3 Tips “Bersihkan” Desktop Windows 10

515

GadgetPlus.ID — Sebagian orang—mungkin termasuk Anda—menjadikan desktop sebagai tempat untuk menyimpan file-file unduhan atau yang sering dibuka. Dari waktu ke waktu, file bertambah banyak dan sebelum Anda menyadarinya desktop menjadi terlihat berantakan. Berikut adalah tiga cara untuk membersihkannya.

Sembunyikan ikon

01

Ini sama seperti strategi membersihkan ruangan berantakan dengan cara menyimpan semua barang di dalam lemari. Biang kekacauan tidak terlihat lagi, namun sebenarnya masih ada, tersembunyi di dalam lemari.

Masuk ke desktop dan klik kanan mouse di area kosong. Sekarang pilih View > Show desktop icons. Anda akan melihat bahwa opsi menu memiliki tanda centang di sebelahnya; klik untuk menghapusnya. Kini semua yang ada di desktop akan menghilang termasuk Recycle Bin, namun tidak benar-benar pergi—hanya tersembunyi. Centang kembali opsi tadi, dan semua ikon akan muncul lagi.

Sembunyikan taskbar

02

Menyembunyikan taskbar adalah cara klasik ketika Anda membutuhkan ruang ekstra pada desktop. Untuk Windows 10, klik kanan taskbar di area kosong dan pilih Settings. Ini akan membuka aplikasi Settings langsung pada taskbar. Dari sini, aktifkan saklar berlabel Automatically hide the taskbar in desktop mode.

Untuk Windows versi sebelumnya, klik kanan taskbar dan pilih Properties. Sebuah jendela baru akan muncul. Di bawah tab Taskbar beri tanda centang pada kotak berlabel Auto-hide the taskbar. Kemudian klik Apply dan OK.

Taskbar sekarang menghilang. Jika Anda ingin memunculkannya, gerakkan kursor ke area di mana taskbar seharusnya berada. Taskbar akan muncul dan ketika Anda menjauhkan kursor, ia akan bersembunyi lagi.

Manfaatkan wallpaper

03

Cara ini sedikit merepotkan, tapi bisa membantu. Di luar sana ada banyak wallpaper yang terbagi atas beberapa bagian yang memungkinkan Anda untuk mengelompokkan file berdasarkan kategori tertentu, seperti gambar, personal, bisnis, dan sebagainya.

Buka situs web Lifehacker ini untuk melihat beberapa di antaranya. Hal yang perlu Anda lakukan adalah jadikan wallpaper sebagai latar belakang, kemudian tempatkan file di bagian yang sesuai.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.