Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Pada Android 7.1

124

GadgetPlus.ID — Terbatasnya ruang penyimpanan adalah salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh para pengguna smartphone saat ini. Android 7.1 Nougat menyertakan sejumlah tool terintegrasi yang bisa mengatasi kendala tersebut. Untuk melihatnya, masuk ke Settings > Storage.

Sama seperti Android versi sebelumnya, Anda akan melihat detail penggunaan ruang penyimpanan berdasarkan kategori.

02 01

Pilih Manage Storage yang ada di bagian atas daftar. Di sini tertera opsi Smart Storage, yang ketika diaktifkan akan secara otomatis menghapus foto-foto serta video-video cadangan pada saat ruang penyimpanan smartphone Anda hampir penuh. Jika Anda adalah pengguna Pixel (smartphone pertama dengan sistem operasi Android 7.1), Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan kosong pada resolusi penuh.

02 02

Jika memilih Free up space now, Anda akan dihadapkan pada opsi untuk menghapus item secara lebih spesifik. Karena item-item ini terdiri dari aplikasi atau foto yang sudah lama tidak digunakan, maka pilihan yang tersedia mungkin tidak akan terlalu banyak, terutama jika Anda memiliki smartphone Pixel baru atau baru saja me-reset perangkat dengan Android 7.1.

Terakhir, Anda bisa melihat detail lebih spesifik yang memperlihatkan aplikasi dan elemen-elemen lain yang menghabiskan banyak ruang penyimpanan pada smartphone Anda.

02 03

Dari menu Internal shared storage, Anda bisa men-tap setiap kategori, seperti aplikasi, gambar, atau video. Ini memungkinkan Anda untuk mengetahui item-item yang berukuran besar.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.