ASUS ROG Phone, RAM 8GB, Storage 512GB, Mobile Gaming Tercepat Di Dunia

378

Computex selalu saja ada kejutan. Kali ini Asus membawa kabar baik buat para gamers dengan dirilisnya ASUS ROG PHONE. Perangkat android pertama yang menggabungkan chipset Snapdragon khusus dengan air coller untuk menghasilkan frame rate atau gambar yang halus. Tampilan HDR visual dengan paduan kecepatan tinggi, air triggers yang dapat di program dan desain perangkat yang tidak biasa tapi terlihat nyaman ketika digenggam.

Sejak didirikan pada tahun 2006, ROG atau Republic of Gamers telah mengejar mandat untuk mendorong batasan-batasan agar dapat memberikan pengalaman bermain yang lebih baik. ASUS memulainya dengan motherboard, menyebar ke hampir setiap komponen desktop, dan telah membangun laptop gaming hardcore selama lebih dari satu dekade.

Belum terbayang seperti apa? Yuk kita simak video dan spesifikasinya.

Kinerja adalah hal terpenting bagi pemain kompetitif yang harus tetap selangkah lebih maju dari lawan mereka, dan untuk pemain sehari-hari yang tidak ingin hal kecil merusak permainan mereka. Seperti flagships lainnya, ROG Phone didasarkan pada Snapdragon 845 SoC Qualcomm terbaru, yang memiliki delapan inti CPU Kryo dan grafis Adreno 630 memiliki daya kuda yang cukup untuk game-game terbaru.

Asus tentunya berpikiran daripada mengambil prosesor standar, lebih baik untuk mendapatkan versi binned yang dipilih secara khusus karena kemampuannya untuk berjalan pada frekuensi yang lebih cepat. Eksklusif untuk ROG Phone, chip khusus ini memiliki hingga 2.96GHz, hampir 200MHz lebih tinggi dari stok, menjadikannya platform seluler tercepat Qualcomm!

Karena ini dikhusukan untuk gaming, tentunya Ponsel juga harus bertahan seharian, dan Snapdragon 845 secara agresif mengurangi kecepatan clock selama periode idle, dan menyeimbangkan beban kerja antara core CPU berkinerja tinggi dan hemat daya. Sementara langkah-langkah ini secara dramatis meningkatkan daya tahan baterai, mereka juga dapat memperkenalkan penundaan kecil yang memperlambat permainan Anda.

Untuk mencegah berbagai gangguan, ASUS mengembangkan X Mode, yang meningkatkan kecepatan clock minimum untuk menjaga CPU tetap pada jari-jari kakinya, dan membatasi tugas ke empat core tercepat chip untuk memastikan kinerja maksimum. Anda dapat mengaktifkan mode ini langsung dari menu Pengaturan Cepat atau mengonfigurasi Game Center untuk mengaktifkannya secara otomatis saat menjalankan game favorit Anda dan aplikasi lain yang perlu ditingkatkan.

Prosesor yang kuat menghasilkan panas yang signifikan ketika menjalankan game mutakhir, yang sering menyebabkan pelambatan termal yang mengubah alur permainan yang mulus menjadi tayangan slide yang gagap. Sistem GameCool baru ASUS dengan penyebar panas tembaga dan 3D chamber yang secara efisien memindahkan panas jauh dari SoC. Jika Anda menginginkan ekstra, AeroActive Cooler opsional meniupkan udara ke belakang untuk mempercepat pembuangan panas ke lingkungan. Pendingin tambahan ini ada di kotak dan menurunkan permukaan ponsel dan suhu prosesor yang cukup untuk meningkatkan kinerja berkelanjutan untuk sesi permainan yang sangat berat.

Soal layar, Asus menolak untuk berkompromi. Performa yang lebih baik berarti lebih banyak frame per detik, tetapi refresh rate yang lebih tinggi diperlukan untuk benar-benar melihatnya. Layar lapang ROG Phone 6 “refresh pada 90Hz, memungkinkannya untuk menggambar 50% lebih banyak frame dari layar smartphone biasa. Tampilan grafis dan gim dan terasa lebih halus dalam judul yang dioptimalkan untuk tingkat penyegaran tinggi.

Beberapa layar ponsel dengan high-refresh mengalami transisi piksel yang lebih lambat yang meninggalkan bayangan buram yang mengikuti di belakang objek bergerak, tapi ROG Phone memakai ultra fast AMOLED yang memiliki respon waktu satu mili seken sama dengan kecepatan pixle-flipping ROG Swift PG258Q esports monitor yang masak dalam kelas kompetisi. Grafisnya jernih bahkan meski dalam kecepatan tinggi dan berbgaia orientasi aksi dengan berbagai macam gerakan.

Lebih dari sekadar mobile gaming lainnya

Banyak hal yang menjadikan ROG Phone istimewa untuk bermain game memiliki daya tarik yang lebih luas untuk penggunaan sehari-hari. Prosesor yang dipompa sangat cocok untuk pengguna daya yang melakukan segalanya pada perangkat seluler mereka, terutama ketika dipasangkan dengan RAM 8GB dan hingga 512GB penyimpanan UFS 2.1 yang cepat. Tampilan yang lebih cepat menambahkan lapisan polish yang mewah untuk aktivitas sehari-hari seperti menggulir cepat melalui situs web dan feed sosial, dan aspek rasio 18: 9 membuat tubuh lebih sempit dan lebih mudah untuk dipegang. Gorilla Glass melindungi layar dari kerusakan yang tidak disengaja, sementara desain kedap air melindungi tubuh terhadap infiltrasi cairan.

Speaker ganda yang menghadap ke depan menggunakan teknologi Smart Amp untuk menghasilkan lebih banyak volume dengan lebih sedikit distorsi. Sebagai alternatif, Anda dapat memasang headphone analog atau headset ROG Delta Type-C yang baru, dan membenamkan diri Anda dalam suara surround virtual dengan ukuran privasi.
Jaringan terintegrasi adalah yang terbaik, dengan Gigabit LTE seluler, ditambah WiGig-bersertifikat 802.11ad 60GHz WiFi dengan 2×2 MIMO dan WiFi Direct. Port yang dipasang di samping juga mendukung Gigabit Ethernet di atas Type-C, plus HDMI dan USB.

Kedua port Type-C bekerja dengan pengisi daya standar untuk kenyamanan dan kompatibilitas, tetapi keduanya benar-benar bersinar dengan adaptor HyperCharge yang disertakan. Adaptor yang ditingkatkan ini mengintegrasikan IC pengisi daya yang biasanya ada di ponsel, yang meningkatkan pengiriman daya hingga 20W dan menurunkan suhu pengisian untuk handset. Telepon ROG dapat mengisi baterai 4.000 mAh hingga 60% hanya dalam waktu 33 menit dan mencapai 85% hanya dalam waktu satu jam.

Pengisian cepat tentunya ada pada smartphone high-end, termasuk seperti pembaca sidik jari untuk membuka kunci dengan cepat, dan kamera belakang ganda yang yang berada di sebelahnya. Kamera utama menangkap gambar 12MP dengan lensa konvensional, sementara kamera kedua mengambil bidikan sudut lebar 8MP dengan bidang pandang 120 °.

Logo di bagian belakang menambahkan elemen personalisasi eksterior, memancarkan warna yang Anda pilih dengan efek statis, bernapas, dan nyala, atau bersepeda melalui spektrum. Anda dapat menyinkronkan penerangan RGB di hingga lima Telepon ROG secara nirkabel untuk menyamai seluruh anggota skuad Anda. Pencahayaan juga disinkronkan dengan aksesori opsional yang dipasang ke konektor yang dipasang di samping.

Dock, lebih dari smartphone

Mobile Desktop Dock memungkinkan Anda membangun desktop lengkap di sekitar ROG Phone, termasuk memasang monitor 4K, Gigabit Ethernet, speaker 5.1-channel, dan setumpuk perangkat USB. Buat para gamer ini bisa membuat anda lebih cekatan menghancurkan saingan Anda menggunakan keyboard dan mouse. Keunggulan kompetitif ini tersedia jika Anda menginginkannya.

Alih-alih menempatkan Telepon ROG di meja, Dock TwinView membawanya di jalan dalam paket genggam lengkap dengan layar lain. Tampilan sekunder identik dengan yang ada di telepon, memberi pengembang game lebih banyak real estat untuk menampilkan peta, inventaris, dan informasi penting lainnya. Pemain memiliki ruang untuk secara bersamaan melihat aplikasi lain untuk mengobrol dengan rekan tim, membaca strategi, atau menonton pertandingan lainnya.

Dock TwinView sangat bagus untuk live-streaming, terutama karena ini mencegah jari-jari Anda menghalangi kamera yang menghadap ke depan. Ini juga membutuhkan game lebih lanjut ke wilayah konsol dengan tombol pemicu fisik dan mesin umpan balik haptik ganda. Pendinginan yang ditingkatkan menjaga kinerja pada titik, sementara baterai tambahan besar 6.000 mAh memperpanjang waktu berjalan untuk petualangan seluler Anda.

Dock WiGig mengambil pendekatan yang berbeda untuk layar sekunder dengan menggunakan 802.11ad 60GHz WiFi low-latency untuk menyiarkan sinyal tampilan ke stasiun pangkalan yang dihubungkan ke TV layar besar. Ini berpasangan dengan baik dengan pengendali GameVice pihak ketiga, yang meremas ROG Phone antara bank gamepad joystick tradisional dan tombol untuk mengaktifkan pengalaman seperti konsol yang bekerja dari seberang ruangan di sofa. ASUS belum mengumunkan berapa harganya, tergantung region atau negara. Berapa ya kira-kira harga di Indonesia ?

Spesifikasi ASUS ROG Phone

Processor : Exclusive 2.96GHz octa-core Qualcomm Snapdragon 845 Mobile Platform
GPU : Qualcomm Adreno 630
Display : 6.0“ 18:9 (2160×1080) AMOLED – 90Hz refresh rate with 1ms pixel response time – 108.6% DCI-P3 color gamut and 10000:1 contrast ratio – 10-point multi-touch (supports Glove Touch) – Discrete image processing chip supports HDR
Memory : LPDDR4X 8GB RAM
Storage : UFS 2.1, 128GB / 512GB
Sensors : Accelerometer, e-compass – proximity sensor – Hall sensor – ambient-light sensor – fingerprint sensor – gyroscope – 2 x ultrasonic AirTriggers
Wireless : 802.11a/b/g/n/ac/ad 2×2 MIMO – Wi-Fi Direct and WiGig 802.11ad wireless display support – Bluetooth 5.0 and NFC
GPS : Supports GPS, aGPS, Glonass, BeiDou
Side I/O : Custom USB-C supports USB 3.1 Gen 1, DP 1.4, fast charging (15W) – ASUS HyperCharge direct charging
Bottom I/O : USB-C supports USB 2.0, fast charging (20W), Direct Charge – 3.5mm headphone jack
Cameras : Main: 12MP + 8MP (120° wide-angle) – Front: 8MP
Audio : Dual front-facing stereo speakers with smart amplifier 24-bit/192KHz Hi-Res Audio – DTS Headphone:X 7.1 virtual surround-sound – Qualcomm aptX High-definition Bluetooth® wireless audio
Battery : 4,000mAh
Dimensions : 158.8 x 76.2 x 8.6mm
Weight : 200g