Pengaruh resolusi

Besarkah Pengaruh Resolusi Kamera Dengan Hasil Foto?

114

Pengaruh resolusi kamera di sebuah ponsel masih menjadi pertanyaan. Seberapa besarkan pengaruh resolusi kamera terhadap hasil gambar? Selama beberapa tahun terakhir kita sudah melihat evolusi kamera ponsel yang mengagumkan.

Nokia Lumia 10 misalnya yang mengusung kamera beresolusi 41MP. iPhone 6s Plus hadir dengan kamera beresolusi 12 MP, tetapi berbagai pihak mengunggulkan kualitas gambarnya. Hal ini disebabkan oleh ukuran piksel sebesar 1.22 micron yang mampu menghasilkan gamabr yang cerah dan berwarna secara terperinci.

Pengaruh resolusi

Semakin besar megapiksel dari sebuah kamera maka resolusi gambar yang dihasilkan akan semakin baik. Tentunya, sebuah kamera ponsel 12MP akan melahirkan gambar yang lebih baik ketimbang ponsel dengan kamera 8MP. Begitupun seterusnya.

Megapiksel sendiri merupakan sekumpulan jutaan piksel yang ditunjukan dengan besar lebar dan panjang dari sebuah gambar. Lalu, apa itu piksel? Jika sebuah gambar diperbesar hingga titik yang maksimal, maka akan tampak jika sebuah gambar terdiri atas jutaan piksel. Titik-titik atau kotak yang sangat kecil yang berwarna inilah yang disebut piksel.

Baca juga: Canon Ungkap Kamera G7 X Mark II dan SX720 HS PowerShot

Faktor lain yang menentukan kualitas sebuah gambar adalah sensor yang dibenamkannya. Image sensor atau sensor gambar merupakan sebuah alat yang bekerja menangkap cahaya yang masuk ke dalam lensa kamera.

Setiap piksel memiliki kemampuan untuk menangkap informasi tentang gelap terang, warna dan cahaya yang mengenainya. Jumlah piksel yang terdapat dalam sebuah sensor inilah yang kemudian dihitung. Sebagai contoh sensor dengan 3.000 piksel pada sisi panjang dan 2.000 piksel pada tinggi akan menjadi 6.000.000 piksel atau disebut 6 megapiksel (1 megapiksel setara dengan 1.000.000 piksel).

Pengaruh resolusi

Sebagai contoh adalah OPPO F1 yang meskipun hanya membenamkan kamera utama berukuran 13MP, tetapi mampu menghasilkan gambar yang jernih. Kamera sekundernya yang berukuran 8MP mampu menampilkan foto selfie profesional karena faktor pendukungnya. Kamera depannya ini memiliki luas Lensa Aperture f/2.0 dan sensor ¼ inci.

Memberikan cahaya masuk yang lebih banyak sehingga menghasilkan selfie yang tajam walau dalam kondisi cahaya yang kurang ideal. Prosesor Qualcomm Snapdragon Octa-core 64-bit dan RAM 3GB menghasilkan perangkat yang berjalan mulus saat multitasking juga berpengaruh pada penggunaan kameranya ini.

Ponsel yang dibanderol dengan harga yang lebih murah biasanya memiliki sensor yang lebih kecil dengan prosesor gambar yang standar. Sebaliknya, ponsel yang lebih mahal mempunyai kemampuan prosesor gambar yang lebih baik. Perbedaan ini bisa dilihat dari kualitas warna dan pengurangan noise sensor. Pengaruh resolusi pada sebuah ponsel jelas mempengaruhi hasil gambar. Tetapi banyak faktor yang juga ikut membantu terciptanya gambar yang jauh lebih baik.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.