PowerShot D30

Canon PowerShot D30 REVIEW

257

PowerShot D30 merupakan kamera digital compact  lini underwater camera milik Canon. Kamera yang dibuat khusus untuk mengambil foto di dalam air ini memiliki berbagai macam peningkatan dari kamera-kamera underwater milik Canon sebelumnya.

Beberapa di antaranya ialah kapabilitas tahan air hingga kedalaman 25 meter, kapabilitas drop-resistant hingga 2 meter dan juga built-in GPS system yang akan menandakan setiap foto dengan lokasi pengambilan gambar. Selain itu kamera ini juga dilengkapi oleh sensor CMOS berkualitas 12.1 megapiksel, kapabilitas Full HD video dan sistem HS untukmengambil gambar dalam keadaan low-light. Semua fitur tersebut akan sangat berguna bagi Anda yang sering berpetualang.

Apabila Anda memantau perkembangan dunia kamera, maka Anda pasti mengetahui bahwa kamera berkategori tough yang memiliki tingkat ketahanan yang ekstra sudah sangat banyak jenisnya. Tiap manufaktur setidaknya memiliki 1 hingga 2 produk dalam jangka waktu tertentu.

Hal tersebut secara tidak langsung menguntungkan para manufaktur untuk memantau perkembangan dan membuat produk yang lebih baik. Banyaknya produk serupa justru menguntungkan para konsumen karena dapat membandingkan fitur dan kapabilitas yang ditawarkan oleh tiap-tiap produk.

Dan hal tersebut juga yang membuat Canon PowerSHot D30 hadir dengan kapabilitas yang lebih baik dari kamera-kamera yang telah ada sebelumnya. Proteksi underwater yang dimiliki oleh kamera ini mencapai kedalaman 25 meter yang notabene jarak yang dalam dan mampu menemani aktifitas diving atau snorkelling Anda.

[nextpage title=”Design”]

Canon PowerShot D30 memiliki beberapa perubahan pada bagian eksteriornya. Tiap sudut dari tubuh kamera ini tidak lagi memiliki ujung yang tajam melainkan lengkungan sehingga akan mempermudah pengguna ketika menggenggamnya.

Dapat kami katakan bahwa kamera ini memiliki desain yang lebih baik daripada generasi sebelumnya, D20, yang memiliki desain yang cukup rumit. Kami merasa bahwa Canon telah melakukan hal yang benar dengan tidak menaruh detail yang rumit pada tubuh kamera ini.Hal tersebut membuat semuanya terlihat simpel dan mudah digunakan.

PowerShot D30

Selain itu, kamera ini juga memiliki tombol dengan lapisan karet yang sebenarnya sudah terlihat ketinggalan zaman. Namun kami memahami maksud dari Canon yang menggunakan lapisan karet untuk meningkatkan durabilitas kamera ketika digunakan di dalam laut. Lapisan karet tersebut juga dapat memperkuat genggaman Anda ketika ingin mengambil foto dan membuat kamera tidak gampang terselip dari genggaman Anda. Jika Anda membuka bagian baterai di bagian bawah, Anda juga akan menemukan lapisan karet untuk melindungi baterai dari tekanan air.

[nextpage title=”Features and Image Quality”]

Sensor kamera yang dimiliki D30 tidak memiliki perbedaan dari D20 sehingga Anda akan tetap menemukan performa dynamic range yang tidak begitu maksimal. HS system yang ada di dalamnya pun telah didesain untuk membuat sensor lebih responsif ketika mengambil gambar dalam kondisi kurang pencayahaan.

Fitur tersebut tentunya akan sangat berguna ketika Anda akan mengambil gambar ketika sedang melakukan diving tanpa dukungan cahaya yang cukup.

PowerShot D30

Canon PowerShot D30 memiliki built-in GPS yang dapat diatur pada bagian Set-up apabila Anda ingin kamera menyimpan lokasi setiap Anda melakukan pengambilan gambar. Fitur ini akan sangat berguna apabila Anda ingin mengunggah foto ke jejaring sosial agar keluarga dan teman-teman mengetahui lokasi dari foto.

Sebagai informasi, ketika menggunakannya, kami tidak merubah pengaturan apapun dan meninggalkan opsi pengambilan dalam kualitas 12 megapiksel dengan format Fine JPEG. Format tersebut akan membuat foto memiliki ukuran sekitar 3 Mb.

Pada mayoritas kamera compact yang dimilikinya, Canon biasanya menyisipkan sensitivity range hingga ISO 1600, namun pada produk kamera underwater mereka mengambil langkah ekstra dengan kapabilitas hingga ISO 3200. Pada ISO 100, semua gambar terlihat sangat jernih dengan tingkat detail yang baik bahkan pada area yang gelap. Noise mulai terlihat ketika menggunakan ISO 200.

Namun menurut kami hal ini tidak akan menjadi masalah yang berarti karena noise hanya akan terlihat ketika Anda melakukan full zooming pada gambar.

Ketika melakukan full zooming, Anda akan mulai melihat kemunculan noise pada ISO 400 namun tetap dengan detail yang bagus. Detail bayangan akan mulai hilang ketika Anda mengambil gambar pada ISO 800. Yang menurut kami sedikit mengecewakan adalah ketika warna hijau mulai memudar ketika menggunakan ISO 3200. Namun kualitas gambar yang dihasilkan oleh Canon PowerShot D30 tetap lebih baik jika dibandingkan dengan kamera sejenis dari manufaktur lain.

Untuk Anda yang ingin mengakali masalah noise yang ada pada kamera ini, kami memiliki solusi yang dapat meminimalisir hadirnya noise pada kamera. Caranya yaitu dengan melakukan sharpening pada foto.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.