Ponsel berkamera termal

Caterpillar Rilis Ponsel Berkamera Termal Pertama di Dunia

170

Ponsel berkamera termal atau pengukur suhu panas adalah sesuatu yang ekstrim. Fitur yang mungkin sering digunakan oleh kalangan militer atau anggota Ocean’s Eleven. Tetapi Caterpillar memutuskan untuk menghadirkan fitur ini ke dalam sebuah ponsel bernama CAT S60 yang dirilis secara komersil. Dengan sensor termal, S60 memungkinkan Anda untuk mendeteksi perubahan suhu di dalam atau luar ruangan.

Ponsel berkamera termal

Ponsel berkamera termal dari Caterpillar ini sebetulnya bukan barang baru. Pun dulu Anda bisa menggunakan FLIR ONE, casing yang khusus disediakan untuk iPhone 5 yang bisa membawa fitur termal ke perangkat iOS ini dengan mengoneksikannya melalui port Apple Lightning.

Dengan CAT S60, fitur kamera FLIR sudah tersedia sebagai salah satu mode di dalam kamera utamanya. Anda tak perlu lagi menggunakan aksesoris tambahan agar bisa melihat di dalam gelap.

Pun begitu, CAT S60 mungkin tidak terlalu “bersahabat” bagi sebagian orang. Bodinya tidaklah seramping kebanyakan smartphone lain. CAT S60 memiliki ketebalan setengah inci. Sebagai bagian dari keluarga Caterpillar, perangkat ini dikonstruksi dengan mesin yang tahan banting.

Ponsel ini dilindungi oleh casing baja yang lulus uji standar militer, 810G. Selain fitur kamera termal, CAT S60 pun menggunakan baterai 3800 mAH yang bisa membuatnya tahan seharian.

Ponsel berkamera termal

Lebih jauh lagi, ponsel berkamera termal ini menggunakan layar 4,5 inci yang dilindungi oleh Gorilla Glass 4 dan fitur tahan air. Bahkan ponsel ini bisa diajak menyelam ke kedalaman 16 kaku selama satu jam. Desainnya yang tidak bersahabat di saku, membuat CAT S60 ditargetkan untuk pasar para insinyur, pekerja bangunan, dan pekerja berat lainnya.

Bagaimana dengan kamera termalnya sendiri? CAT S60 menggunakan kamera depan berukuran 5 MP dengan kamera utama 13 MP. Dikarenakan fitur termal di dalamnya, kedua kamera tersebut bisa bekerja sama menciptakan gambar hibrida dengan menyatukan live feeds dari kamera utama dan sekunder.

Ponsel berkamera termal

CAT S60 akan hadir dengan harga US$599 atau sekitar Rp 8 juta pada pertengahan Juni mendatang. Spesifikasi lain yang bisa ditemukan di dalam ponsel ini adalah ruang penyimpanan internal sebesar 32GB, RAM 3GB, serta prosesor Snapdragon Octa Core dengan sistem operasi Android Marshmallow.

Layar sentuhnya menyajikan resolusi sebesar 1280 x 720 p. Sebagai tambahan, CAT S60 telah menggunakkan GPS, Glonass, dan bahkan jaringan satelit Chinese Beidou. Untuk konektivitasnya, Caterpillar membenamkan Bluetooth, NFC, radio FM, sensor barometer dan altimeter.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.