5 Ways to Take Better Care of Your Feet for Gadgeteer Lover

59

Pertanyaan sensitif yang selalu dihindari oleh setiap orang: apakah kaki Anda berbau? Sebagai bagian tubuh yang jarang mendapatkan perhatian, tidak berarti kaki tidak penting untuk Anda rawat. Ketika mandi mungkin Anda hanya sekilas membilasnya dengan sabun. Tetapi lebih banyak cara yang efektif untuk merawat kaki dengan lebih baik.

Perhatikan sepatu Anda

Siapkan lebih dari satu sepatu untuk berganti dalam kurun waktu satu minggu. Keringat yang mengucur dari kaki Anda membutuhkan waktu selama seharian penuh untuk mengering. Tidak mengagetkan kalau sepatu menjadi sarang bakteri penyebab bau yang menyengat. Kalau Anda kekurangan bujet untuk membeli sepatu cadangan, Anda bisa mencoba bedak talcum atau di dalam kasus yang lebih rumit dengan menggunakan antiperspirant seperti Certain Dri Clinical Strength yang bisa Anda dapatkan tanpa harus memiliki resep.

Kaus kaki dan kuku kaki

Siapa yang bisa membantah kalau kaus kaki adalah sumber bau yang tidak sedap jika kita tidak menggantinya selama beberapa hari? Setelah Anda menggunakannya, pastikan Anda mencucinya dan mengenakan yang baru. Selain kaus kaki, kuku kaki juga menjadi sumber bau yang pekat untuk kaki berkeringat. Saat menggunting kuku, pastikan Anda memotongnya secara lurus, jangan merojok ke dalam. Memotong kuku terlalu pendek juga bisa membuatnya tumbuh tak teratur.

Rutin Memijat kaki dan gunakan buah lemon

Untuk memijat kaki secara rutin gunakanlah minyak esensial yang kita sukai. Bisa dilakukan sendiri dirumah atau di tempat refleksi. Dengan memijat menggunakan minyak esensial akan membuat kaki sehat dan berkilau. Selain itu, segarkanlah kaki yang lelah dengan menggunakan air dingin yang telah diberi perasan lemon dan minyak esensial. Gunakanlah minyak esensial mint agar memberi rasa dingin sampai ke dalam otot-otot kaki. Rendamlah kaki selama 15 menit.

Membasmi jamur

Tanda-tanda jamur tengah “menjajah jari” kita adalah warna kuku tangan atau kaki berubah menjadi cokelat sampai kehitaman. Kuku juga jadi tampak lebih tebal dari biasanya. Ciri lainnya, jari atau kuku terasa sangat gatal. Rendam kuku yang gatal dalam wadah berisi cuka. Bisa juga dengan menuang cuka ke dalam botol semprot, lalu semprotkan ke jari yang terkena jamur. Biarkan selama beberapa menit, jangan digaruk. Setelah itu cuci dengan air bersih dan biarkan kering. Tingkat keasaman cuka terbukti mampu meringankan gatal yang ditimbulkan jamur. Cara lainnya adalah dengan mengoleskan tea tree oil. Pastikan jari tangan dan kaki sudah dibersihkan dan dikeringkan sebelumnya. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dan keringkan. Tea tree oil mengandung senyawa yang disebut terpenoid yang mempunyai sifat antiseptik dan antijamur.

Gunakan obat kumur

Rendam dalam obat kumur. Umumnya, obat kumur mengandung thymol, eucalyptol, dan salicylate. Semua unsur itu ternyata efektif untuk membunuh bakteri dan jamur. Bersihkan dan keringkan kuku, lalu rendam dalam cairan obat kumur. Bisa juga dengan menyemprotkannya. Biarkan selama 10 menit, lalu cuci dan keringkan. Selain itu, jika kaki Anda mengalami infeksi, olesi jari atau kuku yang gatal dengan campuran 1 sdm minyak zaitun dan 2 tetes minyak esensial oregano. Oregano punya sifat anti jamur, analgesik, anti septik, dan anti bakteri sehingga membuatnya ideal untuk mengobati infeksi.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.