6 Smartphone Dengan RAM 6GB dan Spesifikasi Unggulan Lainnya

454

Smartphone Dengan RAM 6GB

Kehadiran smartphone canggih dengan RAM 4GB menjadi sorotan panas tahun lalu, tahun 2016 ini banyak vendor yang berupaya untuk mengungguli capaian yang pertama kali diraih oleh ASUS tersebut dengan menawarkan smartphone dengan RAM 6GB.

Vivo Xplay 5 Elite hadir sebagai smartphone dengan RAM 6GB pertama di dunia. Dengan sejumlah spesifikasi mumpuni lain, di atas kertas perangkat ini sanggup menyalip flagship smartphone kelas dunia lain seperti Samsung dan Apple. Tidak hanya Vivo, Lenovo dan OnePlus ada di antara 6 vendor yang merilis smartphone dengan RAM raksasa ini.

Pertanyaannya sekarang apakah smartphone yang membenamkan RAM 6GB tersebut mampu memberikan kinerja yang jauh lebih baik ketimbang smartphone dengan RAM di bawahnya? Jawabannya masih barus kita cari. Pun begitu, fakta RAM yang lebih besar menjadikan beberapa smartphone berikut patut diperhitungkan. Apa saja 6 smartphone dengan RAM 6GB itu? Berikut daftar kami.

[nextpage title=”Vivo Xplay 5 Elite”]

Seperti yang kami singgung sebelumnya, Xplay 5 Elite menjadi smartphone dengan RAM 6GB pertama di dunia. Dengan RAM sebesar itu, pengguna bisa bermain game atau melakukan multitasking dengan sangat lancar. Setidaknya di atas kertas. Tak hanya itu, kehadiran RAM sebesar 6GB ini pun menyalip flagship dari vendor-vendor besar dunia seperti Samsung Galaxy S7 dan LG G5. Tetapi bagaimana dengan spesifikasi lainnya?

Smartphone Dengan RAM 6GB

Tampaknya, Vivo benar-benar mempersiapkan Xplay 5 Elite. Tidak hanya ukuran RAM-nya, ponsel ini pun sudah membenamkan prosesor Snapdragon 820 dari Qualcomm, layar Super AMOLED Quad HD berukuran 5,43 inci, dan memori internal seluas 128GB.

Untuk urusan kamera, smartphone dengan RAM 6GB ini pun menyajikan kamera berkekuatan 16MP dengan fitur phase-detection AF, LED Flash ganda, serta kamera sekunder 8MP. Untuk urusan baterai, perangkat ini mengusung baterai berkapasitas 3600mAh. Sedangkan sistem operasinya berjalan pada Android 5.1 Lollipop.

Lain halnya dengan Vivo Xplay 5. Sebagai pendamping kelas Elite dari Xplay, perangkat ini hanya membenamkan RAM 4GB dengan prosesor Snapdragon 652 yang ada di kelas lebih rendah dari saudaranya. Pun demikian, spesifikasi ini bukannya tanpa kekuatan. Snapdragon 652 menyajikan prosesor Octa Core dengan 4xCortex-A72  yang berjalan pada kecepatan pacu 1.8GHz dan 4xCortex-A53 yang berjalan pada 1.4GHz.

[nextpage title=”Lenovo Zuk Z2 Pro”]

Lenovo Zuk Z2 Pro diumumkan di China sebagai salah satu andalan vendor raksasa dari Negeri Tirai Bambu yang belum lama ini mengambil alih Motorola dari Google. Sebagai vendor yang tidak ingin dianggap main-main, Zuk Z2 Pro memperkenalkan diri dengan spesifikasi yang tangguh seperti prosesor mobile terbaru milik Qualcomm, Snapdragon 820 serta menjadi salah satu smartphone dengan RAM 6GB.

Smartphone Dengan RAM 6GB

Dengan layar 5,2 inci berteknologi AMOLED HD, Lenovo Zuk Z2 Pro menggoda pecinta smartphone dengan keunggulan lain yang kerap didapatkan dari smartphone flagship kelas pertama. Kamera utama beresolusi 13 MP memiliki aperture f/1.8 yang mampu menyediakan sudut pandang yang luas.

Tidak berhenti sampai di sana, baterainya yang berkapasitas 3100mAH menjamin daya tahan perangkat yang panjang dalam satu kali pengisian tenaga. Di samping itu, teknologi Quick Charge 3 pun disematkan agar menghemat waktu pengisian daya.

Smartphone dengan RAM 6GB ini berjalan dengan menggunakan sistem operasi Android 6.0.1 dengan kostumisasi Zuk UI yang dominan. Pun demikian, karena perangkat ini hanya akan diedarkan di China. Setidaknya hingga artikel ini diturunkan. Karenanya, layanan Google tidak akan menyentuh perangkat ini. Zuk Z2 Pro sudah tersedia untuk pre-order dengan harga $420 untuk versi paling premium dan akan dikapalkan ke seluruh China pada 10 Mei mendatang.

[nextpage title=”Vernee Apollo”]

Dengan banderol sekitar Rp 5,2 juta, spesifikasi yang ditawarkan Vernee Apollo bukan hanya menjadikannya smartphone dengan RAM 6GB tapi juga dukungan prosesor 10-core MediaTek Helio X20 dan kamera bertenaga. Pun Vernee Apollo dilengkapi fitur kamera utama dengan sensor 21MP Sony IMX230 dengan dukungan dual-tone flash.

Smartphone Dengan RAM 6GB

Selain memiliki kamera belakang bertenaga, Verne Apollo juga memiliki kamera depan yang bisa diandalkan untuk selfie. Vernee Apollo dilengkapi kamera depan 8MP. Untuk urusan layar, Vernee Apollo memiliki bentang layar berukuran 5,5 inci dengan tingkat resolusi 1440 x 2560, seperti yang dibenamkan pada Samsung Galaxy S7. Sebagai tambahan, perangkat ini menawarkan on board storage 128GB dan sensor sidik jari untuk menambah keamanan. Vernee Apollo berjalan pada sistem operasi Android Marshmallow.

Untuk urusan konektifitas, smartphone dengan RAM 6GB ini juga sudah memiliki kualitas yang baik dengan mengandalkan jaringan dari 4G LTE sehingga pengguna Vernee Apollo ini bisa menggunakan Internet dengan lancar. Sedangkan untuk dayanya sendiri perangkat ini memiliki kapasitas sebesar 4000 mAh.

[nextpage title=”LeEco Le Max 2″]

Resmi dirilis sebagai smartphone flagship terbaru dari brand asal Cina LeEco, LeEco Le Max 2 bertransformasi sebagai smartphone dengan RAM 6GB. Sebelum mengusung nama ini, mereknya dulunya disebut sebagai LeTV yang kini lebih spesial memproduksi smartphone dengan nama LeEco.

Smartphone Dengan RAM 6GB

LeEco Le Max 2 menampilkan layar berukuran 5.7 inci dengan resolusi QHD 1440 x 2560 pixel yang menghasilkan kerapatan piksel hingga 515 ppi. Disebutkan juga juga bahwa rasio layar ke bodi nya termasuk bagus, bagian tombol kapasitif terletak diluar layar dan mepet dengan bezel bawah. Smartphone dengan RAM 6GB ini sudah menggunakan OS Android 6.0 Marshmallow terbaru dengan antarmuka EUI.

Dari sektor dapur pacunya, LeEco Le Max 2 dibekali prosesor Quad Core 64-bit Qualcomm Snapdragon 820 Dual-core 2.15 GHz Kryo & dual-core 1.6 GHz Kryo dipadu GPU Adreno 530. Terdapat dua versi kombinasi RAM dan ROM, yang versi RAM 4GB didukung ROM 32GB, lalu RAM 4GB dan ROM 64GB, terakhir ada RAM 6GB LPDDR4 didukung memori internal 64GB tanpa ada slot ekspansi tambahan via kartu SD.

Sementara dari sektor kamera, LeEco Le Max 2 mengusung kamera belakang Sony IMX230 berkekuatan 21 MP dengan OIS, PDAF (Phase Detection Autofokus) dan LED Flash. Sementara kamera depan ada 8 MP yang sudah bagus untuk selfie dan perekaman video Full HD.

[nextpage title=”OnePlus 3″]

Meskipun belum diumumkan secara resmi, spesifikasi OnePlus 3 sudah terpampang di halaman GSM Arena dengan dua versi berbeda. Versi pertama akan hadir dengan ruang penyimpanan 32GB serta RAM 4GB, sementara versi yang lebih mumpuni hadir dengan memori internal 64GB serta RAM 6GB. Tak ayal, OnePlus 3 menjadi smartphone dengan RAM 6GB yang patut diperhitungkan.

Smartphone Dengan RAM 6GB

OnePlus 3 juga diduga akan menggunakan layar 5,5 inci dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080) dan dari sektor kamera, pada sisi belakangnya terdapat kamera 16 MP dan 8 MP pada sisi depan. Ponsel yang terdeteksi sebagai OnePlus A3000 ini juga sudah menggunakan sistem operasi Android Marshmallow versi 6.0.1.

Sebelumnya, OnePlus 2 hanya memiliki memori internal 16 GB dan RAM berkapasitas 3GB. Sementara untuk menunjang performanya terdapat prosesor octa-core Snapdragon 810. Disebutkan juga dapur pacunya akan menggunakan prosesor terbaru milik Qualcomm, Snapdragon 820.

[nextpage title=”Symetium”]

Berbeda dengan lima kawan smarphone dengan RAM 6GB sebelumnya, Symetium adalah proyek smartphone dari Swedia yang sudah dikembangkan selama 3 tahun. Biaya yang terkumpul di IndoeGogo sudah mencapai USD 1,25 juta sehingga tidak lama lagi perangkat handal ini bisa memasuki pasar komersil.

Smartphone Dengan RAM 6GB

Dari data yang telah dirilis start-up Swedia itu, Symetium bakal dipersenjatai dengan komponen paling canggih saat ini, sebut saja prosesor Snapdragon 820, RAM 6GB, dan memori internal hingga 256GB. Fitur-fitur top lain dari Symetium adalah layar OLED 5 inci berlapis Gorilla Glass 4, kamera utama 24MP, kamera depan 5MP, dan pengeras suara ganda yang terletak di bagian depan smartphone dengan RAM 6GB ini.

Tidak ketinggalan, smartphone ini bisa diubah menjadi PC dengan menyambungkannya ke komputer. Tampilan UI Symetium akan berubah menyesuaikan komputer. Selain itu, smartphone yang berjalan dengan OS Android Marshmallow ini bisa dipakai sebagai keyboard dan mouse komputer.

Jonathan Gustaffon, yang juga Founder dari perusahaan tersebut menyatakan, “Melalui Symetium, saya ingin mengungguli sistem operasi yang ada pada smartphone pada umumnya dan menggabungkan sistem operasi pada smartphone dan PC menjadi satu. Sudah saatnya, bagi smartphone berhenti menjadi smartphone yang sejak beberapa tahun ke belakang seperti itu-itu saja.” jelasnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.