Cara Mengedit Foto untuk Instagram dengan Snapseed 2.0

463

Snapseed adalah salah satu penantang VSCOcam dan Afterlight. Tiga aplikasi editing foto yang banyak digunakan oleh para mobile photographers ini tersedia dengan ragam filter yang menarik. Kini, Snapseed hadir dengan versi 2.0 yang jauh lebih menggoda untuk dipilih.

VSCOcam mungkin jauh lebih populer karena anatarmukanya yang simpel dan tak terlalu rumit sehingga mudah diadaptasi dengan cepat. Lain halnya dengan Afterlight dan Snapseed yang meminta pengaturan yang lebih advance. Pun demikian tidak berarti kedua aplikasi itu sepi peminat. Bahkan Snapseed dan Afterlight memiliki keunggulan masing-masing yang tak dimiliki oleh VSCOcam. Snapseed contohnya menyajikan penyuntingan foto yang lebih detil dengan hasil foto yang tak mengurangi ukuran foto aslinya.

Start Using Snapseed 2.0

> Fine tune the exposure and color of an image

Sebelum Anda mulai melakukan penyuntingan gambar dengan menggunakan filter-filter kreatif, Anda harus menemukan pola eksposur dan warna yang tepat untuk gambar bersangkutan. Karenanya, Anda harus menggunakan Tune Image di dalam Snapseed guna menemukan warna dan pencahayaan yang tepat.

Snapseed

  1. Black & White Filter

Filter satu ini bisa dengan mudah mengubah gambar Anda menjadi hitam dan putih. Guna mengakses filter ini, cukup men-tap Black & White yang terletak di halaman filter paling bawah. Jika Anda men-tap ikon layer berlapis di bagian kanan bawah layar, maka akan muncul panel dengan enam pilihan filter presets. Pilihannya terdiri atas Neutral, Contrast, Bright, Dark, Film dan Darken Sky.

Saya selalu memilih Neutral yang secara otomatis akan langsung diaplikasikan pada gambar. Setelahnya Anda bisa menggunakan pengaturan sendiri dengan menekan layar di mana akan muncul pengaturan untuk Brightness, Contrast dan Grain. Kemudian Anda bisa memilih dan menggesernya ke kiri dan ke kanan guna melakukan penyesuaian tune gambar.

Pada filter Black & White ini terdapat juga fitur menarik, yakni filter berwarna. Anda bisa mengaksesnya dengan men-tap ikon lingkaran di bawah gambar. FIlter merah mampu memproduksi kontras yang melimpah.

  1. Vintage Filter To Create Aged Photos

Filter ini sanggup memberikan efek klasik pada foto Anda dengan menakjubkan. Tap Vintage, kemudian tekan ikon layer berlapis yang langsung akan menampilkan pilihan-pilihan filter ini untuk Anda. Terdapat 12 gaya vintage yang bisa dipilih. Sedangkan di bagian kanan terdapat ikon blur di mana Anda bisa memburamkan gambar.

Snapseed

Untuk mendapatkan tekstur yang lebih detail, tekan layar. Anda akan mendapatkan penyesuaian untuk Brightness, Saturation, Style Strength dan Vignette Strength. Jelas kalau Brightness akan mempengaruhi pencahayaan dan kegelapan gambar, sedangkan Saturation mampu menyesuaikan intensitas warna. Sementara itu, style strength dan vignette strength masing-masing akan mempengaruhi kekuatan warna preset yang Anda pilih.

  1. Retrolux Filter for Light Leaks And Scratches

Retrolux adalah filter menarik yang menggunakan banjiran cahaya dan guratan guna menghasilkan gambar yang unik. Untuk mengaksesnya, Anda bisa men-tap Retrolux pada menu filter. Untuk memanfaatkan filter ini pun cukup mudah. Anda bisa memilih 13 gaya Retrolux, atau cukup menekan ikon panah jika ingin aplikasi ini memilihkannya untuk Anda secara acak.

Snapseed

Penyesuaian lebih lanjut dilakukan dengan menekan tengah layar seperti biasa. Kemudian akan muncul Brightness, Saturation, Contrast, Style Strength, Scratches and Light Leaks. Jika merendahkan nilai Style Strength, Scartches dan Light Leaks maka akan mengurangi opacity tiap efek. Ini adalah hal yang harus Anda ingat jika merasa pengaturan yang Anda lakukan berlebihan.

  1. Applying New Filter, Glamour Glow

Salah satu filter baru yang disediakan dalam Snapseed 2.0 adalah Glamour Glow yang mengubah warna pencahayaan pada gambar Anda. Terdapat lima buah filter yang bisa dipilih. Untuk penyesuaian lebih lanjut, Anda cukup menekan layar di mana tiga menu, yakni Glow, Saturation dan Warmth akan muncul.

  1. HDR Scape Filter

HDR atau yang berarti High Dynamic Range merupakan filter yang bisa digunakan untuk mendapatkan eksposur pencahayaan yang lebih seimbang di seluruh permukaan gambar, mulai dari highlights hingga bayangan. Filter ini biasanya digunakan untuk gambar-gambar dengan kontras yang tinggi, seperti foto-foto lanskap pemandangan.

Jika Anda tidak tahu-menahu soal filter ini, maka Anda kemungkinan bisa merusak gambar. Pertama adalah pilihan gambar haruslah sesuai. Gambar pemandanga bisa menjadi jawaban yang sempurna.

Untuk mengakses pengaturan HDR, cukup men-tap pilihan HDR Scape pada menu filter. Jika Anda menekan ikon layer berlapis, akan tampil empat pilihan preset, yakni Nature, People, Fine dan Strong. Kami menyarankan untuk memilih Nature atau People yang lebih stabil. Saat Anda menekan layar setelah mengaplikasikan efek ini, akan muncul tiga penyesuaian untuk Filter Strength, Brightness dan Saturation.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.