Teknologi 5G

Apa Saja Keunggulan Teknologi 5G?

124

Ketika Indonesia baru saja menikmati jaringan LTE, teknologi 5G sudah digaungkan di ajang Mobile World Congress 2016 yang baru saja berakhir. Dikabarkan 5G akan memberikan kecepatan teknologi nirkabel yang 100 kali lebih cepat daripada jaringan tertinggi saat ini. Bahkan akan jauh lebih cepat dengan apa yang dijanjikan oleh Google Fiber.

Presiden Utama Qualcomm, Cristiano Amon, mengatakan kalau teknologi 5G ini akan membawa konektivitas nirkabel ke level yang jauh lebih tinggi daripada yang seakarang. Tetapi Anda jangan dulu bersorak-sorai karena pengembangan 5G untuk mobile tidak akan terjadi sampai 2018. Pun begitu, tidak ada salahnya kita menengok dulu apa saja keunggulan yang ditawarkan oleh teknologi ini.

Gaming Experiences

Teknologi 5G

Ketika Virtual Reality (VR) serentak hadir di era sekarang, Anda mungkin ingin bermain game VR dengan teman yang ada di belahan Bumi yang lain. Atau jika Anda tengah sekolah di Korea Selatan dan rindu kampung halaman, Anda mungkin ingin melihatnya melalui VR. Teknologi 5G akan mengatasi kendala jaringan tersebut dengan sangat mudah. Hampir seperti membalikkan telapak tangan.

Keterkaitan antara 5G dengan VR juga diungkapkan oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg, saat ia mencuri perhatian di acara Samsung di MWC 2016 kemarin. Ia berharap VR akan menjadi aplikasi andalan untuk 5G.

Self-Driving Cars

Teknologi 5G juga akan mengakomodasi “self-driving cars” atau mobil yang bisa berkendara secara otomatis. Baik saat mobil ini menggunakan pengendali supat, memilih berbelok di perempatan, atau menyapa pengendaranya yang tengah duduk bersantai di dalamnya.

Teknologi 5G

Tidak hanya itu, ketika mobil sudah memiliki sensor dan kamera sendiri, meski tidak ada rambu lalu lintas mobil-mobil tersebut tidak akan saling bertabrakan. Jika terjadi kecelakaan, semua video footage dari berbagai sudut juga akan tersedia.

Baca Juga: Uji Coba Jaringan 5G di Jepang Capai Kecepatan 2Gbps

Remote Health Care & Video Conference

Bidang Kedokteran juga akan kecipratan teknologi 5G yang paling bermanfaat. Seorang dokter bisa melakukan operasi atau intruksi dari jarak jauh tanpa harus delay panjang selama sepersekian detik. Waktu delay-nya akan sangat tipis sampai-sampai seorang dokter bisa mengendalikan robot yang tengah mengoperasi pasien dengan jarak 1500 km.

Bayangkan Anda melakukan konferensi video dengan kekasih atau keluarga dengan video yang super tajam seolah-olah mereka ada di dekat Anda. Teknologi 5G memungkinkan siapa pun melakukan konferensi video dengan sangat real.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.