Foto Double Exposure

Cara Membuat Foto Double Exposure Dengan Mudah

60

Seni mengambil foto bisa bermacam-macam. Salah satu yang paling populer saat ini adalah foto Double Exposure. Secara awam, teknik foto double exposure adalah efek yang dihasilkan oleh fotografer dengan menggunakan kamera mereka melalui kombinasi dua foto berbeda guna menciptakan gambar yang abstrak tetapi surreal.

Dikenal juga dengan sebutan multiple exposure (bergantung pada jumlah foto yang digabungkan), teknik ini bisa dengan mudah Anda dapatkan secara alamiah dengan menggunakan sebuah kamera dSLR atau melalui program Photoshop. Dua kamera yang bisa digunakan untuk mendapatkan teknik ini adalah Canon 5D Mark III dan Nikon D800.

Using a dSLR Camera

Anda bisa melihat terdapat pola atau siluet yang muncul di dalam foto ouble exposure. Hal tersebut merupakan salah satu contoh dari foto tipe ini. Tiga hal yang Anda butuhkan untuk menciptakannya adalah sebuah kamera dSLR yang memiliki mode multiple exposure, sebuah gambar siluet sebagai gambar dasar Anda dan gambar utama.

Pertama-tama, temukan subjek foto. Anda bisa membidik manusia atau objek lainnya. Hal paling penting yang harus diperhatikan adalah objek tersebut harus memiliki outline atau garis yang kentara.

Sementara untuk gambar siluetnya, coba dan posisikan subjek dalam satu bidikan yang memiliki ruang negatif sebagai latar belakangnya. Bisa langit atau dinding berwarna putih.

Baca juga: Cara Gunakan Peta Google Tanpa Internet

Akan lebih baik jika Anda menggunakan spot meter di dalam kamera dSLR untuk membantu Anda mengukur subjek dan menonjolkan latar belakang. Siluet terbaik akan dihasilkan jika sumber cahaya yang kuat datang dari arah belakang subjek.

Setelah Anda puas dengan gambar siluet yang dihasilkan, ubah mode kamera ke dalam mode multiple exposure.

Foto Double Exposure

Semisal dalam kamera 5D Mark III, tekan ikon paintbrush dan geser ke bawah ke pilihan multiple exposure. Ubah ‘Disable’ menjadi ‘On: Func/CTRL’ dan biarkan pengaturan lainnya berjalan secara otomatis menjadi Additive dengan dua exposures.

Geser lagi ke bawah ke pilihan ‘Select image for multi. expo.” dan pilih siluet yang sebelumnya Anda bidik dengan menggunakan tombol Set. Menekan pilihan ini akan mengembalikan Anda ke menu multiple exposure.

Cara terbaik menyelesaikan foto double exposure Anda adalah dengan menggunakan live view. Nyalakan dan Anda akan bisa melihat bidikan siluet melapisi layar kamera.

Sekarang Anda tinggal berburu pola, seperti pepohonan atau bunga, atau apapun yang ingin Anda tempatkan di dalam siluet. Batasnya hanyalah imajinasi Anda sendiri.

Biasanya, Anda akan membutuhkan gambar kedua yang cukup underexpose dari apa yang ditampilkan oleh metering kamera atau Anda bisa menggunakan kompensasi eksposur jika Anda berada dalam mode Program.

Ambil gambar kedua dan tunggu sesaat. Gambar siluet multiple exposure Anda akhirnya selesai. Guna meningkatkan komposisinya, potong gambar dengan fitur crop.

[nextpage title=”Using Adobe Photoshop”]

Program Adobe Photoshop bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan foto double exposure yang indah. Bagaimana caranya? Pertama Anda harus memiliki foto subjek (semisal manusia) dengan latar belakang yang bersih.

Gambar kedua yang bisa Anda gunakan adalah gambar lanskap yang menakjubkan. Salah satu keuntungan menggunakan Photoshop adalah Anda bisa memilah-milah gambar yang paling sesuai untuk digabungkan.

Untuk memulai, potong gambar pertama dengan menggunakan Pen dan ikuti outline subjek. Setelah selesai, klik kanan dan pilih Make Selection dari menu lalu masukkan 0.5px di dalam pilihan Feather Radius.

Foto Double Exposure

Bagian rambut yang tak rata biasanya menyusahkan. Untuk mengatasinya pilih Select > Refine Edge dan mulai mengubah Edge Detection Radius serta Shift Edge guna memasukkan garis rambut ke dalam pilihan.

Kopi pilihan baru ini dari Background dan salin ke dalam lapisan yang baru. Tambahkan sebuah lapisan dengan white fill di bawahnya untuk mengisolasi potret. Langkah selanjutnya buka gambar lanskap (gambar kedua) dan salin di sini. CDM+Click thumbnail potret di panel Layers untuk mengisi pilihannya kemudian klik ikon Add Layer Mask untuk memasukkan latar belakangnya ke garis potret.

Baca juga: 5 Tip dan Trik Sony Xperia Z5 Compact

Putuskan hubungan gambar dari mask dengan mengklik ikon rantai di antara thumbnail di panel Layers. Hal ini akan memungkinkan Anda memindahkan dan mengukur skala gambar secara mandiri dari mask, sehingga mask tersebut akan diam di tempatnya sementara Anda bisa menemukan komposisi terbaik.

Selanjutnya, duplikasi layer potret utama dan tarik ke bagian atas. Buka pilihan Levels Adjustment (Image > Adjustment > Levels) dan mulai menggelapkan gambar dengan menggerakkan penggeser lever Input dan Output. Ubah mode blending potret ini sehingga menjadi transparan.

Tambahkan sebuah Layer Mask ke dalam lapisan potret berbayang ini serta gunakan sebuah brush halus yang lembut untuk menghapus sejumlah area sehingga semuanya bisa menyatu. Mengecatkan warna hitam ke dalam lapisan mask akan menghapus area-area yang tak diperlukan. Kini, gambar Anda cukup siap sedia untuk disimpan.

Sama halnya dengan teknik fotografi lainnya, teknik double atau multiple exposure ini membutuhkan waktu agar bisa dikuasai. Latihan terus menerus bisa mengasah kemampuan Anda dengan baik. Selamat mencoba dan selamat berkarya!




Leave a Reply

Your email address will not be published.