Apple Akan Gunakan iPhone 8 Untuk Sempurnakan Fitur Ikonis Samsung

148

GadgetPlus.ID — Samsung Galaxy S6 hadir dengan desain revolusioner, layar cantik yang “membungkus” bagian sisi. Samsung kemudian menerapkan desain serupa pada perangkat Galaxy S7 dan Note 7, tanpa menjelaskan secara rinci mengapa kita membutuhkan layar lengkung, selain terlihat keren dan terasa nyaman ketika digenggam. Ada juga fitur khusus edge, namun bukan sesuatu yang fundamental.

Tahun ini, ada rumor yang mengatakan bahwa Apple akan mengikuti jejak Samsung. Setidaknya satu varian iPhone 2017 diramalkan dibekali layar lengkung. Mengacu pada berbagai paten, Apple sudah berkutat dengan teknologi ini selama bertahun-tahun. Pengajuan hak paten baru membuktikan raksasa teknologi asal Cupertino tersebut tengah bekerja untuk menyempurnakan edge.

Ditemukan oleh Apple Insider, aplikasi paten berjudul Electronic Devices With Display and Touch Sensor Structures mendeskripsikan perangkat yang akan mengusung layar lengkung di bagian sisinya. Diajukan pada 19 Mei 2016, di dalam paten tertulis bahwa layar lengkung dapat memperluas area layar yang bisa dilihat sekaligus menyajikan informasi—ini tidak ditemukan pada edge milik Samsung. Tapi itu bukan satu-satunya fitur layar edge.

01

“Tantangannya adalah menghimpun input sentuhan dari pengguna sekaligus menampilkan gambar secara efisien,” jelas Apple. “Misalnya, ketika pengguna memberi input sentuhan ke layar sentuh, tangan pengguna bisa menghalangi gambar yang ditampilkan pada layar. Tombol dan perangkat input lainnya bisa saja digunakan untuk menghimpun input dari pengguna, namun jenis perangkat input ini mungkin tidak senyaman dan sefleksibel sensor sentuhan. Layar kadang-kadang tidak bisa dilihat dari sudut-sudut tertentu dan mungkin lebih kecil dari yang diinginkan.”

Apple juga menjelaskan bahwa dinding edge bisa mengakomodasi tombol-tombol virtual di bawah layar. Tombol-tombol tersebut bisa menggantikan tombol fisik yang terdapat pada sisi kiri dan kanan model iPhone saat ini, mencakup tombol mute serta volume, dan tombol standby.

02

Input sentuhan pada bagian sisi dinding perangkat bisa digunakan sebagai kontrol untuk kamera (contohnya input tombol shutter virtual), bisa digunakan sebagai input pada skenario tombol virtual lain, bisa digunakan untuk mengimplementasikan tombol geser volume atau tombol geser untuk mengontrol pengoperasian perangkat lainnya (misalnya tingkat kecerahan layar, pengaturan warna, pengaturan kontras, dan lain-lain),” tulis Apple.

03

Layar lengkung bisa memiliki berbagai bentuk edge dan tidak selalu harus membulat. Apple juga menjelaskan di dalam patennya bahwa edge bisa saja diterapkan pada perangkat lipat. Keramik dan kaca safir adalah beberapa material yang dapat digunakan untuk membuat layar lengkung.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.