fitness tracker

8 Fitness Tracker Canggih Agar Hidup Anda Lebih Sehat

385

Wearables menjadi alat canggih paling dinanti tahun ini. Selain dipengaruhi oleh perkembangan Virtual Reality yang pesat, perangkat wearable juga menandakan titik balik dunia teknologi. Manusia tidak hanya akan menggunakan alat canggih, tetapi juga mengenakannya.

fitness tracker

Kita sudah dimanjakan dengan kehadiran Apple Watches dan Jawbone UP3s, tetapi kedua device tersebut hanya segelintir dari dunia wearable yang luas. Fitbit hadir dengan mendominasi pasar activity tracker tahun lalu, akankah mereka melanjutkan kejayaannya?

Sudah tidak perlu diprediksi lagi, fitness tracker masih akan menghisi wajah dunia wearable di dunia. Menariknya, pelacak kesehatan dan kebugaran kini tidak terbatas pada objek berbentuk band saja. Pada tahun 2016 ini, Anda bahkan bisa menemukan bra pintar yang menunjang aktivitas kebugaran pemakainya.

[nextpage title=”Samsung WELT”]

Pada gelaran CES tahun 2015 lalu, kita diperkenalkan dengan Belty, sebuah ikat pinggang pintar yang akan melacak perubahan di sekitar pinggang Anda demi meningkatkan kadar hidup seseorang. Tetapi tampilannya yang tidak banyak disukai membuatnya kurang diminati. Tahun ini, Samsung mencoba hal serupa dengan mengumumkan WELT.

fitness tracker

Samsung WELT memiliki tampilan yang tidak berbeda jauh dengan ikat panggang biasa bernilai fesyen tinggi. Ikat pinggang ini diciptakan oleh tim Samsung Creative Lab yang dikenal sebagai tim inovator dari vendor asal negeri gingseng ini. Sebetulnya Samsung WELT belum dirancang khusus sebagai consumer product, melainkan masih sebagai prototipe. Pun begitu, Creative Lab mengemukakan mereka tengah mempelajari produksi Samsung WELT sebagai produk konsumen.

Samsung WELT dipasangkan dengan aplikasi smartphone yang dengan cepat akan mengindentifikasi wilayah pinggang dan menghitung langkah kaki yang dilakukan penggunanya setiap hari. Ada pula fitur yang memonitor kelebihan berat badan yang dihitung berdasarkan perubahan tegangan di sekitar pinggang.

[nextpage title=”Fitbit Blaze”]

Pada ajang CES 2016 kemarin, Fitbit memperkenalkan smartwatch perdananya bernama Fitbit Blaze. Meskipun sebagai smartwatch, Blaze masih berupa fitness tracker karena fungsi-fungsinya. Blaze memiliki desain yang ramping dan dilengkapi dengan tali penuh gaya yang bisa diganti, seperti beberapa smartwatch yang ada di pasar sekarang ini. Seperti yang disebutkan oleh CNN Money, Fitbit berusaha untuk menawarkan sesuatu yang berbeda saat meluncurkan Blaze di CES 2016. Salah satunya adalah dalam hal desain. Jika sebelumnya produk Fitbit memiliki layar hitam-putih, Blaze memiliki layar touchscreen yang berwarna.

fitness tracker

Salah satu fitur yang dibanggakan oleh Fitbit dari Blaze adalah daya tahan baterainya, yang dapat bertahan selama 5 hari. Blaze juga memiliki beberapa fitur menarik lainnya. Misalnya, ia memiliki layar yang dapat dilepas dari kerangka besi yang tertempel di bagian tali. Saat ini, Fitbit adalah pemain terbesar dalam industri fitness wearable. Berdasarkan data dari IDC, Fitbit menguasai pangsa pasar sebesar 85 persen.

[nextpage title=”Misfit Ray”]

Sebagai produsen wearable terkemuka, Misfit kembali melakukan inovasi untuk perangkat fitness tracker terbarunya bernama Misfit Ray. Pelacak kebugaran ini diperkenalkan pada ajang CES 2016 kemarin dengan mengusung tampilan seperti sebuah gelang. Wujudnya minimalis dan tradisional dengan rangka alumunium berbentuk silinder. Misfit Ray memiliki diameter sebesar 12 mm dengan panjang 38 mm.

fitness tracker

Selain sebagai fitness tracker, Misfit Ray juga berfungsi sebagai sleep tracker. Daya Ray juga tak perlu diisi ulang karena ia memakai baterai kancing standar yang hanya perlu diganti sekitar 6 bulan sekali. Sebagai tambahan, Misfit Ray juga tahan air. Anda bisa mengajaknya menyelam hingga kedalaman 50 meter. Ray tersedia dalam 2 warna, Rose Gold dan Carbon Black.

Ray dilengkapi dengan sebuah lampu LED yang dapat berubah warna. Lampu LED ini dapat berfungsi untuk mendorong penggunanya untuk lebih aktif, sebagai notifikasi saat ia mendapatkan panggilan, SMS, atau sebagai alarm tanpa suara untuk membangunkan di pagi hari. Ray akan tersedia sekitar bulan Maret sampai Mei, dengan harga USD100.

[nextpage title=”Misfit Specter”]

Selain Ray, Misfit juga merilis fitness tracker baru bernama Misfit Specter. Specter merupakan sebuah earphone nirkabel berbasis Bluetooth. Perangkat ini sekaligus membawa Misfit menggarap perangkat audio. Sensor-sensor macam accelerometer ditanamkan ke dalam unit dasarnya yang berwujud persegi. Unit ini bisa pengguna jepitkan di kerah baju misalnya, kemudian ia akan memonitor jumlah langkah kaki, kalori yang terbakar maupun jarak tempuh.

fitness tracker

Misfit turut melengkapi Specter dengan fungsi sleep tracking. Ia dibekali baterai dengan daya tahan sekitar 8 – 10 jam. Jika tertidur saat menggunakannya, Specter secara otomatis juga akan memantau pola tidur Anda. Bahkan, saat terhubung ke smartphone Misfit Spectre bisa dijadikan remote untuk memotret selfie dan bisa membantu mencari letak smartphone Anda jika lupa menaruhnya.

[nextpage title=”Under Armour Gemini 2″]

Berfungsi sebagai sepatu pintar, Under Armour Gemini 2 membenamkan fitness tracker di bagian sol bawahnya. Sensornya tersebut memungkinkan pemakainya berlatih tanpa harus menyambungkannya dengan smartphone. Pada pandangan pertama, Under Armour Gemini 2 memang terlihat seperti sepatu sneaker lainnya. Tetapi chip komputer di dalamnya bisa mengukur jarak, menyimpan data metrik, dan lain sebagainya.

fitness tracker

Data yang dikumpulkan oleh sensornya akan disimpan di aplikasi UA Record. Tetapi yang membuat Under Armour Gemini 2 menarik adalah tingkat kenyamanannya sebagai sepatu lari yang tidak perlu diragukan lagi. Pemakainya kini tidak perlu lagi memakai fitnes tracker berbentuk wristband.

[nextpage title=”OMbra”]

Ikut diperkenalkan pada ajang CES 2016 kematin, pakaian dalam wanita cerdas ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal San Francisco, Amerika serikat bernama OMsignal. Tidak heran kalau bra pintar ini kemudian disebut sebagai Ombra. OMbra adalah smartbra pertama di dunia yang bisa menolong wanita untuk melakukan pengecekan kondisi tubuh, terutama saat melakukan aktivitas olahraga.

fitness tracker

Dengan desain dan bahan yang diklaim nyaman dipakai, OMbra dibekali sensor yang dapat merekam data seperti jarak dan waktu lari, irama napas, sampai detak jantung. Bahkan besar kecilnya dampak olahraga bagi tubuh bisa dicek hanya menggunakan aplikasi di smartphone yang terkoneksi dengan OMbra. Dengan tahap pengembangan yang lebih dri 4 tahun, OMbra diproduksi dan dirancang agar tetap memberikan kenyamanan pada pemakainya. Rencananya, OMsignal mulai menjual bra pintar ini di kuartal kedua tahun 2016 dengan harga USD 150 atau Rp 2 jutaan.

[nextpage title=”EyeForcer”]

Zaman sekarang anak-anak kerap menggunakan gadget sebagai alat untuk bermain. Tetapi seperti yang telah kita ketahui, gadget seperti smartphone dan tablet akan mempengaruhi kesehatan penggunanya, terutama bagian mata. Untuk itulah EyeForcer hadir. Perangkat wearable ini memiliki fitur yang mampu menjaga mata anak-anak. EyeForcer menggunakan teknologi pintar yang telah dipatenkan dengan desain yang inovatif sehingga akan tetap nyaman digunakan oleh anak-anak.

fitness tracker

EyeForcer memiliki sistem pengendalian cahaya untuk melindungi kedua mata anak-anak. Perangkat ini memiliki bentuk layaknya sepasang kacamata tanpa kaca. Adapun EyeForcer mampu mendeteksi posisi duduk yang bisa membahayakan perkembangan si anak. Tidak hanya itu, EyeForcer juga bisa membantu mencegah penyakit Gameboy yang disebabkan oleh berbagai gadget tadi. Ciri-ciri penyakit Gameboy sendiri adalah postur tubuh yang buruk, sakit leher, sakit punggung, sakit kepala, dan masalah penglihatan.

[nextpage title=”AiraWear Smart Comfort”]

Saat dipamerkan di ajang CES 2016 di Las Vegas, AiraWear tampak seperti jaket biasa. Tetapi ternyata AiraWear merupakan jaket pintar yang bisa memijat pemakainya karena adanya inflation system yg dibenamkan di dalamnya. Sistem ini sebenarnya telah digunakan pada jok mobil mewah buat memberikan pengalaman serupa. Cara kerja sistem ini adalah memberikan pijatan dan body compression pada tubuh seseorang.

fitness tracker

Tak hanya itu saja, produsen jaket AiraWear Smart Comfort juga telah melengkapi sistemnya dengan berbagai fitur yang dapat digunakan. Misalnya saja fitur point pressure massage dan fitur biodata feedback yang bisa dilacak melalui aplikasi.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.