Berbagai Merek Siap Beriklan di Peta Pokemon Go

117

Setelah menjadi salah satu aplikasi mobile yang segera menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia, Pokemon Go akan segera mendapat iklan dari berbagai pihak, demikian ungkap pengembangnya.

Dalam sebuah wawancara, CEO Niantic John Hanke mengungkapkan bahwa beberapa pihak tertarik untuk beriklan di Pokemon Go sebagai tambahan pendapatan selain dalam bentuk in-app purchases berupa tenaga dan benda-benda virtual lainnya. Beberapa retailer dan perusahaan akan diberi kesempatan untuk ditampilkan dalam peta virtual Go sehingga diharapkan para gamer akan mengunjungi fasilitas mereka dan meningkatkan profit. Belum ada kabar lebih lanjut mengenai kemungkinan kerja sama ini, namun seandainya terlaksana maka peta Pokemon Go bisa jadi akan dipenuhi berbagai produk dan lokasi yang sering Anda lihat di kehidupan sehari-hari.

Peta virtual dengan berbagai sponsor ini sendiri sempat muncul dalam Ingress, game yang dirilis Niantic sebelumnya. Beberapa merek yang membayar agar dapat tampil di peta tersebut, di antaranya Duane Reade, Jamba Juice, dan layanan sewa mobil Zipcar. Ingress di Jepang sendiri juga tidak mau kalah karena menampilkan Lawson dan Tokyo Mitsubishi Bank di peta virtualnya. Kabarnya, para pengiklan akan dikenakan “biaya per kali kedatangan”.

Kehadiran Pokemon Go yang tersebar di berbagai tempat ini rupanya berdampak cukup baik bagi beberapa bisnis. Seperti contoh, L’inizio Pizza Bar di Long Island City, Queens, yang pendapatannya meningkat 75% setelah membeli power-up sebesar $10 sehingga memancing Pokemon untuk singgah ke lokasinya. Selain restoran, Art Institute of Chicago juga memanfaatkan Pokemon untuk “memancing” para pengunjung datang dan menangkap para Pokemon yang bertebaran di seluruh museum.

Screenshot 2016-07-15 11.50.13

Apakah museum atau gedung bersejarah di Indonesia juga akan memanfaatkan hal serupa guna meningkatkan pengunjung mereka?




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.