Dragon Ball

Bermain Sebagai Goku Dalam Dragon Ball Z: Dokkan Battle

229

Ketika Bandai Namco mengumumkan akan merilis Dragon Ball Z: Dokkan Battle untuk mobile, kita berharap-harap cemas. Apalagi saat developer ini hendak mengemas game tersebut dalam bentuk puzzle/adventure yang notabene bukan “barang” baru lagi di jagat dunia game. Berkualitaskah?

Kamu mungkin sudah mengenal anime ini sejak dulu kala. Ketika Bandai Namco mengumumkan akan merilis Dragon Ball Z: Dokkan Battle untuk mobile, kita berharap-harap cemas. Apalagi saat developer ini hendak mengemas game tersebut dalam bentuk puzzle/adventure yang notabene bukan “barang” baru lagi di jagat dunia game. Lalu, apa yang menjadi nilai lebih Dragon Ball Z: Dokkan Battle yang bisa menarik minat gamer sekalian? Tentu saja, nama Dragon Ball sendiri.

Di dalam Dragon Ball Z: Dokkan Battle kamu akan bermain sebagai petarung yang berupaya keras menyelesaikan masalah expanding dimensional distortion. Trunks dan King Kai akan menuntun kamu memasuki setiap quest, menjelaskan alur cerita, dan menawarkan nasehat dalam pertarungan. Kisahnya sendiri mungkin akan membuat kamu mengerutkan kening bertanya-tanya. Terlebih lagi saat mengetahui kalai para petarung Z-Fighters bertempur satu sama lain.

A combination of a board game and a color-matching game

Bandai Namco jarang berinovasi dalam game bergenre puzzle mereka. Begitupun dengan yang akan kamu temukan dalam Dragon Ball Z: Dokkan Battle ini. Game ini mengusung gaya pertarungan yang merupakan kombinasi antara board game dan color-matching game yang sudah sering wara-wiri di toko aplikasi. Secara acak, game ini akan menentukan tim pemain yang bisa ditambah dengan melakukan pembelian IAP.

Di sepanjang permainan, gamer akan berhadapan dengan eptarung lain, mengumpulkan berbagai item, dan bertempur melawan bos yang akan kamu temui di setiap akhir babak. Kamu tidak bisa terlalu banyak berharap, bukan? Terlepas dari kurangnya inovasi yang ditawarkan oleh Dragon Ball Z: Dokkan Battle, tidak berarti game ini tidak layak kamu lirik.

Sesaat setelah kamu menyelesaikan sebuah babak, kamu memiliki kesempatan untuk mengulang permainan dalam mode Hard dan kemudian Z-Hard yang bisa memberikan kesempatan laju permainan lain.
Dragon Ball

Saat bertempur, kamu akan menemukan banyak bola “Ki” dalam beragam warna. Di sini kamu harus mencocokkan mereka agar bisa memberikan damage pada lawan di hadapanmu. Kamu bisa bermain secara tradisional layaknya puzzle game yang lain, atau kamu bisa memperhatikan kelebihan dan kelemahan bola-bola tersebut untuk menyusun strategi yang lebih mumpuni. Sebagai contoh, bola merah/STR jauh lebih kuat digunakan melawan bola kuning/PHY, tetapi tidak akan begitu menimbulkan efek saat melawan bola biru/AGL.

Selain strategi di atas, kamu juga bisa mengubah urutan petarung yang akan melawan musuh agar lebih sesuai dengan karakter lawan sehingga kamu akan lebih berada di atas angin. Strategi ini juga bisa melindungi kamu dari serangan musuh dan menciptakan serangan kombo. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyusun strategi dengan cara menyesuaikan tipe petarung yang cocok dengan tipe Ki sehingga bisa memberikan healing dan ability khusus.

Dragon Ball

Dragon Ball Z: Dokkan Battle memiliki adegan pertarungan yang seru untuk dilihat. Sama seperti anime Dragon Ball yang sudah sering kamu tonton di TV, pertarungannya berlangsung dengan cepat. Tetapi untuk memperdalam ceritanya, game ini juga menyediakan alur lambat.

Sebagai contoh, setiap kali kamu memanggil karakter baru kamu bisa menyaksikan animasi Goku menembakkan Kamehameha miliknya dalam alur yang lambat. Animasi ini tentu memperlambat gerak kamu di dalam permainan, tetapi masih bernilai untuk kamu saksikan.

Dragon Ball Z: Dokkan Battle menyediakan kesempatan langka untuk para penggemar Dragon Ball agar bisa merasakan dunia Goku melalui perangkat mobile. Meskipun game ini terbilang standar dan tidak terlalu inovatif jika berkaitan dengan konten yang ditawarkan, kehadiran karakter-karakter seri ini terlalu berharga untuk kamu lewatkan.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.