Apa Yang Perlu Diketahui Tentang Pelacakan Lokasi Google Pada Ponsel Anda

618

Adanya berbagai pertanyaan tentang apakah Google tetap melacak lokasi kita meskipun telah mematikan pengaturan tentang riwayat lokasi pada ponsel yang kita miliki. Dilansir Dari Wahsington Top News yang diambil dari The Associated Press, menguraikan tentang kerumitan berbagai sistem pelacakan lokasi Google yang menciptakan “kehebohan” bagi pengguna dan beberapa lembaga pemerintah, termasuk jaksa agung Arizona, Amerika Serikat.

Banyak informasi tentang Google Tracking ini membuat kebingungan atau menyesatkan hingga timbul banyak pertanyaan bagaimana lokasi kita dilacak oleh Google.

Kontrol perangkat, web, dan aplikasi

Disasari atau tidak, sebagian besar dari kita banyak menggunakan begitu banyak produk Google. Tidak ada satu tombol untuk mengendalikan segala sesuatu yang sedang dilacak. Banyak pengguna mungkin berasumsi bahwa mereka menjeda/ “paused” atau menghentikan setingan histori lokasi di ponsel cerdas Android mereka yang mengontrol apa yang dilacak oleh Google – tetapi bukan itu masalahnya.

Pengaturan ini hanya menghentikan perangkat Anda untuk menyimpan riwayat lokasi Anda, tetapi pengaturan lain akan mengontrol apa yang dilacak dan disimpan oleh Google sebagai tambahan.

Foto ponsel menampilkan perjalanan pengguna di New York. Google merekam gerakan Anda bahkan ketika Anda secara eksplisit memberitahukannya untuk tidak melakukannya. Investigasi Press Associated menunjukkan bahwa menggunakan layanan Google pada perangkat Android dan iPhone memungkinkan Google untuk merekam keberadaan Anda saat Anda menjalani hari Anda. (Foto AP / Seth Wenig)

Sejumlah proses pelacakan ini digunakan untuk membantu produk populer seperti Google Maps, Penelusuran, Chrome, Asisten, dan Cuaca, yang tidak terkait dengan riwayat lokasi perangkat Anda.

Kecuali Anda secara khusus membuka pengaturan aktivitas web dan aplikasi dan secara manual melakukan perubahan, banyak dari pelacakan ini diaktifkan secara default sehingga banyak produk yang kami gunakan berfungsi sepenuhnya setiap hari.

Jika Anda setuju dengan memasukkan secara manual lokasi Anda saat ini dan tujuan yang diinginkan setiap kali Anda menggunakan program pemetaan apa pun, maka Anda akan baik-baik saja jika Anda mematikan semua pengaturan lokasi.

Mematikan (atau menjeda) semua pengaturan yang memungkinkan beberapa bentuk pelacakan juga akan menonaktifkan personalisasi untuk berbagai alat, jadi pastikan Anda memahami apa yang Anda jeda dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi alat yang ingin Anda gunakan.

Baik Asisten Google dan Google Home adalah item yang akan sangat terpengaruh ketika semuanya telah dimatikan.

Menjeda tidak menghapus riwayat

Jika Anda ingin menyingkirkan data yang sudah dikumpulkan Google, Anda perlu mengambil beberapa langkah tambahan dengan membuka halaman “Aktivitas Saya” Google dan mengklik tiga titik vertikal di sudut kanan atas setiap bagian.

Jika Anda ingin melakukan lebih dari satu penghapusan global, Anda akan ingin menemukan tiga titik vertikal di kolom biru di bagian atas halaman. Ketika Anda mengkliknya, cari opsi “delete activity by” .

Anda dapat menghapus hasil menggunakan kata kunci atau nama produk jika Anda ingin selektif atau menghapus semuanya untuk semua produk dengan memilih “semua waktu” dan “semua produk” di bagian “hapus berdasarkan tanggal”.

Pengguna iPhone pun termasuk yang dilacak

Google melacak pengguna terlepas dari perangkat apa yang mereka gunakan, jadi hanya karena Anda menggunakan iPhone tidak berarti Anda tidak terkena dampak.

Jika Anda memiliki akun Google yang Anda gunakan di iPhone, semua pengaturan yang diuraikan di atas masih berlaku untuk Anda. Jika Anda menggunakan Google Maps daripada Apple Maps, Anda dapat mengubah pengaturan lokasi menjadi “saat menggunakan” untuk mencegah Google mengakses lokasi Anda ketika aplikasi tidak aktif. Caranya : Pengaturan => Privasi => Layanan Lokasi kemudian ketuk di Google Maps.

Link untuk melihat Jejak Google dengan akses menggunakan email google Anda.

Lokasi histori : https://maps.google.com/locationhistory

My Activity Google : https://myactivity.google.com/