Baru Dari WhatsApp ! Group Video Calling dan WA Bisnis Untuk Profil Usaha Anda

1936

Dalam 5 bulan ini Facebook sebagai pemilik WhatsApp yang menjadi salah satu aplikasi chat terbesar di dunia, sudah membuat pembaharuan pada aplikasi dan fiturnya agar agar pengguna selalu memakai aplikasi yang satu ini. Bulan Januari 2018, Facebook mengeluarkan aplikasi baru yaitu WhatsApp Business.

Di awal Mei lalu, Zuckerberg saat berada di Konferensi Facebook F8, konfrensi para developer yang membuat aplikasi pada platform sosial media, mengumumkan bahwa WhatsApp kini memiliki opsi fitur untuk bisa melakukan group video Calling, jadi memungkinkan pengguna untuk menelepon ke sekian banyak pengguna lain sekaligus, tidak hanya mengobrol dengan teman saja tapi bisa juga berbicara bisnis.

WhatsApp Business

Maraknya usaha kecil dan menengah di Indonesia, terutama jual beli online, menjadikan pengusaha menginginkan profil bisnis mereka bisa ditampilkan sedemikian rupa kepada teman dan publik. Pihak Facebook menyatakan WA Bisnis ini untuk mempermudah perusahaan agar terhubung dengan pelanggannya untuk membicarakan bisnis mereka dengan lebih nyaman.

Sudah tidak aneh memang WhatsApp digunakan untuk keperluan bisnis, di mobile atau pun WhatsApp Web yang bisa tampil dalam PC atau pun laptop. Aplikasi WhatsApp Buisness ini merupakan aplikasi tersendiri dan mesti Anda instal dari Google Play Store atau App Store.

Jadi apa bedanya dengan Whatsapp Personal?

  • Tampilan Profil pada WA Business yang utama tentunya tertera Business Account, artinya ini bukan WA personal yang biasa anda pakai.
  • keterangan bisnis dan dan alamat yang ditujukan dalam peta.
  • web akses yang artinya profil akan menampilkan antara lain tautan untuk menuju akun Facebook atau situs usaha anda apakah itu olshop, jasa, dan sebagainya,
  • Report/laporan yang berisi tentang statistik pesan bisnis, namun belum diketahui detail seperti apa statistik ini.
  • Aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk membuat sebuah greeting message dan quick reply atau balasan otomatis tentang pertanyaan yang sering diajukan klien atau pelanggan.
  • Pesan Broadcast untuk promo bisnis atau produk Anda.
  • Seandainya anda ingin juga menghapus akun bisnis ini, sudah tersedia tombol untuk menghilangkannya.

Jangan lupa, ketika anda mengetikkan nomor telepon untuk WA bisnis, Anda tidak bisa memasukkan nomer yang sudah teregister di nomer WhatsApp Personal anda. Artinya Anda harus memutuskan, nomer yang sekarang anda pakai mau dibuat menjadi nomer bisnis atau personal. Tidak bisa satu nomer telepon dipakai bersamaan di WA bisnis dan WA personal.

 

WhatsApp Group Video Calling

Ini bisa jadi salah satu yang ditunggu-tunggu karena dengan adanya fitur ini, kita bisa bersama teman atau pun rekan bisnis bisa melakukan video calling dengan empat orang sekaligus. Bagi Anda yang tidak suka banyak mengetik di grup, mungkin fitur ini bisa menjadi alternatif untuk menyampaikan sesuatu langsung dengan beberapa orang dengan tatap muka.

Bagusnya tidak hanya Group Video Calling, tapi juga Voice bisa dilakukan sama persis tapi tentu namanya voice hanya suara saja. Kedua fitur ini bisa dipakai ibarat telekonferensi dengan teman atau rekan bisnis.

Peluncuran fitur Group Video Calling ini  secara menyeluruh ke pengguna WhatsApp yang mencapai 1,5 milyar user ini akan dilakukan gradual. Jadi belum ada pembaharuan atau update-an yang bisa langsung diunduh oleh semua pengguna, tapi baru sebagian saja yang bisa. Zuckerberg juga mengatakan bahwa lebih dari 2 milyar menit video dan voice calling dilakukan dalam satu hari dengan menggunakan WhatsApp.