Canon Bersiap-siap Meluncurkan Dua Model Kamera Mirrorless Full Frame

818

Sepertinya Nikon bukan satu-satunya yang meluncurkan kamera mirrorless full-frame . Rumor berkembang bahwa Canon sedang bersiap-siap meluncurkan kamera mirrorless full-frame.  Dilansir dari CanonRumors, bukan hanya satu, tapi Canon kemungkinan akan meluncurkan dua kamera mirrorless full-frame. Model pertama yang menjadi andalan dalam jajaran Canon kamera mirrorless, sedang model kedua menampilkan kamera dengan resolusi yang lebih rendah yang mungkin akan diluncurkan kemudian.

Rupanya Canon telah melakukan pekerjaannya dengan baik untuk tetap menjaga kerahasiaan produk kamera mereka agar tidak bocor. Namun seperti yang diketahuo bahwa Canon terbaru ini dianggap sebagai model mirrorless full-frame yang saat ini sedang diuji lapangan oleh sekelompok fotografer profesional yang sudah diseleksi.

Pihak Canon tentunya ingin membuat kamera mirrorless full-frame pertama benar-benar dari awal, terutama karena pihak saingannya seperti Sony yang produk nya masih berguling saat ini dengan Alpha A9 dan Alpha A7R III  serta Nikon yang telah meluncurkan sistem Z baru pada 23 Agustus kemarin dengan dua model unggulan yaitu  Z6 dan Z7 .

Yuk kita simak sejauh apa informasi yang didapat tentang Canon mirrorless full-frame terbaru. 

CanonRumors menyatakan bahwa kamera terbaru ini akan dilempar ke pasaran diakhir tahun 2018, meskipun belum ada kepastian. Namun bila kita melihat acara Photokina, pameran fotografi terbesar yang akan diadakan bulan september ini, kemungkinan kita akan melihat tentang pengumuman produk ini. Menurut kebiasaan, Canon selalu mengumumkan model unggulannya dipertengahan tahun.

Melihat tidak adanya pengumuman di pertengahan tahun, mungkin saja kamera ini akan menjadi kejutan di awal tahun 2019. Mengingat karena Nikon sudah merilis kamera full-frame-nya Agsutus kemarin, tentunya Canon tidak ingin ditinggalkan. Penentuan waktu juga sedikit kabur, karena kemungkinan Canon menunggu apa yang Nikon sudah luncurkan sebelum meluncurkan produknya sendiri.

Sensor Kamera Canon Full-Frame

CanonRumors juga melaporkan bahwa kamera unggulan ini akan memakai 30,4MP fullf-frame sensor. Jika demikian kita bisa berharap sama dengan kualitas dari hasil jepreran 30,4MP dari kamera EOS 5D Mark IV, meski nantinya desain sensor bakal berbeda.

Bocoran lain juga meenyatakan bahwa, sensor baru tersebut akan memiliki sebuah anti-aliasing filter di depannya, yang tentunya ini menhasilkan beberapa opini beredar. Bocoran lainnya, sensor kamera ini akan memiliki anti aliasing filter di depannya, yang tentunya menghasilkan beragam opini.

Jika memang nantinya hanya memiliki sensor 30MP Sensor, ini bakalan jauh berbeda bila dibandingan dengan 42,2MP sensor yang dimiliki Sony Alpha A7R III dan 45MP sensor Nikon Z7. Munkin sedikit di atas Nikon z6. Kamera model kedua kemungkinan bakal memiliki pixel sekitar 24MP dibawah EOS 6D Mark II yang memiliki sensor 26,2MP.

Mount Lensa

Pertanyaan besar saat ini adalah lensa apa yang akan dipilih oleh Canon. Apakah itu akan menggunakan Mount EF yang sudah ada serta membuat transisi yang mudah bagi fotografer, atau merekayasa mount lensa yang benar-benar baru, seperti yang telah dilakukan Nikon? Kelemahan dari opsi terakhir adalah bahwa ia harus mengembangkan berbagai lensa baru untuk menemani kamera.

Tidak ada jawaban pasti saat ini, tetapi menurut CanonRumors bahwa kamera akan menggunakan mount lensa RF yang baru. Ini masih akan bisa memakai lensa dari keluarga Canon dengan tipe lensa EF dan EF-S, tetapi itu tidak akan kompatibel dengan koleksi lensa EF-M yang lebih sederhana yang dirancang untuk seri mirrorless EOS M Canon saat ini.

Video Capture

Sementara kamera DSLR Canon kebanyakan menggunakan resolusi video 4K, tentunya kamera ini diharapkan pula menggunakan resolusi tersebut. Pengguna Canon kususnya bakal kecewa jika ternyata dua kamera model terbaru ini tidak memiliki video capture degnan resolusi 4K.