Cara Mengirim dan Menerima Uang Menggunakan Gmail dan Android

231

Perlu mengirimkan atau menerima sejumlah uang? Jika Anda dan orang lain memiliki perangkat Android dan aplikasi Google Gmail, Anda dapat mengirim dan menerima melalui Gmail di web.

Kemampuan mengirim uang telah dipasang ke layanan Gmail online selama beberapa tahun; mesin pencarian ini juga menambahkan Google Wallet, dan kini Google Pay Send ke aplikasi Gmail pada Maret 2017 yang berarti Anda dapat mengirim dan menerima uang saat bepergian menggunakan ponsel atau tablet Anda.

Untuk sementara, fitur ini terbatas pada versi Android Gmail. Pengguna iPhone dan iPad Apple kurang beruntung, meskipun mereka dapat menggunakan aplikasi Google Pay untuk mengirim dan menerima uang tetapi Anda tidak bisa mengalahkan kenyamanan memiliki fitur yang dibangun langsung ke dalam aplikasi email. Beginilah cara menggunakannya.

1.Google Pay Account

Untuk menggunakan Gmail sebagai sarana mengirim atau menerima uang, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan akun Google Pay. Anda dapat melakukan ini dari aplikasi Gmail, tetapi Anda mungkin merasa lebih mudah melakukannya dari situs web Google Pay. Jelajahi situs dan masuk dengan akun Google Anda. Klik opsi untuk “Tambahkan kartu debit.” Sebuah pop-up akan muncul, di mana Anda dapat memasukkan informasi pembayaran Anda.

2. Mengirim Uang

Untuk mengirim uang melalui aplikasi Gmail, pastikan Gmail sudah disiapkan di perangkat Android Anda. Buka Gmail dan ketuk ikon untuk menulis email baru, ketuk ikon Lampiran. Dari menu munculan, ketuk Kirim uang. Aplikasi ini menampilkan layar Google Pay. Masukkan jumlah uang yang ingin Anda kirim. Jika Google Pay tidak disiapkan, Anda harus menambahkan kartu debit di sini. Jika tidak, ketuk tautan ke “Lampirkan Uang.”.

3. Tambahkan Memo

Anda dapat menambahkan memo jika Anda mau. Ketuk pada Selesai. Lalu ketuk tombol Kirim untuk mengirim email.

4. Klaim Uang

Penerima Anda kemudian menerima email Anda. Jika orang itu belum menyiapkan Google Pay, dia mengeklik tautan ke Klaim Uang. Jika orang tersebut telah menyiapkan Google Pay dan telah membuat kartu debit default atau metode pembayaran lainnya, maka uang itu secara otomatis ditransfer ke akun defaultnya. Penerima Anda kemudian dapat mengeklik tombol View Transaction di email untuk melihat transfer di Google Pay.

5. Transfer

Penerima Anda kemudian masuk ke akun Google-nya. Orang itu dibawa ke halaman web Google Pay, di mana dia diminta untuk menambahkan kartu debit untuk mengumpulkan uang yang Anda kirim. Akhirnya, orang itu mengklik tombol Transfer untuk mengklaim uang. Uang itu kemudian ditransfer ke kartu debit orang itu. Penerima Anda mengklik tombol Selesai untuk menyelesaikan.

6. Permintaan Uang

Untuk meminta uang, buka Gmail dan ketuk ikon untuk menulis email baru. Ketuk ikon Lampiran. Dari menu munculan, ketuk Request Money. Masukkan jumlah uang yang ingin Anda terima, lalu ketuk tautan ke “Attach Request.” Tambahkan memo jika Anda menginginkannya, lalu ketuk Selesai. Tinjau email dan ketuk tombol Kirim untuk mengirimnya.

7. Permintaan Email

Penerima Anda akan menerima email Anda dengan permintaan untuk pembayaran. Penerima dapat mengklik tautan Bayar Sekarang (Pay Now) atau Tolak Permintaan (Decline Request).

8. Transfer

Halaman Google Pay terbuka untuk menampilkan permintaan uang. Penerima Anda mengklik tombol Transfer. Penerima kemungkinan akan diminta untuk memberikan beberapa rincian untuk mengonfirmasi identitasnya. Uang itu kemudian dikirimkan kepada Anda. Setelah Anda dan orang lain telah menyiapkan kartu debit atau rekening bank Anda, semua itu akan secara otomatis digunakan sebagai default untuk transaksi di masa mendatang, membuat proses lebih mudah dan lebih cepat.