cyber bullying

Chubb Luncurkan Asuransi untuk Korban Cyber Bullying

95

Bullying atau penindasan tidak hanya terjadi di dunia saja, tetapi kini sudah merambah ke dunia maya. Dengan banyaknya sosial media, masyarakat dapat melakukan cyber bullying tanpa mereka sadari, seperti mengejek satu tokoh terus-menerus, membuat Meme yang menggambarkan keburukannya, atau malah membuat Photoshop yang intinya berusaha menjatuhkan reputasi orang yang tidak mereka senangi.

Anda tentu masih ingat dengan kisah seorang model yang kehilangan mata pencaharian karena membintangi sebuah iklan klinik kecantikan yang memperlihatkan dirinya dan sang suami yang tampan memiliki anak-anak yang berwajah berbeda? Akibat cyber bullying yang hingga merambah ke mancanegara, iapun menjadi bahan perbincangan hingga diputus kontraknya oleh berbagai agency.

Menyadari bahwa sebuah cyber bullying meskipun terlihat sepele, tapi sebenarnya berdampak merugikan, sebuah badan asuransi global bernama Chubb (CB) baru-baru ini meluncurkan asuransi cyber bullying untuk berbagai klien kaya di seluruh Inggris dan Irlandia. Asuransi ini diklaim oleh Chubb sendiri merupakan yang pertama ditawarkan di wilayah Britania Raya. Pihak asuransi akan menyediakan maksimal £50,000 (atau setara dengan Rp1 miliar) untuk membantu klien dan keluarganya pulih dari intimidasi yang mereka alami di dunia maya.

Sebagai bagian dari paket yang ditawarkan, Chubb juga akan menggunakan public relation profesional untuk membantu memperbaiki reputasi para klien yang telah hancur akibat Meme dan membayar keamanan cyber profesional untk membantu klien membangun kasus hukum yang kuat jika ingin membawa permasalahan ini ke meja hijau. Tidak hanya itu, jumlah uang tersebut juga sebagai dana cadangan atau pengganti jika karena bullying ini klien mereka kehilangan pekerjaan atau bahkan harus pindah ke daerah baru.

Lalu,  apa saja kriteria yang harus terpenuhi jika seorang klien merasa sudah mengalami cyber bullying? Tentu saja kerugian secara finansial yang berdampak pada pelecehan, intimidasi, pencemaran nama baik, fitnah, hingga tindak kekerasan. Jika cyber bullying yang terjadi belum mencapai kriteria di atas, maka hanya dikategorikan cyber bullying biasa. Jadi, ingatlah selalu untuk berhati-hati membuat Meme atau menghina orang karena bisa jadi Anda akan kena batunya.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.