Beberapa Dokter Mempertanyakan Fitur Kesehatan Pada Apple Watch

822

Apple Watch Series 4 yang baru saja dirilis (12/09/18) pada event peluncuran iPhone XS, membawa serangkaian pertanyaan dari beberapa dokter mengenai fitur kesehatan yang ada dalam jam tangannya karena akan membuat pemakai ketakutan.

Presiden Asosiasi Jantung Amerika, Ivor Benjamin, berada di Teater Steve Jobs dalam promosi Apple Watch Series 4,  yang ia gambarkan sebagai “game-changing.” Komentar dan pujiannya terfokus khusus pada salah satu fitur baru yang paling keren dan berpotensi menyelamatkan kehidupan yaitu adanya sensor yang dapat melakukan elektrokardiogram di sana dari pergelangan tangan Anda.

Sejalan dengan itu, Apple mengatakan model Apple Watch yang penuh fitur tersebut dilengkapi dengan akselerometer dan giroskop baru, yang dapat digunakan untuk mendeteksi “jatuh” dengan keras. Sensor detak jantung elektrik juga menggunakan ECG menggunakan aplikasi ECG baru yang menurut Apple telah mendapat stempel persetujuan dari FDA, Food and Drug Administration atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat.

Sementara itu, dokter seperti Ethan Weiss, profesor di Institut Penelitian Kardiovaskular di Universitas California San Francisco, mengkuatirkan kemungkinan beberapa pasien sehat akan ketakutan atau bahkan salah menafsirkan data yang diberikan oleh Apple Watch dan bergegas ke UGD atau kantor dokter mereka. Ini berarti bisa terjadi kecenderungan pengguna untuk bereaksi berlebihan ketika mereka mulai meneliti web untuk memahami gejala ringan yang mereka miliki dan dengan cepat yakin bahwa itu adalah sesuatu yang serius.

Apple COO Jeff Williams mendeskripsikan jam tangan baru – Seri 4 yang akan tersedia untuk dipesan mulai 14 September, menyebutnya sebagai “intelligent guardian for your health” atau penjaga yang cerdas bagi kesehatan Anda. Di antara fitur-fitur lainnya, pengguna akan dapat untuk menyentuh mahkota digital jam dan setelah 30 detik mendapatkan klasifikasi irama jantung, yang dapat mengetahui apakah jantung berdetak normal atau jika ada tanda-tanda Fibrilasi Atrium. Yang terakhir adalah kondisi jantung yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan utama.

Apple mengatakan bahwa semua rekaman, klasifikasi terkait dan semua gejala yang tercatat disimpan dalam aplikasi Kesehatan seluler dalam PDF yang dapat dibagikan dengan dokter. Dengan watchOS 5, Apple Watch juga sebentar-sebentar akan menganalisis ritme jantung dan mengirimkan pemberitahuan jika irama jantung yang tidak teratur terdeteksi.

Dalam sebuah wawancara dengan CNBC, Patricia K. Nguyen, asisten profesor kedokteran di divisi kardiovaskular di Stanford, setuju dengan Ivor dan menggunakan bahasa atau istilah “game-changing”. Namun dia mengatakan kepada jaringan berita bisnis ada beberapa hal yang masih ingin dia ketahui sebelum dia akan merekomendasikannya kepada pasien.

Dia ingin tahu data apa yang diberikan Apple kepada FDA, sesuatu yang dokter sering kali ingin melihatnya secara langsung daripada mengambil hasil nilai dari izin FDA. Dia juga ingin melihat bahwa Apple Watch tidak memberikan banyak kesalahan positif, dia ingin tahu seberapa beragamnya pasien yang ditentukan oleh Apple untuk melakukan test dan apakah jam berfungsi dengan baik saat orang-orang bergerak, bukan saat istirahat.

Beberapa laporan telah menggambarkan jam tangan baru ini sebagai dasar dokter jantung portabel yang berada dalam jangkauan pergelangan tangan Anda setiap saat. Meskipun banyak yang meragukan, Apple pasti banyak mendapatkan banyak pujian atas apa yang mereka coba dalam hal ini, karena fitur baru ini juga mencakup hal-hal seperti panggilan 911 otomatis (no telepon darurat di Amerika Serikat) yang dibuat jika penurunan terdeteksi dan pengguna tidak merespon dengan cepat.