memotret bayi

Cara Memotret Bayi Tanpa Merepotkan Fotografer

141

Di mana-mana kita melihat bayi. Baik di Facebook, Instagram, maupun Path, foto-foto bayi bertebaran bak game Tahu Bulat yang tengah menjadi fenomena. Jika Anda suka memotret bayi, Anda tidak bisa memotretnya begitu saja. Semanis apapun mereka, bayi bukanlah subjek fotografi yang mudah. Berikut tips mudah yang bisa membantu Anda memotret makhluk paling lucu sejagat ini.

Rencanakan jauh hari sebelumnya

Kalau Anda seorang fotografer profesional yang khusus disewa untuk memotret bayi, diskusikan terlebih dahulu sejumlah perihal yang akan Anda lakukan. Bicarakan jadwal pemotretan dengan orangtuanya. Sudah rahasia umum kalau orangtua tahu jadwal terbaik bayi mereka. Selanjutnya, jika Anda berencana untuk memotret bayi di rumahnya, pastikan segala detailnya sespesifik mungkin. Kalau Anda tidak memiliki pencahayaan studio, Anda harus memahami arah cahaya dari jendela ruang pemotretan.

Untuk urusan wardrobe, Anda harus meminta pendapat orang tua si bayi apakah mereka menyukainya atau tidak. Jika mereka ingin memotretnya dengan keadaan telanjang, pastikan mereka melepaskan pakaian bayi satu jam sebelumnya agar tidak terlihat guratan atau bekas baju yang menempel pada tubuh si bayi.

Bersiap-siaplah!

memotret bayi

Pastikan Anda memiliki segala yang dibutuhkan terorganisasi dengan baik dan mudah diakses sebelum memotret bayi. Bayi susah diatur dan mereka tidak sabaran. Anda akan tambah kerepotan jika semua peralatan yang Anda gunakan berantakan. Jika Anda menggunakan pencahayaam studio, Anda harus memasang segalanya 10 menit sebelum pengambilan gambar. Anda bisa mengambil beberapa contoh pemotretan sebelum membawa si bayi ke ruangan.

Bersihkan juga semua sensor dan lensa yang akan digunakan karena Anda tidak bisa berhenti di tengah pemotretan bayi untuk membersihkan titik di sensor Anda. Bayi tidak akan memaafkan Anda dan berpose dengan mudah. Sebelum hari pemotretan, tidurlah dengan cukup. Anda akan menghadapi hari yang sangat panjang.

Sedetail mungkin

Jangan takut untuk mendekat dan fokus pada detail. Kebanyakan foto bayi yang diambil menggunakan bukaan rendah (wide open) untuk membuat depth of field yang dangkal. Depth of field yang dangkal menciptakan perasaan sayang dan kedekatan. Memotret bayi memang memiliki tantangan tersendiri apalagi bila bayi Anda sudah mulai aktif, bagi anda yang memiliki bayi masih berusia dibawah satu bulan tidak akan sulit untuk mendapatkan foto yang terbaik ketimbang bayi yang sudah mulai merangkak.

Anda dapat melibatkan peranan anggota keluarga dalam memperbaiki posisi bayi, mengambil alat peraga atau membuat bayi anda tersenyum. Anda juga dapat melibatkan mainan favoritnya untuk membuatnya lebih fokus dan menyukai kegiatan memotret.

Membangun suasana

memotret bayi

Membangun gambar yang sempurna berarti membangun perasaan, lokasi, makna yang dalam, selama pemotretan berlangsung. Dengan kata lain, Anda mencoba untuk memaknai kisah dari gambar yang Anda ambil. Sebut saja ingin memberikan pesan perasaan bahagia ketika bayi baru lahir atau bermaksud untuk mengucapkan selamat datang pada bayi tersebut.

Misalkan Anda akan memotret bayi di rumah, kemungkinan Anda akan mengambil tema nursery. Bangun lingkungannya dan ambil fotonya. Di sisi lain, mau mengambil lokasi pemotretan di rumah maupun di studio, ambil gambar yang memperlihatkan keluarga ini sebagai keluarga yang ada saat kelahiran sang bayi.

Pose yang natural

Bayi memang sangat lucu untuk diabadikan melalui kamera. Akan tetapi untuk menambah hasil yang maksimal ketika memotret bayi anda dapat mengabadikan momen terbaik dengan memilih angle yang menggemaskan. Pilihlah aktivitas bayi yang natural seperti ketika makan, bermain, mandi atau ketika bayi anda tertidur. Selain itu, momen terbaik bayi Anda dapat diciptakan dengan membuatnya tertawa atau berteriak ataupun menggoyangkan mainan favoritnya. Anda juga harus memperhatikan ekspresi bayi anda dengan benda dan warna disekitarnya jangan sampai ekspresi bayi anda tenggelam.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.