Smartphone China

9 Smartphone China yang Buat Kita Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama

445

Kehadiran vendor smartphone China sudah menjadi ancaman yang menakutkan bagi para vendor lain yang sudah bermain sejak lama, seperti Samsung dan Apple. Kehadirannya yang tidak diam-diam menjadi peringatan sekaligus kekuatan dari jajaran merek asal China ini. Hampir merek-merek tersebut menyediakan spesifikasi yang tidak hanya unggul, tetapi juga dapat dipertaruhkan dengan spesifikasi perangkat yang sudah melanglangbuana ke berbagai penjuru dunia.

Smartphone China

Awalnya, kehadiran smartphone dari Negeri Tirai Bambu  hanya dipandang sebelah mata. Tersandung isu tiru-meniru menjadi salah satu faktor yang membuat smarthone China tidak begitu digubris oleh banyak orang. Namun, keadaan seolah berbalik dan berubah. Xiaomi, Huawei, dan OPPO menjadi tiga merek raksasa asal China yang menyita perhatian jutaan orang di seluruh dunia. Mereka pun bisa dianggap sebagai trio vendor smartphone asal China yang luar biasa.

Anda mungkin menjadi salah satu orang yang sudah menggunakan smartphone China. Mungkin juga Anda tertarik untuk membeli satu di antaranya. Guna memudahkan Anda memilih yang terbaik di antara yang terbaik, kami membeberkan berbagai merek smartphone dari China yang muncul dengan keunggulannya masing-masing.

[nextpage title=”Xiaomi Mi 5″]

Xiaomi Mi 5 diluncurkan di ajang Mobile World Congress 2016 yang diperkenalkan langsung oleh Hugo Barra, Vice President Xiaomi Global. Penampilan Xiaomi di ajang bergengsi di dunia ini merupakan kali pertama vendor asal Tiongkok ini memamerkan teknologi terbaru miliknnya di Eropa. Xiaomi membukukan penjualan sebanyak 70 juta unit smartphone pada tahun 2015 lalu. Di mana flagship sebelumnya, Mi 4, terjual sebanyak 18 juta unit. Menurut data yang dirilis IDC, Xiaomi menjadi vendor ponsel terbesar di Tiongkok.

Smartphone China

Xiaomi Mi 5 dirilis dengan layar IPS berukuran 5,1 inci dengan resolusi mencapai 2K atau 1440 x 2560 piksel yang berjalan pada prosesor Snapdragon 820 serta RAM sebesar 4GB. Spesifikasi lain dari smartphone China ini yang diunggulkannya adalah kamera utama 16MP yang menggunakan sensor dari Sony. Kameranya menjadi kamera Xiaomi pertama yang menggunakan teknologi DTI guna memerangkap cahaya yang masuk ke setiap piksel gambar. Kamera utamanya juga mampu merekam video 4k. Sementara untuk kamera sekundernya, Mi 5 membenamkan kamera sekunder 4MP.

Fitur baru yang juga diperkenalkan ke smartphone China ini adalah sensor sidik jari di tombol Home milikinya. Untuk prosesor grafisnya, Mi 5 membenamkan Adreno 530 dengan pilihan memori UFS 2.0 sebesar 128GB. Baterainya berdaya 3000mAh yang terbilang besar. Prosesor Qualcomm Snapdragon 820 yang dibenamkan ke dalam Mi 5 diklaim akan memberikan performa yang 200% lebih baik, serta konsumsi daya yang 50% lebih hemat. Melalui pengujian AnTuTu, Xiaomi Mi 5 mencetak angka 142,084. Sedangkan pengujian GPU 3D, Adreno 530 yang dipasang sebagai GPU mencetak poin 50.000, jauh di atas Samsung Galaxy S6.

Mi 5 juga menjadi perangkat Xiaomi yang menggunakan UFS 2.0 Flash Memory yang memberikan kecepatran read dan write yang jauh lebih cepat ketimbang eMMC. Di sisi lain, konektivitas yang diusung oleh ponsel ini adalah 4G+ atau LTE Advance yang mampu menyajikan kecepatan unduh hingga 600MB per detik.

[nextpage title=”Huawei Mate 8″]

Spesifikasi Huawei Mate 8 memang terbilang istimewa pasalnya perangkat ini membawakan bentang layar luas yang telah didukung sensor sidik jari. Di samping itu, sistem operasi yang dijalankan menggunakan Android Marshmallow dengan performa handal dan responsif. Smartphone China ini memiliki layar yang cukup luas yakni 6.0 inchi 2.5D yang melengkung di setiap ujungya. Layar luas tersebut menggunakan panel IPS-NEO LCD capacitive touchscreen dengan kedalaman mencapai 16 juta warna dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel.

Smartphone China

Smartphone China ini dipersenjatai oleh chipset HiSilicon Kirin 950 yang merupakan besutan Huawei dimana disandingkan bersama processor Octa-core yang terdiri dari Quad-core 2.3 GHz Cortex-A72 yang cukup resposnif dan CPU quad-core 1.8 GHz Cortex A53 yang lebih hemat daya. Selain itu kinerja Huawei Mate 8 juga didukung dengan grafis menawan dari Mali-T880 MP4 sehingga visual grafisnya lebih mulus.

Kinerja Huawei Mate 8 dengan harga kelas atas ini diperkuat oleh RAM 3 GB dan juga tersedia varian RAM 4 GB. Hal yang menarik lainnya dari Huawei Mate 8 adalah ia memiliki Dual Kamera dari Sony IMX298 Exmor RS. Untuk kamera belakangnya memiliki resolusi 16 MP yang mampu menghasilkan kualitas foto mencapai 5312 x 2988 pixels. Untuk video rekaman ia mampu merekam video beresolusi 1080p@30fps.

[nextpage title=”Lenovo Zuk Z2 Pro”]

Dengan layar 5,2 inci berteknologi AMOLED HD, smartphone China Lenovo Zuk Z2 Pro menggoda pecinta smartphone dengan keunggulan lain yang kerap didapatkan dari smartphone flagship kelas pertama. Kamera utama beresolusi 13 MP memiliki aperture f/1.8 yang mampu menyediakan sudut pandang yang luas. Tidak berhenti sampai di sana, baterainya yang berkapasitas 3100mAH menjamin daya tahan perangkat yang panjang dalam satu kali pengisian tenaga. Di samping itu, teknologi Quick Charge 3 pun disematkan agar menghemat waktu pengisian daya.

Smartphone China

Beralih ke sektor desain, Lenovo Zuk Z2 Pro menjadi perangkat pertama yang menggunakan bodi kaca 3D sepenuhnya sehingga seluruh permukaan kacanya menawarkan konsep desain yang paling ergonomis. Kembali ke urusan layar, Zuk Z2 Pro membenamkan layar AMOLED dari Samsung full HD dengan sudut pandang hingga 178 derajat. Guna meningkatkan saturasi warna layarnya, Z2 Pro menyediakan perangkat dengan layar berwarna NTSC 100% berdefinisi tinggi, serta layar dengan reproduksi warna 100% sRGB.

Selain perangkat dengan RAM 6GB, Lenovo pun menyediakan varian yang lebih terjangkau dengan RAM 4GB. Sebagai tambahan ruang penyimpanan Lenovo Zuk Z2 Pro tersedia pula dalam dua pilihan, yakni 64GB dan 128GB. Guna memberikan kenyamanan dalam memanfaatkan jaringan konektivitas, smartphone China ini juga melengkapi diri dengan koneksi LTE dan USB 3.1 Type-C.

[nextpage title=”Meizu Pro 5″]

Smartphone China ini merupakan model pertama dalam lini produk baru “Pro” dari Meizu yang mengincar segmen pasar premium, terpisah dari seri “M” dan “MX” dari pabrikan yang sama. Pro 5 memiliki tampang yang mirip dengan ponsel-ponsel seri lain dari Meizu. Pabrikan tersebut kini menerapkan cangkang berbahan logam sehingga Pro 5 terasa dingin. Smartphone ini pun terasa solid dalam genggaman, sekaligus sedikit berat karena ukuran layarnya memang termasuk besar (5,7 inci dengan resolusi 1920×1080).

Meizu Pro 5 diperkuat prosesor octa-core 64-bit (Samsung) Exynos 7420, RAM DDR4 4 GB, serta media penyimpanan internal dengan flash memory tipe EFS 2.0 berkapasitas 32/ 64 GB. Adapun sistem operasi yang digunakan Pro 5 adalah Android 5.1 berlapis antarmuka Flyme 5.0 terbaru dari Meizu. Unit smartphone di arena peluncuran masih berbasis Flyme 4.5, tapi Meizu menjanjikan Pro 5 akan dirilis ke pasaran dengan UI Flyme versi teranyar. Di China, Meizu Pro 5 dibanderol dengan harga 2.799 yuan atau sekitar Rp 6,5 juta untuk versi 32 GB.

[nextpage title=”OPPO R7″]

Oppo R7 juga mengusung teknologi terbaik pada layarnya. Kali ini, Oppo menggunakan layar berjenis AMOLED Capacitive Touchscreen yang dipastikan akan menampilkan visualisasi menawan pada penggunanya. Selain berteknologi tinggi dan cukup lebar, layar pada Oppo R7 ini juga memiliki resolusi 1080 x 1920 pixels dengan tingkat kerapatan mencapai 424 ppi pixel density.

Smartphone China

Sebagai ‘mesin utama’, smartphone China ini dibekali dengan CPU octa-core 2.2 GHz Cortex-A53 yang diduetkan dengan chipset Mediatek MT6795. Oppo R7 ini juga dipersenjatai dengan kamera utama 20.7 MP  yang akan membantu kamu menghasilkan jepretan foto layaknya fotografer profesional. Oppo R7 hadir dengan membawa teknologi jaringan 4G LTE. Tercatat, Oppo hanya membekali smartphone terbarunya ini dengan baterai berkapasitas menengah, yaitu 2000 mAh.

[nextpage title=”Vivo Xplay Elite 5″]

Vivo Xplay Elite 5 memiliki spesifikasi yang lebih baik. Ia memiliki bodi metal dan layar 5,43 inci miliknya berlapis Gorilla Glass 4. Smartphone China ini menggunakan layar Super AMOLED dengan resolusi Quad HD. Ia menggunakan Qualcomm Snapdragon 820 sebagai prosesornya. Vivo Xplay Elite 5 memiliki RAM 6GB. Ia juga memiliki memori internal yang cukup besar yaitu 128GB meski ia tidak dilengkapi dengan slot micro SD.

Smartphone China

Untuk masalah kamera, smartphone China Xplay 5 Elite memiliki kamera belakang 16MP yang dilengkapi dengan dual tone LED flash dan phase-detection AF. Sementara untuk kamera depan, smartphone Vivo ini memiliki kamera 8MP. Xplay 5 Elite memiliki 2 slot SIM dan sudah mendukung jaringan 4G LTE. Smartphone yang mendukung Hi-Fi 3.0 ini memiliki baterai berdaya 3.600 mAh. Ia juga sudah dilengkapi dengan pemindai sidik jari di bagian belakang. Namun, Xplay Elite 5 masih menggunakan Android 5.1 Lollipop. Ia akan diluncurkan di Tiongkok pada tanggal 8 Maret kemarin dengan harga CNY4.288 atau sekitar Rp 8,7 juta.

[nextpage title=”LeTV Le One”]

Perusahaan teknologi yang berasal dari negeri Tiongkok bernama LeTV baru saja menghadirkan salah satu ponsel canggih anyar bernama LeTV Le One. Smartphone China ini memiliki dimensi 147.8 x 74.2 x 9.5mm dengan layar berukuran 5.5 inches beresolusi Full HD 1920×1080 piksel. Prosesornya sendiri menggunakan chipset MediaTek Helio X10 atau seringkali disebut MTK MT6795 dengan dapur pacu Octa-core berkecepatan 1.9 GHz berbasis 64-bit. RAM yang dibenamkan ke dalam Letv One adalah sebesar 3 GB yang menyamai produk kelas premium dari berbagai vendor lainya.

Beralih ke kamera, LeTV One X600 ini dipasangi kamera belakang sebesar 13 megapiksel. Kamera belakang ini ditemani dengan 2 lampu flash LED. Smartphone China yang memiliki berat 170 gram ini telah menggunakan konektor USB terbaru, yaitu USB Type C yang penggunaannya dapat dibolak-balik. Untuk konektivitasnya, terdapat Bluetooth versi 4.0, WiFi 802.11b/g/n, GPS, dan sudah mendukung jaringan 4G LTE di frekuensi 1800/2100/2600MHz. Sebagai penopang, baterai yang ditanamkan pada LeTV One X600 sebesar 3000mAh. Smartphone ini menggunakan desain antarmuka yang mereka desain dengan nama EUI (Ecology UI), berbasis Android 5.0.

[nextpage title=”OPPO Find 9″]

Oppo Find 9 merupakan produk terbaru yang akan datang, smartphone China ini sebenarnya belum dirilis oleh Oppo tapi berbagai rumor menyatakan ponsel ini  ini akan dibekali dengan spek yang cukup gahar karena mengusung chipset Snapdragon 810 dan juga dilengkapi dengan memori RAM yang berkapasitas besar. banyak yang meramalkan bahwa smartphone Oppo Find 9 akan hadir dengan layar sentuh sebesar 5.5 Inch dan memiliki resolusi 2K atau 1440 x 2560 pixel.

Smartphone China

Sementara itu untuk sistem operasinya, diperkirakan smartphone China Find 9 ini akan hadir dengan OS Android 5.0 Lollipop. Di sektor performanya sendiri, ponsel pintar Oppo ini sudah dibekali dengan cpu octa core yang merupakan gabungan dari cpu quad core dari ARM Cortex A53 dan cpu quad core dari ARM Cortex A57. Prosesor tersebut didukung dengan GPU Adreo dan dipadukan dengan memori RAM sebesar 4 GB. Disebutkan bahwa sensor sidik jari di smartphone China ini terletak di bagian depan, bentuknya terkesan tersembunyi. Kemudian tak ketinggalan adalah teknologi charging cepat yaitu VOOC Fast Charging.

[nextpage title=”OnePlus 2″]

OnePlus 2  hadir dengan RAM 4 GB. Kapasitas baterai 3.300 mAh dan berat 175 gram. Untuk prosesor, OnePlus 2 menggunakan Qualcomm Snapdragon 810 SoC. Sementara kapasitas penyimpanan internal perangkat ini mencapai 64 GB. Salah satu fitur yang menjadi unggulan dari OnePlus 2 adalah penggunaan port USB Type C. Keuntungan dari USB jenis ini adalah Anda bisa menggunakan kedua sisi kabel untuk melakukan pengisian daya baterai dan transfer data dengan lebih cepat.

Smartphone China

Berbeda dengan rumornya yang menyebutkan OnePlus 2 akan dibekali dengan kamera belakang 16 MP, kenyataannya smartphone China ini dibekali dengan kamera 13 MP dengan Optical Image Stabilization plus bukaan lensa f/2.0 dengan sensor 1,3 µm (micrometer) yang diklaim mampu menghasilkan hasil jepretan yang bagus di ruang minim cahaya sekalipun. Sementara kamera depannya menggunakan lensa wide-angle dengan kemampuan 5 MP. OnePlus 2 sendiri menggunakan OxygenOS dan resmi meninggalkan Cyanogen. OS buatan OnePlus ini berbasis Android 5.1, sehingga seharusnya tidak memerlukan adaptasi bagi pengguna Android.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.