Android 7.0 Nougat

Android 7.0 Nougat dan 7 Hal yang Harus Anda Ketahui

283

GadgetPlus.ID, Jakarta – Android 7.0 Nougat adalah versi terbaru dari sistem operasi andalan Google yang datang dengan sejumlah fitur baru. Semenjak hadirnya Android 5.0, kita sebagai pengguna telah disuguhkan dengan tampilan baru beserta seluruh animasinya yang terlihat sangat keren. Tak hanya dari segi visual, penambahan fitur penting seperti optimisasi baterai pun tak kalah penting. Ingin tahu lebih banyak? Inilah Android 7.0 Nougat dan 7 hal yang harus Anda ketahui.

[nextpage title=”Proses Update Lebih Cepat”]
Ketika Anda mendapatkan notifikasi update pada baris notifikasi, Anda harus menyentuhnya secara manual dan perangkat akan melakukan pembaruan pada sistem operasi. Proses menunggu setelah update terlaksana dapat dikatakan cukup lama, belum lagi proses optimisasi aplikasi.

Kini, pada Android 7.0 Nougat, perangkat dapat melakukan pembaruan secara otomatis di belakang layar. Anda tetap bisa beraktifitas dengan perangkat tanpa harus melakukan semuanya secara manual. Fitur ini terinspirasi dari produk Chromebook yang mana lebih awal memiliki fitur seamless update.

[nextpage title=”Multi-window Multitasking”]
Kadang, Anda diharuskan untuk melakukan dua hal sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan adanya fitur Multi-window. Terdengar familiar? Ya, fitur ini lebih dulu hadir pada perangkat Samsung dan juga LG. Fitur ini telah disempurnakan oleh Google sehingga semua aplikasi dapat menikmatinya.

Ketika mengaktifkan fitur ini, Anda akan disuguhkan dengan dua tampilan aplikasi pada layar perangkat. Anda pun dapat memperbesar atau memperkecil salah satu aplikasi yang sekiranya lebih membutuhkan ukuran yang lebih. Fitur ini akan sangat berguna bagi Anda yang memiliki perangkat dengan dimensi layar yang besar.

[nextpage title=”Notifikasi yang Lebih Pintar”]
Dengan Android Nougat, Anda dapat membalas pesan, langsung pada baris notifikasi. Pengguna tidak perlu repot-repot membuka aplikasi, cukup, tarik notifikasi ke bawah, dan ketik kata-kata yang diinginkan.

[nextpage title=”Efisiensi Data, Baterai, dan Memori”]
Penggunaan data yang berlebihan tentunya akan menguras dompet Anda. Dengan Android Nougat, hal ini dapat dihindari. Ketika Anda sedang menggunakan data seluler, Anda bisa mengaktifkan fitur Data Saver untuk memblokir penggunaan data dari aplikasi yang Anda inginkan. Contohnya, memblokir akses untuk aplikasi jejaring sosial yang sering melakukan pembaruan di balik layar.

Hadirnya Android 7.0 Nougat pun diselipi oleh “Project Doze” yang merupakan salah satu fitur rahasia Google. Fitur ini akan meminimalisir penggunaan baterai ketika layar perangkat Anda sedang tidak menyala. “Project Doze” pertama kali muncul pada Android versi 6 atau Marshmallow. Pada versi terdahulu, fitur ini hanya berjalan ketika perangkat berada dalam keadaan diam di satu tempat, contohnya ketika sedang berada di atas meja. Kini, “Project Doze” bisa mengoptimisasi penggunaan baterai, ketika smartphone berada di dalam kantong dan juga tas.

Untuk penggunaan memori, Google telah menyisipkan “Project Svelte”. Fitur ini telah menyempurnakan penggunaan memori yang mana akan memilah aplikasi mana yang sekiranya Anda butuhkan. Semakin lama Anda menggunakan perangkat, Android dapat memahami perilaku penggunaan Anda dan menjadi lebih pintar dalam menganalisa pola penggunaan Anda sebagai pengguna. Hal tersebut akan membuat perangkat lebih cepat dan juga hemat daya baterai.

[nextpage title=”Emoji!”]
Dengan bertambahnya 72 emoji baru, kini Android 7.0 memiliki lebih dari 1.500 emoji. Semua emoji memiliki tampilan baru untuk membuatnya terlihat lebih manusiawi. Jika pada versi sebelumnya emoji tampak terlalu kartun, maka kini Anda akan melihat kumpulan emoji yang lebih nyata.

[nextpage title=”Keamanan”]
Dengan semakin pentingnya fungsi ponsel, kita semua pasti menyimpan banyak data penting. Mulai dari foto, video, berkas, dan juga data-data transaksional. Apabila Anda memilih pengaturan password dan PIN, Anda tidak dapat mengakses aplikasi-aplikasi yang sifatnya penting, namun beberapa aplikasi seperti dialer dan message dapat tetap berjalan. Semua aplikasi akan terenkripsi untuk menjaga privasi Anda. Yang membuatnya lebih baik lagi ialah fitur ini tersinkronisasi dengan Android Device Manager untuk membuatnya semakin aman.

[nextpage title=”Lebih Banyak Opsi Penggunaan”]
Setiap pengguna pasti memiliki preferensinya masing-masing. Oleh karena itu Android 7.0 Nougat telah memperbarui fitur Accessibility. Kini pengguna dapat memilih cara pengoperasian zooming, mengatur ukuran teks, menggunakan fitur TalkBack dan juga opsi resolusi. Hal-hal seperti ini memang bukan fitur yang besar, namun penting bagi yang membutuhkan.

Baca Juga:

Seri Xperia Apa Saja Yang Akan merasakan Android 7.0 Nougat?

Spesifikasi “Marlin” Terungkap




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.