Berikut Ini Beberapa Macam Tablet yang Cocok Bagi si Kecil

224

Teknologi berkembang begitu pesat dan tidak akan sama lagi dibandingkan zaman generasi pendahulu. Jika di masa lalu anak-anak menghabiskan waktu di luar ruangan untuk bermain, membaca buku supaya lebih pintar, menonton tayangan Sesame Street, maka kini hari-hari itu telah berlalu, segala kegiatan anak jaman now tidak lepas dari tablet dan bisa jadi mereka lebih mahir menggunakan fitur-fitur di iPhone ketimbang orang tuanya karena tablet itu adalah sahabat setia.

Pada dasarnya, ketika seorang anak menggunakan layar sentuh, mereka tidak merasa dipaksa untuk memikirkan kosakata, hal itu yang membuat mereka lebih bersemangat untuk belajar. Anak-anak sebenarnya berinteraksi dengan konten (terutama ketika games atau karakter tertentu terlibat di dalamnya), membuat pengalaman belajar menjadi lebih menyenangkan dan mudah diingat.

Suatu proyek dari Cooney Cente memperoleh fakta bahwa siswa taman kanak-kanak hingga siswa kelas tiga yang menggunakan tablet di sekolah memperoleh nilai tes yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak menggunakan tablet (khususnya dalam hal literasi). Mereka juga dapat mengenali 20% lebih banyak kosakata karena kemampuan mengenali suara sebagai huruf lebih berkembang. Sehingga tak pelak lagi bahwa pembelajaran tablet merupakan Sesame Street yang baru.

Kebanyakan tablet yang dirancang khusus untuk anak-anak telah dilengkapi dengan akun induk bawaan, pengatur waktu, dan situs web atau aplikasi yang dipilih sebelumnya khusus untuk anak-anak.

Tablet dengan tujuan umum bukanlah pilihan yang buruk sama sekali – banyak situs menyebut iPad sebagai salah satu tablet terbaik untuk anak-anak meskipun secara teknis ditujukan untuk umum, namun tablet Ipad tidak memiliki setingan kontrol orang tua seperti halnya tablet khusus untuk anak-anak, jadi Anda harus kreatif jika lebih suka anak Anda tidak memiliki akses tanpa batas ke internet. Apple dan Android memiliki fitur yang dapat menyaring atau memblokir konten dan mencegah pembelian, tetapi hal terdekat yang bisa Anda dapatkan untuk menutup pemantauan adalah dengan menginstal perangkat lunak kontrol orangtua.

Hal-hal yang perlu diingat: Resolusi layar (tergantung pada jumlah menonton film dan game yang akan mereka lakukan), penyimpanan (mungkin mereka menginstal lebih banyak aplikasi), intensitas kontrol orang tua.

1. Amazon Fire HD 8 Kids Edition Tablet

Pilihan grade A + di dunia tablet anak adalah Amazon Fire HD 8 Kids Edition, versi Fire Tablet yang dibuat khusus untuk anak-anak. Tablet ini dilengkapi satu tahun gratis Amazon FreeTime Unlimited dan garansi selama dua tahun.

Amazon FreeTime Unlimited adalah layanan berlangganan Amazon yang dibuat khusus untuk anak-anak usia 3-12 tahun. Ini menawarkan lebih dari 15.000 buku sesuai anak-anak, film, acara TV, aplikasi dan game edukatif dengan berbagai karakter favorit Disney, PBS, Nickelodeon, dan banyak lagi. Setelah tahun pertama gratis, Anda akan membutuhkan keanggotaan Amazon Prime untuk menikmati semua keistimewaan.

Orang tua dapat menetapkan batas waktu secara umum atau untuk aplikasi tertentu, yang secara otomatis akan memblokir akses ketika waktunya habis. Amazon dapat mendeteksi secara otomatis bahwa anak usia 12 tahun tidak ingin melihat barang-barang bayi, dan anak-anak berusia 3 tahun tidak ingin melihat buku bacaan. Filter Usia memastikan bahwa anak Anda hanya melihat konten sesuai usia mereka, sehingga Anda tidak harus selalu memantau apa yang mereka lihat. Orang tua juga dapat memberikan anak-anak akses yang dipilih ke ekstra seperti Netflix atau YouTube di Freetime.

Amazon Fire HD 8 Kids Edition Tablet

2. Kurio Xtreme Next Tablet

Kurio Xtreme Next Tablet adalah tablet Walmart terlaris dan sesuai budget. Tablet Android ini dilengkapi dengan langganan seumur hidup * gratis * untuk Kurio Genius, sistem penyaringan internet mencakup lebih dari 1,8 miliar situs web dalam 200 bahasa – semua dikuratori oleh para ahli sehingga Anda tidak perlu khawatir melakukan pemantauan sendiri . Aplikasi pra-download mencakup YouTube khusus Anak, game terpopuler di Google Play, dan konten pendidikan. Plus, untuk tahun pertama, program Surprise-A-Week dari Kurio memberikan game, aplikasi, atau e-book baru ke perangkat secara gratis.

Kata sandi yang dilindungi Parental Area memiliki batas waktu, manajemen aplikasi, dan kemampuan untuk membuat hingga delapan profil anak yang berbeda sekaligus. Dan, berkat Kurio Genius, orang tua dapat membiarkan anak-anak menjelajahi web tanpa khawatir mereka mengunjungi situs yang seharusnya tidak dikunjungi. Dengan pengawasan orang tua, anak-anak juga dapat mengakses seluruh Google Play store sebanyak lebih dari satu juta aplikasi.

Mirip dengan kasus di atas, Kurio Next hadir dengan bonggol anti-guncang tahan banting untuk menjaga perangkat tetap aman saat bermain. Layar HD 7-inci dilengkapi filter cahaya biru untuk mengurangi ketegangan mata. Tablet ini juga dilengkapi dengan memori 16 GB, kamera depan dan belakang menghadap, dan Wi-Fi dan kemampuan Bluetooth.

Kurio Xtreme Next Tablet

3. 9.7–inch iPad

Tablet yang cocok untuk anak yang lebih tua atau pelajar tingkat lanjut? IPad Apple terbaru lebih terjangkau dari sebelumnya dilengkapi beragam pilihan serbaguna yang layak dinikmati oleh sekeluarga. Tidak ada aplikasi anak-anak yang diinstal secara paten, tetapi jika Anda membelinya untuk si kecil, Apple memiliki beberapa pilihan pemeriksaan anak yang dapat diatur dan kemudian diangkat ketika mereka sudah dewasa. Tablet Ini memang bukan pilihan termurah, tetapi ini adalah tablet yang dapat beradaptasi dengan anak Anda untuk tahun-tahun yang akan datang.

App Store memiliki sejumlah besar aplikasi pendidikan gratis dan pilihan yang jauh lebih kuat daripada kebanyakan tablet khusus anak-anak: Temukan aplikasi untuk keterampilan inti seperti matematika, membaca, dan sains, atau minat khusus dengan aplikasi biologi , pembelajaran bahasa, atau persiapan ujian. Anak-anak juga dijamin akan tertarik dengan kemampuan augmented reality iPad dan aplikasi AR, yang memungkinkan mereka membenamkan diri di dunia di sekitar mereka (atau planet di luar dunia mereka, atau lautan di bawah dunia mereka). Bahkan ada diseksi katak AR.

Anda perlu langsung melakukan pemeriksaan karena tidak ada sistem pencegahan di tablet ini. Dalam pengaturan iPad di tab Pembatasan, Anda dapat meletakkan kunci virtual pada aplikasi apa pun atau membuat fungsi menjadi tidak aktif (Safari, App Store, iMessage, dan Facebook adalah beberapa yang dapat Anda pertimbangkan untuk disembunyikan). Tab “Konten yang Diizinkan” memiliki opsi untuk film atau situs web, tempat Anda dapat menonaktifkan URL tertentu atau hanya mengizinkan film G-rated untuk diputar. (Jika memantau penggunaan anak-anak lebih dekat adalah suatu keharusan, menginstal perangkat lunak kontrol orangtua seperti Kaspersky Safe Kids atau Qustodio adalah tindakan tepat untuk peningkatan keamanan ekstra.)

9.7–inch iPad

4. Samsung Galaxy Tab E Lite Kids Edition

Pilihan lain yang dapat diandalkan adalah Samsung Galaxy Tab E Lite Edisi Anak-Anak, dengan kotak karet hijau limau yang ikonik, perpustakaan aplikasi edukatif yang dikuratori khusus, dan kontrol orang tua yang luar biasa.

Salah satu fitur terbaik dari Tab E Lite adalah pustaka layanan Samsung Kids, yang diisi dengan game pendidikan khusus yang dikuratori dan buku yang sejajar dengan STEM dan standar Standar Umum AS. Anak-anak dapat mengakses ratusan aplikasi yang dapat dipercaya seperti National Geographic, Dreamworks Animation, dan Sesame Street (YES). Google Play Store masih tersedia untuk diakses oleh anak-anak – dengan pengawasan orang tua, tentu saja. Bagian paling keren? Tab E Lite secara otomatis menyesuaikan dengan usia anak Anda, sehingga konten akan tumbuh bersama mereka. (Dan ketika layanan Samsung Kids dimatikan, orang tua dapat menggunakan tablet ini seperti perangkat Samsung biasa.)

Orang tua dapat menetapkan batas waktu dan memilih aplikasi untuk anak-anak mereka, dan kemudian memantau progress mereka di dasbor utama. Setiap aplikasi yang tersedia terbebas dari iklan, sehingga Anda tidak perlu kuatir mereka pergi ke situs yang tidak seharusnya.

Tab E Lite memiliki layar 7 inci 1024 x 600 sceen, kamera belakang 2.0 MP, masa pakai baterai hingga sembilan jam, konektivitas Wi-Fi, dan prosesor 1,3 GHz Dual-Core cepat. Muncul dengan case bumper yang ringan dan tahan lama yang membuat tablet mudah digenggam dan sulit dihancurkan. Memori 8 GB-nya cukup kecil, jadi Anda perlu berinvestasi ke kartu memori.

Samsung Galaxy Tab E Lite Kids Edition

5. LeapFrog LeapPad Ultimate

Ini merupakan tablet terbaik bagi anak usia prasekolah, LeapFrog LeapPad Ultimate adalah tablet starter yang bagus untuk anak-anak yang tidak begitu terbiasa dengan kehidupan perangkat seluler. Dilengkapi tombol panah navigasi untuk membantu layar sentuh, dan setingan kontrol orang tua sudah terpasang.

The LeapPad Ultimate diisi dengan aktivitas dalam matematika inti, membaca, dan keterampilan sains, dengan opsi interaktif dalam musik, teka-teki, logika, dan kreativitas untuk memulai lebih dulu pada pemikiran kritis (kartrij permainan terpisah juga tersedia untuk membeli). Tablet ini juga memberikan akses ke layanan berlangganan pembelajaran baru LeapFrog, LeapFrog Academy. Satu hal yang menyenangkan tentang kurikulum LeapFrog adalah teknologi just-for-me-nya: Leapfrog mengikuti proses anak Anda dan secara otomatis menyesuaikan game-game tersebut disesuaikan dengan keterampilan dan kecepatan belajarnya.

LeapFrog telah cukup banyak memikirkan segalanya dengan yang satu ini, sehingga orang tua dapat cukup banyak waktu untuk beristirahat – tetapi ada fitur kontrol orang tua yang dilindungi kata sandi di mana orang tua dapat menyesuaikan pengalaman anak-anak, menetapkan batas waktu untuk bermain dan untuk berapa lama mereka harus menunggu jam bermain. Peramban web ramah anak hanya dapat pergi ke situs web tertentu, yang telah dipilih sebelumnya oleh para ahli pembelajaran di LeapFrog.

Anak prasekolah Anda dapat menikmati kamera depan dan belakang menghadap, rekaman video 480p, baterai isi ulang lima jam, stylus, dan 1024 x 600 layar sentuh 7-inci yang aman. LeapPad LeapFrog Ultimate dilengkapi lapisan karet, shock-absorbent case dan bumper.

LeapFrog LeapPad Ultimate