditambah kapasitas storage internal sebesar 64GB. Ini menjadikan pengguna tidak perlu khawatir akan kehabisan storage karena menggunakan dua akun sekaligus. Dengan perpaduan chipset dan RAM tersebut, smartphone ini dengan sigap mampu melahap game-game HD tanpa lag sedikitpun.

Coolpad Max sudah memiliki sebuah aplikasi bernama Cool Manager yang memiliki banyak kegunaan, diantaranya mengoptimalkan RAM atau storage, mengunci aplikasi dengan password, antivirus, hingga dapat memindahkan aplikasi ke memori eksternal.

Saat kami cek menggunakan aplikasi CPU-Z, banyak sensor yang disematkan kedalam Coolpad Max ini. Smartphone ini memiliki sensor accelerometer, magnetometer, orientation, ambient light, fingerprint, serta gyroscope. Untuk keluaran audio, Coolpad Max memiliki volume suara yang lebih lantang dibandingkan dengan speaker Android pada umumnya. [danardinu]

Conclusion:

Coolpad Max dapat dijadikan sebagai pemecah masalah ketika pengguna membutuhkan dua smartphone sekaligus, misalnya satu untuk keperluan pribadi dan akun lain untuk keperluan bisnis, namun merasa repot untuk memakai dua smartphone.

 




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.