Kamera Terbaik

22 Kamera Terbaik Untuk Menangkap Momen Paling Berharga

649

Kamera Terbaik

Apa itu kamera terbaik? Banyak hal yang bisa menentukannya Tetapi mengenal kamera lebih jauh adalah satu hal yang penting. Terutama bagi para penggiat fotografi. Sejarah kamera bisa dilacak lebih jauh ke belakang ketimbang pengenalan fotografi itu sendiri. Kamera pertama yang tercatat dalam sejarah adalah kamera obscura.

Obscura berasal dari bahasa Latin yang berarti ruang gelap, karena kamera ini memang berbentuk ruangan khusus. Di dalamnya dipantulkan cahaya yang terdiri dari dua lensa konveks. Kamera ini dikembangkan pertama kali oleh Alhazen antara tahun 965-1039 setelah Masehi. Namun, sebenarnya cara kerja kamera ini sudah ada sejak 470-390 Sebelum Masehi yang ditemukan oleh seorang filsuf China, Mozi.

kamera terbaik

Pada abad ke 16 Girolamo Cardano melengkapi kamera obscura dengan lensa pada bagian depan, meski sayangnya bayangan yang dihasilkan ternyata tidak tahan lama. Pada tahun 1826, Joseph Nicepore Niepce mempublikasikan gambar dari bayangan yang dihasilkan kameranya, yang berupa gambaran kabur atap-atap rumah pada sebuah lempengan campuran timah yang dipekakan yang kemudian dikenal sebagai foto pertama. Kemudian, pada tahun 1839, Louis Daguerre mempublikasikan temuannya berupa gambar yang dihasilkan dari bayangan sebuah jalan di Paris pada sebuah pelat tembaga berlapis perak.

Karena kamera adalah penemuan penting yang mampu mengubah dunia, perangkat ini juga membentuk dunia fotografi yang menjadi tempat untuk jutaan orang menuangkan hobinya. Bagi banyak orang, fotografi lebih kepada passion daripada pekerjaan. Tidak sedikit yang siap menghabiskan banyak dana hanya untuk mendapatkan satu unit kamera yang mereka cinta.

Kemajuan teknologi juga sudah menyentuh perangkat yang satu ini, dan ada sejumlah model di pasaran yang dilengkapi oleh fitur-fitur unggulan dengan banderol harga selangit. Pada Features kali ini kami mengangkat sejumlah kamera terbaik di kelasnya masing-masing. Kamera terbaik yang kehadirannya menjadi oase bagi para fotografer baik profesional maupun amatir.

[nextpage title=”5 kamera terbaik di kelas DSLR untuk para profesional”]

Menawarkan kamera beresolusi ultra tinggi, kamera terbaik di kelas DSLR merupakan kamera yang berukuran paling besar, paling mahal dan rumit yang bisa Anda beli. Kamera-kamera ini bisa menangkap gambar dengan kualitas tinggi di hampir di semua situasi. Merek kamera DSLR profesional terbaik apa saja yang bisa membuat mulut Anda menganga?

Canon EOS 5DS dan EOS 5DS R
Harga: Rp 55.000.000

 

Sebagai penerus Canon EOS 5D Mark III yang menjadi favorit di kalangan fotografer, baik profesional maupun amatir, EOS 5DS dan EOS 5DS R telah dibekali sensor CMOS full-frame beresolusi 50,6MP, menjadikan mereka sebagai dua di antara kamera terbaik untuk kelas DSLR full-frame dengan resolusi tertinggi di dunia. Sebagai pengingat, Canon EOS 5D Mark III ‘hanya’ dilengkapi sensor 22,3 MP.

Prosesor Dual DIGIC 6 pun ditanamkan ke dalam body kedua kamera ini. Canon juga telah memperkuat sasis, pelat dasar dan tripod socket milik EOS 5DS dan 5DS R agar lebih efektif dalam meredam guncangan saat mengambil gambar. Ada satu fitur opsional yang cukup menarik di mata saya, yakni Arbitrary Release Time Lag Setting yang berfungsi menangkap gambar beberapa saat setelah Anda menekan tombol shutter – Anda bisa memilih antara 1/8, 1/4, 1/2, 1 atau 2 detik.

Adapun kedua kamera Canon ini ternyata banyak mengikuti apa yang dimiliki oleh Canon EOS 7D Mark II. Selain mekanisme motor cermin seperti di atas, ada lagi yang diadopsi dari 7D Mark II yaitu fungsi deteksi flicker. Deteksi flicker berfungsi memberitahu tentang pencahayaan flicker dan continous shooting akan lebih sinkron, dengan demikian akan dicapai eksposur yang konsisten.

Fitur lain yang masuk dalam kamera terbaik 5D baik S maupun SR adalah built-in fungsi intervalometer yang bisa digunakan untuk menembak pada rangkaian jangka waktu tertentu. Ini merupakan hal pertama yang dilakukan untuk kamera Canon yang selanjutnya digabungkan untuk membuat video 1080/24p time-lapse.

Lalu, apa perbedaan Canon EOS 5DS dan EOS 5DS R? Pada prakteknya, Canon EOS 5DS R dapat mengambil gambar yang lebih tajam ketimbang EOS 5DS. Hal ini dikarenakan EOS 5DS R tidak memiliki low-pass filter. Sederhananya, absennya low-pass filter ini dapat berujung pada detail gambar yang lebih tajam, namun cenderung lebih berpotensi menghasilkan efek moiré pada kondisi tertentu.

Nikon D4s
Harga: Rp 85.819.000

Kamera Terbaik

Belum lama ini Nikon merilis D4 yang menjadi salah satu kamera terbaik sekaligus flagship DSLR buatan Nikon. Dan sekarang D4S membuktikan kalau sesuatu yang besar bisa menjadi lebih besar lagi. Nikon D4S sudah mengalami peningkatan dari seluruh pola kerjanya, termasuk kecepatan level tinggi yang baru, performa dan sensitivitas ISO yang lebih baik, serta kualitas gambar superior yang menandai kualitas baru seluruh jajaran kamera Nikon.

Menyambung kesuksesan kamera D4, D4S telah mengalami perubahan kecepatan pemrosesan gambar yang 30% lebih tinggi ketimbang pendahulunya tersebut. Bayangkan saja, Nikon D4S mampu menangkap gambar diam sebanyak 3200 buah untuk satu kali pengisian daya baterai yang dimilikinya. Tidak heran, Nikon D4S juga menandai keunggulan baru dari kamera DSLR yang hemat tenaga.

Jangkauan sensitivitas ISO-nya pun sudah diperluas dengan fitur reduksi noise yang ditingkatkan, serta gradasi warna lebih halus. Sama seperti pendahulunya, D4S menawarkan kualitas gambar dalam tingkat yang lebih tinggi. Sensor gambar CMOS beresolusi 16.2MP dengan format FX dikawinkan dengan mesin pemrosesan gambar baru, EXPEED 4 yang menawarkan kecepatan tinggi di kelasnya.

Pengguna D4S juga dapat mengambil lebih banyak gambar tiap detiknya, lebih tepatnya 11 fps dengan autofocus dan autoexposure. Prosesor yang lebih cepat tersebut juga memungkinkan Nikon D4S merekam video 1080p pada 60fps. Peningkatan lain yang diberikan untuk Nikon D4S adalah rentang ISO. Nikon D4S menawarkan rentang ISO hingga 409.600 atau dua kali lipat Nikon D4.

Spesifikasi lainnya, Nikon D4S menggunakan sensor kamera 16,2MP FX-format CMOS, 51-point autofocus system dan 15 cross-type sensor di bagian tengah untuk mendeteksi kontras baik secara vertikal maupun horisontal. Ada juga pengaturan RAW size yang memungkinkan untuk melakukan shooting 12-bit uncompressed Nikon NEF file dan juga didukung Gigabit Ethernet untuk transfer data lebih cepat.

Sony Alpha a99
Harga: Rp 23.999.000

Kamera Terbaik

Sony Alpha a99 hadir sebagai akhir dari penantian panjang akan penerus Alpha a900. Beresolusi 24,3 MP, satu di antara kamera terbaik ini bertipe DSLT atau DIGITal Single Lens Translucent di mana cermin yang digunakan tidak diangkat seperti pada kamera DSLR. Cermin fixed tersebut memperbolehkan 70% cahaya menembusnya kemudian diteruskan ke sensor, dan sebagian lagi dipantulkan.

Ini juga berarti memungkinkan kinerja fokusnya menjadi lebih cepat saat penggunaan live view dan video. Teknologi tersebut juga menghadirkan viewfinder Sony a99 dibuat dari bahan elektronik (EVF), layaknya monitor kecil dengan OLED Tru-Finder 2.359.000 titik yang meng-cover frame 100%.

Sebagai salah satu kamera terbaik yang bersifat full-frame, Sony a99 masih mendukung lensa Sony DT yang didesain untuk format APS-C, namun tentunya dengan cropping yang membuat frame-nya lebih kecil.

Sony a99 tidak menyediakan built-in flash, namun a99 menghadirkan hotshoe terbaru yang disebut Multi Interface Shoe. Hotshoe terbaru ini dirancang dengan standar Sony, sehingga kebanyakan flash dan aksesori dapat bersinkronisasi dengannya. Memiliki sensor full-frame menjadikan 24,3 juta pikselnya lebih luas. Ini memungkinkan Sony Alpha a99 menangkap gambar berkualitas dengan detil tinggi, terutama pada file RAW.

Salah satu keuntungan desain fixed-mirror SLT adalah kamera ini tak perlu menunggu pergerakan mekanis cermin, sehingga jumlah frame yang ditangkap juga bisa lebih banyak. Selain itu, keuntungan lain adalah dari segi harganya yang lebih murah dibanding pesaingnya. Sony sudah membenamkan performa dan spesifikasi video yang canggih untuk kamera NEX dan SLT miliknya.

Resolusi Full HD kini nampaknya sudah menjadi standar bagi kamera SLR, meskipun kelas entry sekalipun. Begitu juga dengan a99, kamera ini mampu merekam Full HD dengan beberapa pilihan perekaman. Ditambah konektifitas HDMI yang bisa dimanfaatkan untuk perekaman eksternal atau ditancapkan ke monitor.

Canon EOS 1D X
Harga: Rp 72.860.000

Kamera Terbaik

Canon Digital SLR Camera EOS 1D X dirancang untuk kalangan fotografer profesional yang memerlukan kamera yang tangguh dan kokoh sebagaimana dibuktikan oleh body berbahan dasar magnesium alloy, LCD berukuran 3.2 inci, Intelligent Viewfinder, dan tentu saja sensor CMOS 18.1 MP. Jika Anda sedang mencari alat tangguh yang tahu apa kebutuhan yang fotografer inginkan, maka Canon menjawab panggilan dengan satu kamera terbaik miliknya yang mengesankan ini.

EOS 1D X dihadirkan untuk bertahan dengan kesibukan shooting harian. Selain gambar dengan ukuran piksel yang besar, kamera ini bisa merekam video dengan 1920 x 1080. EOS 1D X yang menggunakan sensor CMOS 18.1 MP adalah kamera full frame 24 x 36mm sehingga mampu menangkap kualitas gambar 5184 x 3456. Itu berarti berkualitas tinggi pada JPEG dan gambar RAW dengan mengesankan bahkan saat penembak secara beruntun. Kamera ini juga menyediakan 14-bit pengolahan dan berbagai ISO 100-51200 standar, dengan sensitivitas diperluas 50-102400 dan 204800.

Semua hal tersebut dimungkinkan oleh kamera Dual DIGIC 5 + Image Prosesor yang memungkinkan kecepatan proses 17x lebih cepat dan pengurangan kebisingan yang lebih besar di antara tugas-tugas lainnya. Dari segi autofokus, EOS 1D X menggunakan 61 -Point High Density Reticular AF yang memastikan kecepatan, keakuratan pengambilan gambar berkat Offset Array Sensor.

Sensor ini memiliki 252 zona metering umum dan 35 zona untuk low- light metering, dengan menggabungkan data pengenalan wajah dan warna serta didukung sistem stabil bahkan di bawah kondisi pencahayaan yang berubah dengan cepat . Selain itu, E – TTL yang memanfaatkan metering flash ini juga tersedia.

[nextpage title=”3 kamera terbaik di kelas mirrorless”]

Kamera mirrorless menjadi pilihan bagi para fotografer yang mendambakan perangkat yang lebih ringan dengan kemampuan setara DSLR. Ada banyak pilihan kamera terbaik di kelas ini. Ukurannya yang ringan dan bodinya yang tidak membebani ketika dibawa bepergian, menjadikan kamera mirrorless sebagai produk yang sangat hot saat ini.

Lumix DMC-G7
Harga: Rp 10.000.000

Panasonic Lumix DMC-G7 hadir sebagai salah satu kamera terbaik untuk kelas mirrorless yang menawarkan sensor lensa sebesar 16MP, dengan menggunakan lensa micro four third terbarunya yang sanggup merekam video resolusi 4K dengan format file video jenis MP4. Selain video, seri terbaru ini juga diklaim mampu menangkap foto dengan resolusi gambar UltraHD yang mencapai 3.840 x 2.160 piksel atau sebesar 30p. Selain persenjataan lensa kamera yang besar, Lumix DMC-G7 ini juga membawa prosesor kuat untuk pemrosesan gambar.

Kamera Terbaik

Keluarga Lumix terbaru ini didukung dengan prosesor Quad Core Venus Engine, serta multi prosesor Noise Reduction (NR). Sehingga mampu mengurangi resiko tangkapan gambar video yang bising dan foto yang lebih halus. Spesifikasi unggulan lainnya adalah tangkapan ISO yang mampu mendukung hingga ISO 25.600, sehingga diyakini mampu menghasilkan gambar dengan terang dan jelas. Hal tersebut juga diyakini saat pengambilan gambar dalam kondisi ruangan minim cahaya atau lowlight.

Fujifilm X-T1
Harga: Rp 18.000.000

Fuji memasarkan X-T1 sebagai kamera terbaik kelas profesional dengan keseluruhan body terbuat dari material aluminium alloy. Fuji X-T1 tahan diajak main gerimis dan kena cipratan air, tahan terkena lumpur dan kena benturan. Namun yang paling istimewa dari X-T1 adalah tata letak tombol-tombol pengaturan manual yang masuk akal dan nyaman yang mengingatkan kita pada layout kamera klasik yang sudah teruji. Dan Fuji secara brilian menggabungkannya dengan teknologi modern kamera masa kini.

Kamera Terbaik

Kontrol aperture dan shutter speed di Fuji sangatlah nyaman dan cepat. Saat di genggam, Fuji X-T1 ini terasa seperti kamera DSLR yang sudah akrab ditangan namun berbobot separuhnya. Fuji X-T1 ini dilengkapi viewfinder elektronik yang sangat besar dan terang (2,3 juta titik OLED) yang dilengkapi focus peeking. Kalau Anda menuntut fitur modern lain, Fuji X-T1 bisa memotret burst pada 8 frame per detik di mode continuous.

Olympus OMD EM1
Harga: Rp 21.000.000

Penampilan Olympus OMD EM1 ini sangat mirip dengan kamera SLR klasik, karena memang kamera ini dibuat dengan ruh kamera SLR legendaris Olympus OM–1. Dengan harga body only sekitar Rp. 21 Juta, Olympus menjanjikan kamera ini sebagai kamera micro four-third terbaik. Kamera ini juga tahan diajak “menderita”, tahan debu, cipratan air dan bandel saat jatuh.

Kamera Terbaik

Hal yang membuat OM-D E-M1 ini fenomenal adalah sistem Dual Focus AF yang sangat cepat mengunci objek foto. Sistem ini menggabungkan sistem AF contrast detect dengan phase-detection. Kalau Anda gemar bermain video, satu pilihan kamera terbaik ini juga tidak jauh tertinggal dibanding kamera DSLR. Kamera ini menerima semua lensa dengan format micro four-third buatan Olympus, Leica, Panasaonic sampai Sigma. Kita juga bisa memakai lensa Four-Third (non micro) dengan tambahan adapter khusus yang dibuat Olympus.

[nextpage title=”3 kamera terbaik di kelas digital kompak”]

Mungkin Anda membutuhkan kamera terbaik hanya untuk tujuan yang lebih simpel, menjadi teman perjalanan ke manapun Anda pergi. Maka yang dibutuhkan adalah kamera compact digital. Tetapi kamera kompak mana yang terbaik? Kami memberikan tiga pilihan untuk Anda.

Sony Cyber-shot DSC-RX1R
Harga: Rp 33.576.000

Kamera Terbaik

Sony CyberShot DSC-RX1R ini adalah saudara kembar dari SONY RX1 yang juga sama-sama merupakan kamera Pocket Full Frame. Salah satu kamera terbaik di kelasnya ini mampu ini menghilangkan low-pass sehingga dapat menghasilkan gambar yang halus dan detail yang sempurna di mana tanpa mengalami penyebaran ataupun pengaburan. Konsekuensi dari penghilangan OLPF, maka Sony mengoptimalkan berbagai fungsi pengolahan gambar, agar gambar yang dihasilkan tetap tajam tanpa harus mengorbankan kemampuan dari lensa atau sensor yang dimilikinya.

Dengan teknologi yang bernama Triluminos Colour, Sony CyberShot DSC-RX1R bisa menghasilkan gambar dengan komposisi warna yang sangat kaya dan terlihat lebih natural. Untuk urusan merekam video, pengguna juga bisa menambahkan mikrofon stereo optional agar suara yang direkam lebih jernih.

DSC-RX1R ini menyediakan sebuah sensor dengn resolusi sangat besar yaitu 24MP tanpa menggunakan AA filter. SONY CYBER-SHOT RX1R menggunakan lensa F2 berukuran 35mm. Kamera ini memiliki rentang ISO 100-25600 yang bisa mengakomodir banyak keinginan fotografi anda dalam berbagai situasi.

Fujifilm X100S
Harga: Rp 12.490.000

Kamera Terbaik

Fujifilm X100S menjadi kamera terbaik di kelas digital berikutnya yang merupakan penerus Fujifilm X100, yang mewarisi desain elegan dan lensa berkinerja tinggi, namun dikembangkan lebih lanjut untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan diperkenalkannya Jendela bidik Hibrida definisi lebih tinggi dan sensor serta prosesor yang baru. Kamera ini menggunakan sensor CMOS II X-Trans APS-C 16,3 juta piksel dan Processor II EXR yang baru dikembangkan.

Sensor tersebut dapat meningkatkan resolusi sebesar sekitar 25% dan mengurangi gangguan (noise) lebih dari 30%, mempunyai kemampuan untuk menangkap gambar resolusi tinggi sebanding dengan yang diambil pada sensor bingkai penuh. Berkat peniadaan filter optik lintas-rendah dan prosesor yang kuat, X100S akan menghasilkan gambar yang jelas dengan butiran-butiran yang minimal bahkan sekalipun pada pengaturan ISO tinggi.

Sensor CMOS II X-Trans juga mempunyai piksel Pendeteksi Fase yang terpasang built-in untuk AF tercepat di dunia dalam waktu sesingkat 0,08 detik(*1). Selain itu, Processor II EXR menawarkan waktu respon cepat dengan waktu memulai hanya sekitar 0,5 detik(*4), dan interval pengambilan gambar 0,5 detik. Selain itu, jeda waktu rana hanya 0,01 detik, sehingga Anda dapat menangkap saat yang tepat yang Anda inginkan dan menikmati pengalaman pengambilan gambar yang nyaman.

Samsung NX500
Harga: Rp 9.999.000

Kamera Terbaik

Salah satu kamera terbaik dari vendor asal Korea Selatan ini, Samsung NX500 merupakan penerus dari NX300 yang dirilis dua tahun lalu. Dibandingkan pendahulunya, peningkatan yang dibawa NX500 tergolong cukup drastis. NX500 membawa kemiripan dengan NX1 di dalam tubuhnya. Performa Samsung NX500 ini ditopang oleh prosesor DRIMeV buatan Samsung sendiri dan kecepatan shutter mekanik maksimum 1/6000 detik.

Samsung juga melengkapi NX500 dengan fitur Auto Shot. Fitur ini memungkinkan NX500 untuk secara otomatis mengambil gambar pada saat yang tepat menggunakan teknologi pengenal gerakan. Kombinasi sensor 28 megapixel dan prosesor DRIMeV ini memungkinkan NX500 untuk merekam video 4K.

Salah satu kamera terbaik ini juga dapat mengambil beberapa foto dalam mode pemotretan ‘Interval Capture’ dan kemudian mengolahnya menjadi video time lapse beresolusi 4K secara langsung, tanpa bantuan dari komputer maupun laptop.

[nextpage title=”5 kamera terbaik untuk merekam video HD”]

Kamera terbaik untuk kelas kamera perekam video HD profesional telah mengalami peningkatan dari masa ke masa, terutama dalam beberapa tahun terakhir ini. Tetapi masih saja, ada yang lebih unggul ketimbang yang lainnya. Bagi Anda profesional yang menginginkan kamera perekam jenis ini, berikut kami sajikan lima terbaik kamera video HD profesional.

Sony PMW-300K1
Harga: Rp 115.956.000

Salah satu kamera terbaik perekam profesional dari Sony yang menjadi pembuka daftar kita ini adalah PMW-300K1 yang kompatibel dengan beragam program dan telah terbukti sebagai salah satu yang terbaik. PMW-300K1 memiliki sistem lensa yang bisa dipasangkan dengan berbagai lensa 1/2 inci dan 2/3 inci. Sebagai kamera semi shoulder, PMW-300K1 bisa mengawinkan kemampuan perekaman 50 MP/detik dengan lensa 1/2 inci.

Kamera Terbaik

Meskipun PMW-300K1 memiliki fitur lensa dan gambar yang serupa dengan PMW-EX3, Sony sudah mengembangkan teknologi pemrosesan sinyal tingkat tinggi miliknya guna menekan gangguan secara levih efektif sehingga mampu memproduksi gambar yang lebih jernis, serta memungkinkan reproduksi rasio S/N yang lebih baik ketimbang pendahulunya itu.

Sebagai tambahan dari jajaran fitur-fiturnya yang luar biasa, salah satu kamera terbaik ini menawarkan Cache Recording hingga 15 detik, posisi filter 1/16 ND yang melengkapi filter 1/4 dan 1/64, pilihan Gamma yang lebih beragam, viewfinder beresolusi QHD 960×540, output SDI kedua, dan lebih banyak lagi.

Koneksi USB baru yang ditambahkan pada kamera ini memungkinkan kendali nirkabel jarak jauh, video streaming dan kemampuan transfer data dengan pilihan wireless adapter, CBK-WA100. PMW-300K1 dirancang agar bersifat upgradable terhadap penyandian XAVC dari SOny yang rencananya akan tersedia dalam versi 1.20. Kemampuan ini bisa memperpanjang siklus hidup PMW-300K1 sehingga investasi pengguna terhadap produk dapat lebih bertahan lama.

JVC GY-HM600
Harga: Rp 61.466.000

JVC GY-HM600 adalah kamera terbaik untuk video profesional handheld yang menawarkan gambar yang cemerlang dengan beragam fitur untuk produksi siaran berita, olahraga dan produksi film independen. HM600 memiliki fitur low-light super serta desain yang ramah pengguna dengan bobot yang ringan. Tiga sensor 1/3″ 12-bit CMOS yang masing-masing mampu merekam dalam resolusi 1920 x 1080 dibenamkan di dalamnya.

Kamera Terbaik

Lensa zoom berautofokus Fujinon yang kompatibel dengan kamera ini menawarkan long shot dan wide angles yang bisa dioperasikan secara manual. Tidak hanya itu, HM600 dari JVC juga memiliki sensitivitas F11 serta dilengkapi oleh filter ND tiga posisi.

Ketika JVC mendesain HM600 berbarengan dengan saudaranya, HM650, tidak diragukan mereka menggunakan produksi film independen dan siaran berita sebagai acuannya. HM600 dirancang dengan kemampuan untuk merekam footage dalam resolusi yang beragam, mulai dari 1920 x 1080 piksel hingga HD satu perempat, atau 480 x 270 pikser agar video yang direkam bisa dibagikan dengan lebih mudah.

JVC pun membuat pengendalian exposure perangkat menjadi lebih mudah. Seperti yang diseputkan tadi, filter ND bisa dipilih dari 1/4 hingga 1/32 pada bagian kiri kamera. Jangkauan f-stop bisa diatur hingga titik yang terendah f/1.6.

Panasonic AG-HPX250
Harga: Rp 52.771.000

Panasonic AG-HPX250 yang menawarkan performa tinggi bisa menjadi pilihan Anda yang mencari kamera terbaik di kelas video profesional handheld yang mudah. Lensa zoom hingga 22x yang dikembangkan baru-baru ini menawarkan pengambilan gambar wide, mulai dari wide-angle hingga telephoto, yang proporsional dengan fitur tiga cincin manual untuk pengendalian yang pasti. Pemrosesan gambarnya sendiri dioptimasikan dengan sensitiivitas yang tinggi, noise rendah 1/3 dengan Ultra Luminance Technology 2.2 megapiksel yang melengkapi sensor gambar 3MOS.

Kamera Terbaik

Kamera ini juga menjadi model handheld pertama yang mendukung penyandian AVC-Intra guna menghasilkan stabilitas gambar yang lebih baik. Tidak ayal, kombinasi beragam fitur terbaik yang ditawarkan mampu menghasilkan performa yang bisa menyaingi kamera perekam bertipe full shoulder.

Tidak hanya itu, teknologi ULT yang digunakannya bisa mengakusisi video Full HD 1920 x 1080 dalam 10 bit, berasio 4:2:2. Kemampuan image expression ditingkatkan dengan menggunakan fungsi Variable Frame Rate (VFR), dan sistem ekspansi bagi para profesional di bidang pemberitaan.

Canon XF200
Harga: Rp 46.220.000

Dengan ukuran yang kompak serta mudah untuk dikendalikan dengan tangan, kamera terbaik bernama Canon XF200 menyediakan gambar berkualitas tinggi dengan beragam fitur menarik yang mendukung proses perekaman gambar HD yang mengagumkan. Layar OLED beresolusi 1,23 juta dot memudahkan pandangan mata pengguna, bahkan dalam terpaan cahaya matahari yang menyilaukan, Anda bisa melihat gambar dengan sama jelasnya.

Kamera Terbaik

Sebagai salah satu  pilihan kamera terbaik, Canon XF200 memiliki beragam fitur yang layak ada dalam, kamera bersistem canggih. Lensa wide angle 26,8 mm yang kompatibel dengan perangkat ini dilengkapi kemampuan zoom hingga 20x, sedangkan fitur Dynamic Optical Image Stabilisation menjadi solusi jika terjadi guncangan sehingga gambar yang dihasilkan bisa tetap stabil.

Canon XF200 memanfaatkan sesor Canon HD CMOS Pro yang dikombinasikan dengan prosesor DIGIC DV 4 yang bisa mengatasi masalah pengambilan gambar dalam situasi ruangan yang kurang cahaya. Tak ayal, gambar yang dihasilkan bisa tetap jernih dengan reproduksi warna serta jangkauan dinamis yang tetap terjaga.

Format perekaman ganda yang dimiliki Canon XF200 memungkinkan sekuritas data, kecepatan dan fleksibilitas yang tetap terjaga dengan baik. Rekaman video bisa diambil dalam dua format berbeda secara beruntun dan gambar-gambar Full HD dapat disimpan ke dalam dua kartu CF dengan menggunakan penyandianMPEG2 standar 50Mbps.

Canon EOS C300
Harga: Rp 179.000.000

Dengan mempertimbangkan berbagai skenario perekaman, EOS C300 dapat mengakomodasi situasi di mana kemampuan manuver sekecil apapun berarti. Dengan kenyamanan dan kegunaan perekaman sepanjang hari, komponen yang berbeda dapat ditambahkan atau dilepaskan sesuai keperluan.

Kamera Terbaik

Alat ini juga kompatibel dengan aksesoris pihak ketiga standar industri, sehingga dapat dengan mudah dipasang untuk studio, Steadicam, jib, atau hanya sekadar konfigurasi lain yang dapat dibayangkan.

Dimodelkan pada standar film gambar Super 35mm, Sensor CMOS Canon memiliki ukuran gambar aktif 24.6 x 13.8mm. Sensor gambar memanfaatkan teknik pembacaan inovatif yang menghasilkan komponen video RGB individual bandwidth penuh tanpa memerlukan algoritma debayering. Integrasi mulus dengan NLE hanyalah permulaan dari pasca pemrosesan yang efektif.

Sebagai salah satu kamera terbaik kelas cine profesional dengan terobosan terbaru, EOS C300 menggabungkan teknologi video dan lensa Canon yang telah teruji dengan kreativitas EOS. Lensa yang dapat diganti-ganti memberikan kebebasan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menceritakan kisah apapun.

[nextpage title=”3 kamera terbaik perekaman video 4k”]

Saat ini konten berdefinisi tinggi telah menjadi standar para konsumen, bukti paling nyata bisa kita lihat pada permintaan pasar videografi profesional. Memang kamera terbaik dengan fitur video HD dirasa sudah cukup, tetapi keunggulan kamera video 4K membuat peta permainan di dunia kamera telah berubah.

Canon EOS C500
Harga: Rp 241.500.000

Sudah tidak perlu diragukan lagi kalau salah satu merek kamera terbaik dan terkenal di dunia, Canon, memiliki kemampuan tinggi yang menjamin keunggulan produk-produknya. Di bidang kamera video 4K, Canon melepas EOS C500 ke pasaran sebagai yang terbaik.

Kamera Terbaik

Ringkas dan berkemampuan tinggi, EOS C500 menawarkan perekaman video 4K, hasil data RAW dan Canon Log Gamma untuk memaksimalkan performa Lensa Cinema EF dan menghasilkan video berkualitas tinggi dengan rentang dinamik luas.

Sebagai salah satu kamera terbaik di kelas perekaman 4K, C500 menawarkan output data 4K 10-bit RAW, 2K RGB (4:4:4, 10 / 12 bit) atau RGB HD Penuh yang kompatibel dengan perangkat eksternal pihak ketiga pada kecepatan frame hingga 60P. Dengan tambahan dua output SDI, kamera dapat disambungkan ke monitor eksternal.

Merekam file MXF HD Penuh secara bersamaan ke kartu CF untuk digunakan sebagai proksi saat pengeditan desktop. Perekaman dengan Canon Log akan menghasilkan kualitas gambar netral dengan rentang dinamik luas – bebas diubah dalam 12 stop pada pengaturan dasar ISO 850 – untuk menjamin kebebasan penuh saat pasca-produksi.

Dalam mode perekaman CF internal, EOS C500 menyediakan Mode Gerak Lambat dan Cepat yang dapat digunakan pada kecepatan frame yang berbeda dari kecepatan frame playback, sehingga akan menghasilkan efek gerak cepat atau lambat. Karena EOS C500 merekam frame nyata dan hanya memodifikasi kecepatan playback data, maka secara keseluruhan tidak ada pengurangan kualitas akibat interpolasi; kualitas maksimal gambar tetap terjaga.

Dalam mode HD 1080, gerak cepat dapat direkam pada kecepatan hingga 30 kali lebih cepat dari kecepatan frame normal dan paling lambat pada kecepatan 1/1.25 detik; dalam mode HD 720, gerak cepat dapat direkam pada kecepatan hingga 60 kali lebih cepat dari kecepatan frame normal, dan paling lambat pada kecepatan 1/2.5 detik.

Dalam mode output 4K / 2K, kamera terbaik ini menyediakan kontrol kecepatan frame variabel yang dapat disambungkan ke perekam eksternal. EOS C500 memiliki fungsi perekaman interval. Jika fitur ini diaktifkan, pengguna dapat memprogram kamera untuk merekam frame dalam jumlah tertentu dengan interval tertentu untuk perekaman selang waktu.

Sony PMW-F55
Harga: Rp 365.000.000

Sony PMW-F55 adalah salah satu kamera terbaik di kelas video yang didesain dengan cantik yang bisa merekam video berkekuatan 2K dan 4K serta mengambil gambar beresolusi 8.9 MP (efektif) melalui sensor gambar Sony 4K miliknya. Melalui perangkat ini, pengguna akan mendapatkan jangkauan dinamis yang luar biasa dengan rangkaian warna yang kaya dan luas serta kualitas gambar yang terjaga, baik dalam format HD, 2K atau 4K.

Kamera Terbaik

Format-format video yang bisa ditangkap oleh salah satu kamera terbaik ini termasuk HD/2K/4K dalam memori SxS dan 16-bit RAW 2K/4K dalam berbagai jenir format perekaman, seperti MPEG-2 HD422, MPEG4 SStP, XAVC 2K/HD, XAVC QFHD*/4K dan 16-bit RAW 2K/4K. Kecepatan pengambilan gambar juga disajikan oleh PMW-F55 karena perangkat ini mampu mencapai kecepatan 240 fps untuk RAW 2K dan 60 fps untuk RAW 4K yang disimpan ke dalam AXS-R5.

JVC JY-HMQ30
Harga: Rp 220.000.000

Bukan hal yang aneh kalau dua merek berbeda berkolaborasi untuk menciptakan produk yang spektakuler, salah satunya adalah JVC JY-HMQ30 yang merupakan hasil “perkawinan” antara JVC dan Nikon. Kamera terbaik video ini hadir dengan sensor CMOS 1.25-inci yang mengemas 8.29 juta pixel efektif dan di dukung teknologi prosesor Falconbrid besutan Falcon Hybrid. Dengan teknologi yang diusungnya tersebut, JVC JY-HMQ30 mampu merekam video hingga resolusi 4K dengan metode yang sangat canggih dan inovatif.

Kamera Terbaik

Kamera video ini akan membagi satu frame ke dalam 4 bagian di mana masing-masing bagian akan merekam video pada resolusi Full HD 1920x1080p ke 4 kartu memori secara terpisah dalam waktu yang sama. Lalu secara otomatis 4 bagian hasil rekaman tersebut akan digabungkan dan menghasilkan satu video beresolusi 4K.

Fitur lain yang dimiliki kamera video ini antara lain, JVC 4K Clip Manager yang dapat mengkonversi secara otomatis file video ke format Apple ProRes422 codec, Live 4K, output 60fps ke monitor eksternal atau portable recorder, merekam video time lapse pada format 4K, fungsi focus assist, dan dukungan input mic stereo XLR.

[nextpage title=”3 kamera terbaik perekaman video 8K dan 6K”]

Kamera terbaik untuk merekam video beresolusi 4K menjadi primadona saat ini, tetapi banyak yang tidak tahu kalau sudah ada kamera yang mampu merekam video hingga beresolusi 5K dan 6K. Apa saja kamera-kamera tersebut? Kami memilih tiga terbaik untuk Anda.

Dragon 8K Vista Vision
Harga: Rp 350.000.000

Kamera Terbaik

Dragon 8K Vista Vision hadir sebagai salah satu berita paling mengejutkan pada tahunlalu, sensor beresolusi 8192 x 4320 dengan kata lain 8K yang dikemas dalam bodi kamera terbaik di kelasnya ini yang kokoh dan lebih luas ketimbang sensor full-frame 35mm standar berukuran 40.96 x 21.6mm.

Vista Vision menggunakan sensor CMOS 40mm x 20mm dengabn rata-rata bingkai maksimum hingga 75fps. Dragon 8K Vista Vision memberikan kemampuan untuk merekam dalam format RAM dan ProRes secara berkelanjutan.

6K RED DRAGON Cinema Camera
Harga: Rp 500.000.000

Kamera Terbaik

Hal pertama yang harus Anda ingat ketika menyebut merek Dragon adalah kompatibilitas produk ini dengan semua lensa PL. Karenanya, Anda akan sangat mudah mencari lensa yang bisa dipasangkan dengan perangkat yang dibanderol dengan harga setengah milyar ini.

Harga yang luar biasa mahal ini untuk kamera terbaik ini memungkinkan penggunanya menangkap video beresolusi hingga 6K. Ini berarti video yang dihasilkan memiliki 9 kali lebih banyak piksel ketimbang HD. Bagi Anda yang lebih suka mengambil gambar diam, maka 6K RED DRAGON Cinema Camera dapat mengubah resolusi 6K untuk video menjadi gambar 19MP dengan kualitas produksi gambar DSLR menjadi hasil gambar kamera sinema.

Ketika menangkap gambar hingga 100 fps dalam resolusi penuh, kamera terbaik ini memberikan 100 kesempatan per detik guna menghasilkan gambar yang terbaik. Setiap gambar yang diproduksi juga kompatibel untuk Adobe Photoshop dan sebagai gambar RAW.

Sementara itu, sensor REDCINE-X PRo yang digunakan memungkinkan Anda untuk mendapatkan semua tool yang bisa digunakan untuk meningkatkan kapasitas gambar seperti yang diinginkan.

6K Weapon Dragon
Harga: Rp 120.000.000

Kamera Terbaik

Dengan menggunakan sensor RED DRAGON 6K, Weapon merupakan produk kamera terbaik perekaman video yang memiliki bobot paling ringan. Pun demikian, Weapon telah mengalami peningkatan dari segi fitur yang berkaitan dengan cara kerjanya. Tidak hanya itu, perangakat ini juga sudah cable-free serta dilengkapi dengan peripheral yang intuitif, titik-titik mounting yang lebih terintegrasi, dan banyak lagi.

Interchangeable I/O yang terlah diperluas memungkinkan ANda untuk mengonfigurasikan perangkat ini ke berbagai tipe. Apakah Anda ingin menggunakan Weapon sebagai gimbal camera, run and gun, atau perlengkapan studio film. Weapon bisa diadaptasikan dengan segala situasi dan kondisi. Terlebih lagi, konektivitas nirkabel yang disediakan secara built-in memberi jalan yang mudah untuk mengendalikan kamera dengan menggunakan perangkat mobile, baik Android maupun iOS.

Untuk mengisi daya, Weapon menyediakan transfer data dengan kecepatan read/write yang sepadan dengan RED MINI-MAG. Media Bay yang terintegrasi ini menawarkan kecepatan bandwidth yang lebih tinggi. Desainnya sendiri mengadopsi susunan infrastruktur BRAIN di mana sejumlah peningkatan lain seperti kalibrasi bayangan hitam otomatis dan performa sensor di ruangan rendah cahaya kini bukan lagi menjadi masalah.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.