Cara Menonaktifkan Animasi GIF Pada Chrome dan Firefox

714

GadgetPlus.IDAnimasi GIF memang lucu, namun ada sebagian orang yang merasa terganggu, terutama ketika kita mencoba membaca sesuatu yang ada di sekitarnya. Sebagian besar peramban terkemuka tidak dibekali opsi untuk mengontrolnya. Untungnya, Anda bisa mengontrol animasi GIF pada Google Chrome dan Mozilla Firefox melalui add-ons dan ekstensi.

Google Chrome

01

Animation Policy untuk Google Chrome

Google menciptakan ekstensi sendiri, yang diberi nama Animation Policy, untuk membantu pengguna Chrome mengontrol GIF pada peramban mereka. Dibuat sebagai ekstensi aksesibilitas, Animation Policy memungkinkan Anda untuk memilih antara mengizinkan gambar terus beranimasi, hanya sekali beranimasi, atau menonaktifkannya sama sekali.

Setelah Anda meng-install ekstensi dari Chrome Web Store, klik ikon bergambar petir yang muncul di sebelah kanan kolom alamat. Sekarang pilih opsi yang Anda inginkan. Kami sarankan memilih opsi Allow animated images, but only once agar Anda tetap bisa melihat animasinya tanpa harus terganggu.

Mozilla Firefox

Firefox memiliki add-on yang lebih mumpuni untuk menghentikan animasi GIF yang diberi nama ESCape From Them GIFs. Hal yang harus Anda lakukan adalah meng-install-nya dari katalog add-on Mozilla dan me-restart peramban. Setiap kali Anda merasa terganggu dengan animasi GIF pada laman Web, cukup tekan tombol Esc pada keyboard dan gambar akan berhenti bergerak. Ini mencakup semua GIF pada laman Web. Bahkan laman-laman yang dipenuhi oleh animasi GIF, seperti Giphy, akan berhenti bergerak hanya dengan sekali menekan tombol. Tekan lagi tombol Esc untuk mengaktifkan kembali animasinya.

Untuk peramban milik Microsoft, Internet Explorer, Anda bisa menonaktifkan GIF dengan masuk ke Internet options > Advanced dan menghapus centang Play animations in webpages. Setelah Anda me-restart PC, Internet Explorer akan berhenti memutar GIF. Sementara itu Edge, peramban terbaru dari Microsoft, saat ini tidak memiliki opsi untuk menghentikan GIF.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.