Album 25 Adele

Album 25 Adele Tidak Akan Hadir di Layanan Streaming

167

Dari piringan hitam, kaset, CD, hingga MP3, musik telah mengalami berbagai tahapan perkembangan. Kini, orang tidak perlu lagi bersusah-susah membawa walkman, CD Player, hingga pemutar MP3.

Cukup ambil smartphone, buka aplikasi layanan streaming musik, dan Anda tinggal memilih lagu atau artis mana yang ingin musiknya didengar. Layanan seperti ini tentu saja tidak hanya menyediakan puluhan atau ratusan artis saja, tapi hingga ribuan sehingga menjangkau berbagai kalangan dan penyuka genre yang berbeda.

Namun, jangan harap bahwa Anda dapat mendengar album terbaru Adele di layanan streaming musik, seperti Spotify atau Apple Music. Hal ini disebabkan penyanyi kelahiran Inggris ini merasa bahwa streaming bukanlah cara yang tepat untuk mendengarkan musik. “Saya tidak menggunakan streaming. Saya mengunduh musik dan membeli kopi fisiknya. Bagi saya, streaming itu mudah dibuang. Seharusnya musik itu didengarkan secara khusus. Saya tahu bahwa musik streaming adalah masa depan, tetapi itu bukan satu-satunya cara mendengarkan musik.”

25 sendiri sudah terjual lebih dari dua juta kopi di Inggris sejak rilis pada 20 November, namun untuk saat ini, para pengguna layanan musik streaming hanya dapat mendengarkan dua album terdahulu penyanyi berusia 27 tahun ini, 19 dan 21. Bahkan, Adele sendiri tidak peduli bila seandainya album miliknya flop karena ia tidak membukanya untuk layanan streaming. “Sebagai artis aku memiliki pendirian dan aku bangga dengan keputusan tersebut,” ungkap pelantun “Hello” ini. Sebagai informasi, apa yang Adele putuskan ini tidak ia jalani sendiri. Penyanyi country yang kini beralih menjadi pop, Taylor Swift, juga tidak menjalin kerja sama dengan Spotify dikarenakan keprihatinannya terhadap pembayaran royalti yang sempat dipermasalahkan baru-baru ini.

Namun, mengingat perkembangan layanan streaming yang kini kebanyakan dipilih masyarakat, mungkinkah Taylor Swift dan Adele suatu saat akan menyerah juga?

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.