iOS dan Android

17,2 Miliar Aplikasi Diunduh di iOS dan Android: WhatsApp Teratas, Spotify Terbawah

136

Perusahaan yang memfokuskan diri di bidang optimisasi toko aplikasi, Sensor Tower merilis Data Digest untuk kuartal pertama tahun 2016. Data yang menganalisa unduhan dan tren aplikasi di iOS dan Android tersebut mengungkapkan sebanyak 17,2 miliar aplikasi diunduh melalui iTunes App Store dan Google Play di seluruh dunia. Melihat data serupa pada periode yang sama tahun lalu, pertumbuhannya mencapai 8,2% dari tahun ke tahun.

Dari 17,2 miliar aplikasi yang diunduh pengguna mobile, 11,1 miliar merupakan aplikasi Android, sedangkan 6,1 miliar sisanya berasal dari iOS. Secara khusus, kuartal pertama 2016 ini menunjukan sebanyak lebih dari 6,7 miliar aplikasi game iOS dan Android yang diunduh pengguna. Naik dari 6,4 milir di kuartal pertama tahun 2015.

iOS dan Android

Untuk kuartal pertama ini, 10 aplikasi game teratas iOS dan Android yang masuk ke perangkat pengguna dari posisi yang teratas adalah Piano Tiles 2, Candy Crush Jelly Saga, Color Switch, Clash Royale, Subway Surfers, Traffic Rider, Clash of Clans, My Talking Tom, Candy Crush Saga, dan Temple Run 2. Di iOS sendiri, tiga aplikasi game yang paling banyak diunduh adalah Piano Tiles 2, Color Switch, dan Clash Royale. Sedangkan tiga besar aplikasi game di Android adalah Piano Tiles 2, Candy Crush Jelly Saga, dan Subway Surfers.

Di sisi lain, aplikasi yang diunduh terbanyak yang bukan game ditempati oleh WhatsWpp, Facebook Messenger, dan Facebook sebagai tiga besar di toko iOS dan Android secara global. Sementara Facebook Messenger, Facebook, dan YouTube menempati posisi tiga terbesar di toko iOS, sedangkan WhatsApp, Facebook Messenger, dan Facebook menghuni tiga teratas aplikasi non-game yang paling banyak diunduh pengguna Android di seluruh dunia.

iOS dan Android

Pada kuartal pertama tahun 2016 ini, aplikasi game menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia melalui toko iOS dan Android. Pada sistem aplikasi iOS, aplikasi game tersebut diikuti oleh aplikasi foto dan video, sedangkan pada sistem Android, aplikasi fotografi, komunikasi, dan hiburan berada di belakang aplikasi game.

Data Digest yang diterbitkan oleh Sensor Tower juga menampilkan data menurunnya unduhan aplikasi streaming jika dibandingkan dengan kuartal keempat tahun 2015 kemarin. Di sisi lain, penerbit aplikasi dari China terus berkembang pesat di toko iOS. Anda bisa mendapatkan data lengkapnya di sini.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.